Rumahweb Blog
Apa Itu FAQ adalah

Apa Itu FAQ? Pengertian, Fungsi dan, Cara Membuatnya

Bagi Anda yang tengah menjalankan website bisnis, FAQ adalah salah satu pilihan untuk memudahkan pelanggan memahami produk atau jasa yang Anda tawarkan. Elemen ini bahkan dinilai bisa mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan atau user.

Lantas, apa itu FAQ, apa manfaatnya bagi website bisnis, dan bagaimana cara membuatnya? Berikut Rumahweb rangkum untuk Anda!

Apa itu FAQ?

FAQ adalah singkatan dari frequently asked question. Bila diartikan, FAQ adalah list atau daftar berisi pertanyaan sekaligus jawaban yang sering diajukan pelanggan atau user terkait sebuah topik, terutama seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

Tak jarang pertanyaan-pertanyaan yang sama diajukan oleh pelanggan terkait topik tertentu, misalnya cara login, detail produk, dan masih banyak lagi.

Namun, pelanggan tetap butuh waktu lama untuk bisa mendapatkan jawaban pertanyaan tersebut, karena mereka harus menunggu giliran untuk berinteraksi dengan customer service atau mencarinya melalui laman blog.

FAQ adalah jawaban untuk membuat proses ini lebih cepat dan efisien! Pelanggan tidak perlu menunggu customer service, karena bisa langsung mendapatkan jawaban dengan adanya list FAQ ini.

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui kalau tujuan dari FAQ adalah membantu pelanggan atau user mendapatkan jawaban seputar produk atau jasa dalam proses yang singkat.

Fungsi FAQ

Tak hanya memudahkan konsumen atau pelanggan, FAQ ternyata juga memiliki manfaat atau fungsi lain, terutama bagi perusahaan. Fungsi lain yang tak kalau penting dari FAQ adalah:

1. Meningkatkan Peringkat SEO dan Mendatangkan Traffic

Biasanya, FAQ berisi kata kunci atau keywords yang relevan dan sering dicari oleh pelanggan. Hal ini tentu menjadi acuan mesin pencari atau search engine dalam memberikan ranking website Anda.

Peringkat SEO juga berbanding lurus dengan kunjungan konsumen, alias traffic. Semakin tinggi peringkat SEO FAQ Anda, semakin besar pula peluang website Anda diklik oleh pelanggan. Apalagi jika ditambahkan internal link, pelanggan akan semakin banyak menghabiskan waktu di website Anda.

Baca juga artikel : SEO On Page: Pengertian dan Cara Penerapannya

2. Menghemat Waktu 

Fungsi utama dari FAQ adalah menghemat waktu. Biasanya, pertanyaan seputar produk tentu kerap ditanyakan berulang-ulang baik melalui media sosial, chat, atau email. Dengan FAQ, maka konsumen dapat langsung tahu jawaban dari pertanyaan tersebut.

Nyatanya FAQ tak hanya menghemat waktu pelanggan, tetapi juga pelaku bisnis. Dengan terjawabnya pertanyaan dari banyak pelanggan melalui FAQ, perusahaan pun juga tak perlu membalas satu per satu pertanyaan yang sama dari konsumen yang berbeda.

3. Membangun Kepercayaan dan Profesionalisme

FAQ adalah salah satu strategi dalam membangun kepercayaan konsumen dan menunjukkan profesionalisme perusahaan. Halaman FAQ yang dibuat dengan baik akan menunjukkan kalau perusahaan tahu apa yang ada di pikiran pelanggan dan apa yang ingin mereka tanyakan.

FAQ juga memperlihatkan bahwa Anda telah mempersiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pelanggan tadi. Hal ini akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Cara Membuat FAQ

Dari fungsi di atas, tentu dapat disimpulkan bahwa keberadaan FAQ ini penting bagi website bisnis. Jika ingin membuat FAQ, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Cara membuat FAQ adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Format Tanya Jawab

Dengan format ini, halaman FAQ lebih berpotensi untuk meningkatkan peringkat SEO dan traffic, karena kemungkinan besar pertanyaan-pertanyaan yang Anda cantumkan akan muncul di pencarian teratas melalui kotak jawaban atau cuplikan fitur Google.

Saat pelanggan mengakses halaman FAQ, mereka ingin langsung menemukan jawaban yang spesifik. Jadi, jangan lupa untuk menghindari jawaban berisi promosi yang panjang dan bertele-tele.

2. Melampirkan Pertanyaan dari Sudut Pandang pelanggan

Hal yang tak kalah penting dalam membuat FAQ adalah membuat pertanyaan dari sudut pandang pelanggan, bukan perusahaan. Selain akan lebih mudah dimengerti oleh pelanggan, format ini tentu akan cocok dengan kata kunci yang ditulis pelanggan di mesin pencarian atau search engine.

Beberapa contoh format pertanyaan FAQ adalah sebagai berikut:

  • Bagaimana cara saya mengklaim garansi produk yang rusak saat diterima?
  • Bagaimana saya melakukan reset password?
  • Berapa lama waktu pengemasan barang?

dan masih banyak lagi.

3. Menyusun Jawaban Singkat dan Jelas

Selain membuat pertanyaan, jawaban yang Anda berikan juga perlu diperhatikan. Tulislah jawaban secara singkat dan jelas. Pelanggan akan merasa senang jika mendapat jawaban inti terkait pertanyaan tertentu.

Contohnya jawaban untuk pertanyaan “Bagaimana cara saya mengklaim garansi produk yang rusak saat diterima?” adalah seperti berikut:

Silahkan foto produk yang mengalami kerusakan. Kirimkan melalui email [email protected] dengan title [Klaim Garansi Produk]. Lampirkan bukti pembelian serta identitas penerima.

4. Mulailah Jawaban dengan ‘Ya’ atau ‘Tidak’

Jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ akan lebih menghemat waktu pelanggan. Jawaban ini juga terlihat lebih tegas dan tidak plin-plan.

Misalnya:

Q: Apakah ada garansi apabila produk yang diterima rusak?

A: Ya. Kami memberikan garansi terhadap produk yang cacat atau rusak.

5. Pastikan Laman FAQ Mudah Ditemukan

Hal selanjutnya yang perlu diingat dalam membuat FAQ adalah pastikan lamannya mudah ditemukan dan diakses oleh pelanggan. Jangan sampai pelanggan bingung dan kesusahan mencari letak FAQ pada website Anda.

Buat FAQ di halaman tersendiri dan tampilkan ikon atau keterangannya di menu navigasi atau footer website.

Cara Membuat FAQ pada website

Setelah memahami poin-poin di atas, selanjutnya Anda bisa langsung mempraktikkan cara membuat FAQ untuk website. Jika Anda menggunakan WordPress, maka halaman FAQ dapat dibuat dengan bantuan plugin Elementor. Simak panduannya melalui link berikut: Cara Membuat FAQ di WordPress Menggunakan Elementor 

FAQ adalah elemen penting yang tidak hanya menguntungkan pelanggan, namun juga pemilik bisnis. Jadi, jangan lupa untuk membuat halaman FAQ pada website bisnis Anda, ya! Selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing