Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Linktree adalah

Apa itu Linktree? Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Linktree adalah solusi tepat bila Anda sedang menjalankan sebuah bisnis dan ingin memasarkannya secara digital. Lalu, apa itu Linktree? Singkatnya, Linktree adalah sebuah tool yang berfungsi untuk memasukkan banyak link atau tautan ke dalam satu URL.

Bagi sebagian orang situs ini mungkin sudah tidak asing lagi, sebab Linktree sering ditemukan pada bio di akun-akun Instagram. Linktree sendiri memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk memaksimalkan traffic di media sosial.

Anda bisa memasukkan berbagai macam link yang terkait dengan bisnis Anda, misalnya situs website, situs toko Anda di marketplace, dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan memudahkan pengunjung mengakses setiap informasi mengenai bisnis Anda hanya dari satu link URL yang dibuat oleh Linktree.

Apa itu Linktree?

Seperti namanya, Linktree adalah “pohon tautan”, di mana pengguna bisa membuat satu link induk dan menyematkan beberapa link di dalamnya. Link induk atau link utama ini dapat diibaratkan sebagai batang pohon, dan beberapa link di dalamnya sebagai cabang.

Linktree adalah tool yang bermanfaat bagi semua kalangan, mulai dari pebisnis hingga influencer. Hal ini karena hanya dengan menampilkan satu link, audiens sudah dapat mengakses beragam situs terkait, mulai dari website, link ke marketplace, channel YouTube, kontak WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Fungsi Linktree

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi Linktree adalah untuk menambahkan banyak link menjadi satu. Dengan Linktree, Anda bisa menambahkan beberapa link yang terkait dengan bisnis maupun portofolio ke dalam satu tautan URL saja. Nantinya, tautan ini bisa ditampilkan di profil akun pribadi maupun bisnis di media sosial.

Selain itu, fungsi lain dari Linktree adalah untuk memudahkan orang mengakses situs mengontak Anda, sehingga mereka tidak perlu membuka atau mencari satu per satu di mesin pencarian.

Hal ini dapat dilakukan karena semua tautan yang dibutuhkan sudah tersedia di satu link yang Anda cantumkan di profil media sosial. Langkah ini juga akan membantu meningkatkan traffic media sosial Anda.

Cara Membuat Linktree

Saat ini, kebanyakan akun bisnis maupun personal, mencantumkan URL Linktree di profil bio mereka. Saat ini, Linktree memang menyediakan layanan gratis yang bisa digunakan siapa saja. Namun jika Anda membutuhkan fitur lebih untuk mendukung kebutuhan Anda, Linktree juga menyediakan layanan berbayar.

Lalu, bagaimana cara membuat Linktree? Cara membuat akun Linktree adalah sebagai berikut:

  1. Buka website Linktree di sini https://linktr.ee/ >klik Get Started for Free.
registrasi linktree - apa itu linktree
  1. Kemudian, isi seluruh kolom yang diminta, mulai dari username, email, hingga password. Jangan lupa juga untuk menyetujui kotak bagian terms and condition dan klik Sign up with email.
buat akun linktree - apa itu linktree
  1. Isikan nama pada kolom yang disediakan, dan pilih kategori yang mendeskripsikan bisnis atau diri Anda.
lengkapi pendaftaran linktree
  1. Jangan lupa untuk klik kotak verifikasi pada bagian bawah halaman > klik tombol Continue.
pilih kategory
  1. Lalu pilih layanan yang ingin Anda gunakan, gratis atau berbayar. Di bagian ini, Anda juga dapat membandingkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh kedua layanan.
pilih paket linktree
  1. Selanjutnya, lakukan verifikasi dengan klik link yang dikirimkan di alamat email terdaftar.
verifikasi linktree
  1. Anda dapat langsung login ulang atau langsung klik tombol Continue To My Linktree.
registrasi linktree selesai
  1. Linktree sudah siap digunakan. Pastikan Anda menyematkan tautan-tautan yang berisi informasi penting mengenai bisnis maupun portofolio, misalnya link marketplace, channel Youtube, dan lain-lain
  2. Cara menyematkan link pada Linktree adalah dengan klik Add New Link. Beri judul untuk link tersebut, dan isikan bagian link atau tautannya.
membuat linktree
  1. Lakukan hal yang sama bila ingin menambah tautan. Link juga bisa dihapus bila sudah tidak diperlukan.

BACA JUGA : Cara Membuat Linktree untuk WhatsApp dan Website, Gampang!

Cara Menyalin dan Membagikan URL Linktree

Setelah tautan Linktree jadi, Anda bisa meng-copy langsung atau membagikannya ke akun-akun media sosial Anda. Cara menyalin dan membagikan URL Linktree adalah sebagai berikut:

  1. Klik Share di pojok kanan atas.
membuat tampilan linktree
  1. Pilih Add Linktree to your socials bila ingin menambahkan link tersebut ke halaman media sosial Anda.
Cara Menyalin dan Membagikan URL Linktree
shared linktree
  1. Atau pilih Share my Linktree to.. jika Anda ingin membagikan URL Linktree Anda ke platform lain, misalnya WhatsApp, email, maupun SMS.
Share link to sosial media
Share link to social media
  1. Anda juga dapat memilih opsi My Linktree QR Code jika ingin membagikan URL Linktree dalam bentuk QR code.
QR Code
  1. Ada juga pilihan Copy untuk menyalin tautan dan menyematkannya pada halaman/link/media sosial lain yang tidak dicantumkan.
share to social media - apa itu linktree

Cara Membuat Linktree di Instagram

Bila URL Linktree sudah siap, Anda dapat menyalin URL tersebut untuk kemudian disematkan dalam bio akun Instagram. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel Rumahweb Indonesia tentang Cara Membuat Linktree di Instagram ini.

BioLink adalah fitur dari Rumahweb yang fungsinya mirip dengan Linktree. Dengan Biolink, Anda dapat membuat berbagai link dalam satu halaman, dan dapat diakses dengan nama domain Anda sendiri.

Bagi Anda yang telah memiliki nama domain di Rumahweb, Anda bisa menggunakan fasilitas ini secara gratis. Pelajari panduan berikut untuk mengetahui cara mengaktifkan Biolink hingga cara settingnya.

Namun bagi Anda yang belum memiliki domain di Rumahweb, Anda bisa membeli domain murah dengan berbagai ekstensi menarik. Klik link berikut untuk informasi lebih lanjut.

Demikian penjelasan artikel Rumahweb Indonesia kali ini tentang apa itu Linktree dan bagaimana cara membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents