Rumahweb Blog
Banner Artikel - Apa itu Press Release adalah

Apa itu Press Release? Arti, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Press release adalah istilah yang sudah sangat umum di dunia public relation (PR) atau humas. Anda mungkin pernah mendengar istilah press release di televisi, seperti di tayangan berita.

Press release artinya suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan untuk memberitahu informasi tertentu pada khalayak. Press release menjadi aktivitas penting, terutama bagi perusahaan, tokoh publik, organisasi, bahkan individu, untuk berbagai tujuan.

Lalu, apa tujuan pembuatan press release? Bagaimana struktur press release yang baik, dan apa saja jenis dan contohnya? Dalam artikel kali ini, Rumahweb Indonesia sudah merangkum informasi terkait press release. Simak, ya!

Arti Press Release

Press release adalah pemberitahuan resmi yang disampaikan perusahaan atau organisasi. Pemberitahuan ini biasanya ditujukan untuk media, baru kemudian diteruskan ke khalayak dalam bentuk berita, baik teks maupun audiovisual.

Ada beragam bentuk pemberitahuan yang dapat dilakukan. Dahulu, press release lebih populer dibuat dalam bentuk teks/dokumen fisik. Kini, tidak sedikit perusahaan yang membuat press release dalam bentuk unggahan di media sosial, dokumen online, video, atau acara offline.

BACA JUGA: Contoh Struktur Organisasi Perusahaan dan Cara Membuatnya

Kenapa Membutuhkan Press Release?

Press release menjadi aktivitas penting bagi sebuah perusahaan. Dengan press release, khalayak menjadi tahu informasi yang penting dari perusahaan tersebut. Seperti pelaksanaan kegiatan, peluncuran produk, klarifikasi terkait isu tertentu, dan lain sebagainya.

Press release juga bisa membantu meningkatkan citra positif perusahaan di mata khalayak. Lalu apa saja tujuan dari press release?

  1. Bentuk transparansi kepada stakeholder dalam rangka menginformasikan apa saja yang dilakukan perusahaan.
  2. Meningkatkan reputasi perusahaan dengan mengundang media.
  3. Menginformasikan publik tentang kegiatan yang akan dilakukan perusahaan.
  4. Menginformasikan produk yang akan diluncurkan.
  5. Melakukan klarifikasi yang berkaitan dengan isu tertentu yang membawa nama perusahaan.

Struktur Press Release

Secara umum, struktur press release adalah sebagai berikut:

1. Head

Press release harus memiliki head atau judul yang menarik supaya tidak monoton dan menarik banyak orang untuk membacanya. Tetapi jangan lupa, judul juga harus merepresentasikan isi press release itu sendiri.

2. Lead

Struktur selanjutnya dari press release adalah lead, atau disebut juga sebagai opening. Lead adalah bagian pembuka dari press release. Dalam menulis lead, gunakan struktur kalimat 5W + 1H secara singkat, padat, dan jelas.

3. Body

Poin berikutnya dari press release adalah body atau isi. Dalam body, sebaiknya gunakan metode piramida terbalik. Caranya adalah dengan menempatkan informasi paling penting di awal, baru mengerucut ke bagian-bagian khusus. Hal ini bertujuan agar audiens tidak cepat bosan dengan isi dari press release tersebut.

BACA JUGA: Daftar Nama Domain untuk Organisasi dan Cara Belinya

Jenis Press Release

Ada beberapa jenis dari press release, dan di bawah ini adalah di antaranya:

1. General News

General news press release artinya kegiatan yang dilakukan untuk menginformasikan informasi umum bernilai berita terkait perusahaan. Misalnya, ketika perusahaan meraih penghargaan, pembukaan cabang baru, dan lain sebagainya.

2. Product Press Release

Product press release adalah aktivitas yang hanya fokus pada tujuan soft selling atau promosi produk baru yang dibuat oleh suatu perusahaan. Nantinya, press release ini akan diterbitkan di media-media yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis.

3. Event Press Release

Event press release artinya kegiatan yang dibuat dengan tujuan menginformasikan event atau acara yang diselenggarakan oleh perusahaan atau organisasi. Dalam event press release menyebutkan detil-detil acara, mulai dari lokasi, waktu, peserta, dan lain sebagainya.

4. Financial Press Release

Financial press release adalah aktivitas yang dilakukan untuk memberitahu informasi yang berkaitan dengan kondisi keuangan suatu perusahaan. Akan tetapi, press release ini termasuk jenis press release yang cukup jarang dilakukan oleh perusahaan.

Contoh Press Release

Ada banyak contoh press release yang pernah dikeluarkan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, perusahaan, organisasi, hingga tokoh publik. Salah satu contoh press release adalah seperti yang dibuat oleh KFC, terkait kegiatan yang mereka selenggarakan.

contoh press release kfc

Untuk mengetahui lebih banyak contoh dari press release, baca artikel Rumahweb Indonesia berikut ini: Contoh Press Release dan Fungsinya untuk Promosi

Press release adalah suatu pemberitahuan yang perlu dibuat dan disebarluaskan oleh perusahaan atau organisasi karena beberapa kepentingan. Demikian penjelasan lengkap mengenai press release dari Rumahweb. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents