Rumahweb Blog

Video Conference Gratis Dengan Google Meet

Google Meet adalah aplikasi video conference dari Google yang mulai digratiskan kepada semua pemilik akun Gmail sejak Mei 2020. Aplikasi ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk online meeting selama WFH, di tengah pandemi Covid-19. Rencananya, Google akan menggratiskan layanan ini hingga 30 September 2020.

Fitur premium gratis ini bisa ditemukan disebelah kiri bawah pada Sidebar Interface akun Gmail Anda. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu klik menu Mulai Rapat, lalu bisa membagikan link tersebut.

Fitur Google Meet dianggap lebih aman daripada Zoom. Alasannya, untuk menggunakan layanan ini, Anda harus login ke gmail terlebih dahulu, sehingga menghilangkan resiko ‘Zoombombing’ dimana peserta tak dikenal bisa masuk ke video conference.

Selain harus login, Google juga menambahkan fitur keamanan lainnya yaitu konfirmasi peserta oleh Host Room Meeting. Hal ini berbeda dengan Zoom, dimana siapa saja bisa mengakses Video Conference selama memiliki link meeting.

Google juga melengkapi Google Meet dengan berbagai fitur seperti :

  1.  Voice & Video Conference
    Google Meet dilengkapi dengan video dan audio berkualitas tinggi hingga 30 fps, sehingga video yang dihasilkan akan lebih detail dengan suara yang lebih jelas. Bagi Anda yang menggunakan aplikasi Meet for Mobile, Google meet secara otomatis akan menyesuaikan video dalam kondisi cahaya rendah, sehingga kualitas video akan menjadi lebih baik.
  2. Chat
    Anda bisa menggunakan fitur chat untuk berbagi tautan, video animasi hingga chatting dengan user meeting lainnya.
  3. Screen Share
    Fitur ini bisa Anda gunakan untuk menampilkan presentasi. Fitur screen share ini dapat digunakan oleh semua peserta meeting, tidak hanya dibatasi kepada host room saja. Anda bisa memilih untuk mempresentasikan seluruh tampilan layar atau hanya memilih untuk menampilkan halaman tertentu.

Untuk pengguna Google Meet gratis, fitur Voice dan Video Conference ini bisa digunakan selama 60 menit dan Anda bisa mengundang hingga 250 peserta meeting. Sedangkan untuk pengguna layanan Google Suite, jumlah peserta disesuaikan dengan lisensi yang digunakan dan tidak dibatasi dengan waktu atau unlimited.

Untuk mendapatkan durasi unlimited serta jumlah peserta yang lebih besar, Anda bisa menggunakan layanan Google Suite. Google Suite adalah layanan kolaborasi dari berbagai fitur seperti Google Drive, Gmail, Google Meet hingga Google Calendar. Layanan ini sudah tersedia di Rumahweb yang detailnya bisa Anda lihat pada halaman berikut : Google Suite

Jadi, agar bisa menggunakan fitur Google Meet secara berkelanjutan, segera beralih ke layanan Google Suite dari Rumahweb Indonesia.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer