Rumahweb Blog
Banner - Apa Itu Broadcast

Apa Itu Broadcast? Pengertian, Tujuan beserta Contohnya

Broadcast adalah salah satu fitur dalam dunia marketing yang bisa digunakan untuk menyebarkan informasi dengan cepat. Layanan broadcast bisa Anda temukan di beberapa platform media sosial, seperti Instagram, WhatsApp, Telegram, dan email.

Istilah broadcast sebenarnya memiliki pengertian yang sangat luas. Dahulu layanan broadcast hanya bisa dilakukan melalui saluran media mainstream, seperti televisi dan radio. Berkat perkembangan teknologi, kini, broadcast pun dapat diakses dengan mudah, bermodalkan jaringan internet saja.

Untuk Anda yang masih bingung mengenai cara menggunakan fitur broadcast dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan, Rumahweb Indonesia telah merangkumnya secara lengkap melalui artikel berikut ini!

Apa Itu Broadcast? 

Broadcast adalah sebuah istilah yang populer di tengah masyarakat. Namun, banyak yang masih belum memahami apa itu broadcast dalam konteks digital marketing.

Broadcast adalah strategi untuk menyiarkan informasi pada audiens di saat yang bersamaan. Beberapa perusahaan menggunakan fitur ini untuk menyebarkan informasi promo, pengumuman, atau update terbaru mengenai bisnis mereka.

Fitur broadcast membantu marketer untuk menghemat lebih banyak waktu dan biaya. Tak hanya itu, broadcast juga membuat marketer lebih mudah berinteraksi dengan audiens mereka. 

Promo Hosting Murah Rumahweb

Cara kerja layanan broadcast cukup mudah. Anda hanya perlu menuliskan teks atau copywriting yang menarik, singkat, dan jelas. Dengan demikian, audiens yang membacanya pun dapat langsung menangkap isi pesan Anda.

BACA JUGA : Apa itu Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya

Tujuan Broadcast

Ada beberapa tujuan yang mendasari mengapa marketer memilih broadcast sebagai strategi pemasaran mereka. Secara umum, tujuan broadcast adalah sebagai berikut:

  1. Dapat berinteraksi lebih intens dengan audiens atau konsumen.
  2. Mengirimkan informasi secara real-time dan cepat, sehingga semua audiens bisa menerima informasi disaat bersamaan.
  3. Menghemat biaya pemasaran dan promosi.
  4. Memberikan update terkini mengenai bisnis atau produk yang dipasarkan.
  5. Mendapatkan data dan feedback untuk menentukan strategi pemasaran ke depannya.

Manfaat Broadcast

Bagi kreator, salah satu manfaat broadcast adalah memudahkan interaksi dengan followers melalui saluran channel broadcast yang dibuat. Banyak kreator kerap membagikan foto, polling, atau cerita melalui broadcast di Instagram. Semakin banyak interaksi, semakin tinggi persentase engagement ratenya.

Di beberapa platform media sosial lain, seperti WhatsApp, Telegram, atau email, Anda dapat memberikan informasi broadcast. Informasi ini dapat berupa teks, gambar, link, dokumen, atau video. Hal ini tentu dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga dalam menyebarkan informasi terbaru pada audiens.

Dengan broadcast, Anda pun dapat langsung melihat respon dari audiens melalui pesan balasan atau reaksi emoji.

BACA JUGA | 5 Marketing Channel yang Harus Anda Coba

Kelebihan dan Kekurangan Broadcast

Broadcast memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus dipertimbangkan sebelum Anda menggunakannya. Salah satunya, tidak semua hal dapat diinformasikan dengan efektif melalui layanan broadcast.

Kelebihan Broadcast

Dari pemaparan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa broadcast memiliki cukup banyak kelebihan yang dapat Anda manfaatkan. Beberapa kelebihan broadcast antara lain:

  1. Hemat biaya promosi.
  2. Efisiensi waktu dalam menyebarkan informasi, karena dapat disebarkan secara real-time.
  3. Mendukung beberapa format pesan mulai dari teks, gambar, audio, dokumen, hingga video.
  4. Fleksibel, dapat diakses kapan saja dan di mana saja, selama terkoneksi internet.
  5. Lebih interaktif dan bisa menjalin hubungan yang dekat dengan audiens

Kekurangan Broadcast

Meskipun ada berbagai kelebihan, bukan berarti broadcast adalah media yang tidak memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan broadcast yang wajib Anda ketahui sebelum menggunakannya:

  1. Akurasi terabaikan, karena penyebaran informasi sangat cepat.
  2. Rawan terjadi kesalahan penulisan.
  3. Sulit direvisi jika terjadi kesalahan penulisan atau informasi, karena pesan sudah dibaca oleh banyak orang.
  4. Segmentasi audiens terlalu luas dan mudah untuk disalahgunakan.

Contoh Broadcast 

Ada beberapa format yang umumnya digunakan untuk pesan broadcast, seperti promo, berita, undangan, ucapan, dan lainnya. Berikut ini beberapa contoh broadcast dalam beberapa platform yang bisa Anda jadikan referensi:

Broadcast WhatsApp

Apa itu broadcast WhatsApp? Pada dasarnya hampir sama, broadcast WhatsApp dengan berbagai media broadcast lainnya. WhatsApp memiliki fitur broadcast pada aplikasi bisnis dan juga personal.

Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur broadcast untuk mempromosikan bisnis, berikut ini beberapa contoh broadcast WhatsApp yang bisa dicoba:

  • WEEKEND SPECIAL PROMO ⚡

Nikmati layanan hosting termurah mulai Rp 12 ribu per bulan bersama Rumahweb! 

  • GRATIS KONSULTASI & GARANSI UPTIME!
  • Ayo klik BELI PAKET HOSTING  sekarang juga!

Broadcast Instagram

Layanan Instagram broadcast adalah fitur yang dapat membantu kreator untuk dapat berinteraksi lebih dekat dengan audiens mereka.

Fitur ini umumnya banyak digunakan untuk membagikan update berupa teks, foto, polling, suara hingga video. Selanjutnya, para followers dapat memberikan reaksi berupa likes atau emoji.

Berikut contoh broadcast Instagram untuk kreator yang dapat Anda coba:

Contoh  Broadcast Instagram
Foto Oleh Meta

Selain dapat digunakan oleh para kreator, sebenarnya Anda juga dapat menggunakan fitur Instagram broadcast untuk menjalin relasi dengan konsumen, serta membagikan promo atau diskon terbatas guna menarik minat pembeli.

Broadcast Telegram

Telegram broadcast adalah tool yang bisa digunakan untuk menyebarkan informasi dalam sebuah channel besar yang bisa diikuti ribuan orang. Sama seperti Instagram, audiens harus men-subscribe channel yang ingin diikuti untuk bisa mendapatkan update.

Fitur broadcast Telegram ini jauh lebih canggih dibanding media sosial lainnya, karena pemilik channel dapat berinteraksi dengan audiens melalui unggahan atau pesan. Anda juga dapat saling berbalas informasi di kolom komentar.

Di bawah ini adalah contoh broadcast Telegram:

Contoh Broadcast Telegram
Foto oleh Telegram

Broadcast Email

Newsletter adalah istilah yang digunakan untuk broadcast email ke banyak pengguna. Saat ini, Anda dimudahkan dengan berbagai bantuan tools, seperti Mailchimps, Sendinblue, HubSpot, Campaigner, dan masih banyak lagi.

Berikut contoh referensi dalam mengirim broadcast email:

Contoh  Broadcast Email
Foto oleh HubSpot

Kesimpulan

Sebagai marketer atau pebisnis, Anda perlu melihat peluang besar yang dimiliki fitur broadcast dalam berbagai media sosial saat ini. Tak hanya mudah digunakan, broadcast juga menjadi strategi marketing yang murah dan efisien untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen atau audiens.

Anda bisa menggunakan layanan DirectMail yang dapat dipesan di Rumahweb untuk mempermudah pengiriman broadcast alias newsletter. Dengan DirectMail, Anda bisa lebih menghemat biaya dan waktu untuk menjangkau >5 juta pengguna di saat bersamaan. 

Hal ini karena DirectMail memiliki jaminan tingkat konversi yang tinggi dan stabil di berbagai protocol email. Rumahweb Indonesia menawarkan layanan DirectMail dengan harga mulai dari  $13,70.

Broadcast adalah salah satu strategi marketing yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi ke banyak orang dalam waktu singkat. Sekian artikel mengenai apa itu broadcast serta berbagai contoh terbarunya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dedicated Server

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb