Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Metaverse adalah - Pengertian dan Cara Kerjanya

Apa itu Metaverse? Pengertian dan Cara Kerjanya

Metaverse menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan di seluruh dunia sejak akhir tahun 2021. Singkatnya, metaverse adalah internet dalam bentuk 3D, yang memungkinkan orang-orang saling berinteraksi di dunia maya layaknya di kehidupan nyata.

Metaverse sendiri pertama kali dicetuskan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, sebagai langkah rebranding perusahaannya menuju dunia virtual masa depan.  Ingin tahu lebih lanjut tentang Metaverse? Yuk, baca artikel selengkapnya dari Rumahweb Indonesia berikut ini!

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah sebuah dunia virtual 3D berisi avatar para penggunanya di dunia nyata. Di Metaverse, Anda bisa menjadi siapapun dan bertemu dengan pengguna lain dari seluruh dunia.

Bisa dikatakan, Metaverse adalah bentuk selanjutnya dari media sosial. Anda bisa melakukan berbagai hal di Metaverse. Mulai dari bermain game, menonton konser, melakukan jual beli, bahkan bekerja.

Merujuk pada definisinya, Metaverse sebenarnya bukan hal yang terlalu baru. Sebab, sudah banyak dijumpai game yang memungkinkan penggunanya membuat avatar dan berinteraksi di dunia virtual.

Pada permainan World of Warcraft dan The Sims misalnya, pengguna juga bisa membeli dan menjual barang-barang seperti layaknya di dunia nyata.

Jika menengok lagi ke belakang, istilah Metaverse sendiri sebetulnya sudah digunakan dalam novel Snow Crash karangan Neal Stephenson tahun 1992.

Metaverse adalah gambaran dunia virtual masa depan yang berhasil menarik perhatian publik setelah disinggung oleh Mark Zuckerberg tahun lalu. Metaverse bekerja dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality yang semakin berkembang pesat.

Karena Metaverse adalah gambaran internet masa depan, konsep ini berpotensi menjadi lahan bisnis baru yang sangat cocok bagi Anda pebisnis yang ingin mengembangkan usaha agar bisa dijangkau lebih banyak audiens.

Melalui Metaverse, Anda bisa menjangkau siapa pun dari belahan dunia manapun. Tidak mengherankan jika Metaverse adalah incaran empuk para investor dan pebisnis yang ingin mendirikan usaha mereka di dalamnya.

Tidak hanya berinteraksi dengan pengguna lainnya, Anda juga bisa berinvestasi dan mendapatkan uang melalui Metaverse. Salah satu caranya, dengan bermain game dan mendapatkan Metaverse Coin. Anda bisa menggunakan koin ini untuk membeli fitur atau produk lain yang ada di dalam Metaverse.

Alat yang Perlu Disiapkan untuk Masuk ke Metaverse

Alat yang perlu disiapkan untuk masuk ke Metaverse adalah hardware yang mendukung teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality). Salah satu contohnya adalah kacamata AR yang dilengkapi dengan controller stick. Selain itu, Anda juga harus mendownload aplikasi Sensorium Galaxy untuk membuat avatar di Metaverse.

Simak artikel berikut untuk mengetahui langkah-langkah masuk ke Metaverse: Cara Memasuki Metaverse Step by Step

Walau tanpa teknologi VR dan AR, sebenarnya Anda juga sudah bisa memasuki metaverse. Sebagai contoh, video game Fortnite yang bisa diakses melalui PC, game konsol, bahkan ponsel.

Cara Membeli Tanah di Metaverse

Pernahkah Anda terbayang membeli tanah pada dunia virtual? Metaverse ternyata menyediakan tanah yang bisa digunakan jika Anda ingin mendirikan perusahaan atau tempat tinggal di Metaverse.

Untuk membeli tanah di Metaverse, Anda tentu harus memiliki mata uang yang berlaku di dunia Metaverse, yakni Metaverse Coin. Selanjutnya, untuk membeli tanah di Metaverse Anda dapat menggunakan Decentraland.

Apa itu Decentraland? Ini merupakan layanan yang menjual tanah berdasarkan ukuran-ukuran yang sudah tersedia. Decentraland dan Metaverse adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika Anda tertarik untuk membeli lahan di Metaverse, maka Anda harus bergabung di Decentraland.

Pelajari cara selengkapnya untuk membeli tanah di Metaverse pada artikel berikut ini: Cara Membeli Tanah di Metaverse : Daftar Harga dan Caranya

Metaverse Coin

Salah satu hal menarik dari Metaverse adalah adanya mata uang yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi di dunia Metaverse. Mata uang di Metaverse dikenal dengan istilah Metaverse Coin.

Metaverse Coin juga bisa Anda gunakan untuk berinvestasi, karena bisa dikonversi menjadi token aset Crypto, seperti Ethereum (ETH). Coin ini juga bisa digunakan untuk membeli NFT (Non-fungible Token) atau layanan lainnya.

Baca selengkapnya mengenai Metaverse Coin pada artikel berikut: Apa itu Metaverse Coin dan Bagaimana Cara mendapatkannya?

Demikian penjelasan mengenai Metaverse dari Rumahweb Indonesia. Metaverse adalah pintu gerbang menuju ke masa depan teknologi kita yang semakin maju. Sebelum masuk ke Metaverse, pastikan Anda sudah mengetahui berbagai risiko dan ketentuannya. Sudah siapkah Anda dengan kehadiran Metaverse?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.7 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents