Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Arti Virtual Sesuai dengan KBBI dan Contohnya

Apa Arti Virtual Sesuai dengan KBBI dan Contohnya

Kata Virtual tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Kata ini menjadi marak digunakan karena kini banyak kegiatan dialihkan dalam bentuk virtual. Singkatnya, virtual adalah teknologi yang memudahkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas secara daring.

Virtual adalah bukti jika manusia tetap bisa terkoneksi satu sama lain, seperti dengan  teman, keluarga, ataupun klien, selama ada internet yang bisa dijangkau. Lalu apa sebenarnya arti virtual dan bagaimana penerapan yang sesuai? Berikut penjelasan mengenai virtual dan contoh penerapannya.

Arti Virtual

Menurut KBBI, arti kata virtual adalah tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer. Dalam kesehariannya, kita sering menjumpai penerapan kata virtual ini dalam berbagai hal, mulai dari belajar, berkomunikasi, liburan, sampai hiburan yang bisa Anda coba.

Sederhananya, virtual adalah hal yang bersifat maya dan hanya bisa dilakukan apabila terkoneksi dengan internet. Anda bisa “bertemu” dengan teman dari kota bahkan negara lain, hanya dengan berbekal gawai seperti handphone, laptop, atau perangkat lainnya.

Maraknya berbagai kegiatan yang bisa dilakukan secara virtual atau daring, pada akhirnya berhasil membentuk suatu ekosistem baru. Ekosistem ini membuat manusia saling terhubung dengan mudah, meski berada di lokasi dan waktu yang berbeda.

Pasti Anda sudah sering mendengar istilah “virtual concert” atau “virtual meeting”. Kedua istilah ini adalah sebagian kecil dari kegiatan yang kini bisa dilakukan secara daring.

Virtual merupakan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan banyak metode. Berikut ini beberapa contoh penerapan kata virtual seperti yang sudah dirangkum Rumahweb Indonesia:

Contoh Penerapan Kata Virtual

1. Virtual Meeting

Bagi Anda yang melakukan work from home (WFH), kegiatan satu ini pasti sudah sering dilakukan. Meeting secara virtual adalah pertemuan atau ajang diskusi yang dilakukan secara daring.

Anda bisa melakukan virtual meeting ini menggunakan berbagai aplikasi, misalnya Zoom, Google Meet, ataupun Microsoft Team. Sama halnya dengan bertemu langsung, dalam virtual meeting Anda dibekali dengan berbagai fitur canggih untuk membuat diskusi semakin jelas.

Jika Anda suka melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, atau biasa disebut multitasking, meeting secara virtual adalah solusi untuk mengatur waktu Anda menjadi lebih efektif.

2. Virtual Vacation

Pernahkah Anda mencoba virtual vacation sebelumnya? Kegiatan satu ini akan mengajak audiens untuk liburan ke sebuah tempat melalui tampilan video eksklusif dari pengelola wisata yang dituju.

Anda bisa melakukan virtual vacation atau liburan virtual dari berbagai tempat di belahan dunia lain. Salah satu tempat yang sempat ramai menjadi tujuan liburan virtual adalah Taj Mahaal di India dan juga Museum Louvre di Paris.

Seperti halnya liburan biasa Anda juga harus membeli tiket untuk bisa mengikuti virtual vacation ini. Selain itu, dianjurkan untuk menggunakan perangkat yang mendukung teknologi VR (Virtual Reality) agar pengalaman liburan semakin seru.

Liburan virtual adalah cara baru untuk Anda yang memiliki hobi travelling namun belum bisa menikmatinya secara langsung.

3. Virtual Reality 

Bentuk lain dari penerapan kata virtual yaitu Virtual Reality (VR). Virtual Reality adalah teknologi yang membuat pengguna bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dunia maya.

Teknologi ini biasa ditemukan pada alat simulator pada pilot ataupun dalam game online, seperti Fortnite. 

Contoh lain dari teknologi virtual adalah metaverse, yang dicetuskan oleh Mark Zuckerberg. Di dalam metaverse, Anda akan dimanjakan dengan berbagai fitur canggih. Anda bisa bermain game, berinteraksi, sampai memiliki lahan di dalam metaverse.

4. Virtual Event

Virtual event adalah bentuk acara yang diadakan secara online. Dengan virtual event, kini Anda bisa mendatangi berbagai acara yang diselenggarakan dari belahan dunia lain!

Salah satu hal yang sering dilakukan dengan format acara virtual adalah webinar dengan menggunakan platform Zoom atau Google Meet yang merupakan aplikasi bawaan dari Google Workspace.

Selain seminar online, ada juga virtual concert, yang sempat menjadi tren pada tahun 2021 lalu. Banyaknya musisi yang membatalkan konser akibat pandemi, membuat mereka berpindah haluan di konser virtual ini.

Jenis virtual event lainnya yang bisa Anda coba adalah pameran karya seni, dengan bantuan teknologi VR yang membuatnya sangat nyata dan mirip seperti pameran asli.

Demikianlah penjelasan kata virtual dari Rumahweb Indonesia. Dari semua kegiatan virtual di atas, kegiatan mana yang paling sering Anda lakukan di rumah?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents