Rumahweb Blog
banner artikel - Daftar Nama Domain untuk Organisasi Adalah dan Cara Belinya

Daftar Nama Domain untuk Organisasi dan Cara Belinya

Domain menjadi salah satu syarat untuk membuat website, bahkan website untuk yayasan atau organisasi sekalipun. Selain .com dan .id, yang populer digunakan, terdapat banyak pilihan nama domain untuk organisasi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan organisasi Anda. 

Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia akan membahas mengenai daftar nama domain untuk organisasi yang bisa Anda pilih sebagai opsi alamat website, beserta cara membelinya. 

Apa itu Domain

Sederhananya, domain adalah alamat yang Anda ketikkan pada search bar ketika akan mengakses website tertentu. Dengan domain, Anda dapat mengakses website dengan lebih mudah, karena tidak perlu menghafalkan alamat IP dari website tersebut. 

Domain memiliki sifat unik. Hal ini berarti nama domain yang Anda pesan dan aktifkan tidak akan sama dengan nama domain milik orang lain. Anda pun bebas membuat nama domain sesuai kebutuhan.

Domain terdiri atas dua unsur, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Sebelum menentukan nama domain, ada baiknya Anda memahami jenis ekstensi domain yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. 

Ekstensi domain dapat dikategorikan sesuai jenis website yang dibuat, misalnya, nama domain untuk organisasi, personal branding, e-commerce, dan masih banyak lagi.

Domain untuk organisasi adalah ekstensi domain yang cocok digunakan untuk organisasi atau yayasan tertentu. Anda dapat menentukan ekstensi domain yang ingin digunakan sesuai dengan tujuan atau kebutuhan organisasi. Ada beragam ekstensi nama domain untuk organisasi yang dapat dipilih. Penasaran? Simak artikel ini selengkapnya!

Daftar Nama Domain Organisasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan ekstensi nama domain dapat disesuaikan dengan jenis website yang dibuat. Jadi, ekstensi domain tidak melulu harus menggunakan ekstensi populer seperti .com, .net, atau .id. Bahkan, ada beberapa ekstensi domain yang ditujukan khusus untuk suatu jenis organisasi atau yayasan.

Beberapa nama domain untuk organisasi adalah sebagai berikut:

.ORG

Contoh pertama dari ekstensi nama domain untuk organisasi adalah .org, yang sudah terkenal sebagai domain organisasi atau yayasan. Menggunakan ekstensi .org berarti website yang dimiliki adalah website organisasi atau yayasan.

.org dapat digunakan secara bebas oleh organisasi atau yayasan formal atau informal, bertaraf internasional maupun nasional, karena ekstensi ini tidak membutuhkan persyaratan khusus untuk aktivasinya.

.associates

Selanjutnya terdapat ekstensi domain .associates yang bisa dipilih untuk mencerminkan “Associates” atau organisasi profesi yang Anda miliki, misalnya, kelompok profesi akuntan, pengacara, atau profesi lainnya. Ekstensi domain .associates sangat cocok digunakan untuk branding kolega Anda.

Dengan ekstensi domain yang spesifik ini, grup atau associates yang Anda miliki juga akan mudah diingat oleh banyak orang.

.group

Bagi Anda yang memiliki komunitas atau ingin membangun komunitas online, Anda bisa menggunakan nama domain dengan ekstensi .group. Dengan menggunakan .group, Anda bisa mempertemukan banyak orang untuk saling terhubung, berbagi pengalaman, dan berkolaborasi satu sama lain. 

.foundation

Ekstensi nama domain untuk organisasi yang selanjutnya adalah .foundation. Ekstensi domain satu ini sangat cocok digunakan untuk yayasan nirlaba atau NGO (Non-Governmental Organization), dan badan amal.

Tak hanya berfokus untuk mendukung gerakan melalui sumbangan, .foundation juga bisa digunakan dalam bidang pendidikan, religi, bahkan budaya. Sama seperti ekstensi domain sebelumnya, Anda bisa menggunakan nama domain ini tanpa ada persyaratan apapun. 

BACA JUGA : Daftar Nama Domain untuk Pendidikan Beserta Syaratnya

.mil.id 

Ekstensi nama domain untuk organisasi selanjutnya terdapat ekstensi .mil.id yang khusus dibuat untuk organisasi militer di Indonesia. Ekstensi domain .mil.id merupakan ekstensi domain yang digunakan oleh tentara nasional Indonesia dalam mengelola informasi antar para anggota maupun masyarakat luas.

Karena ekstensi ini dikhususkan untuk organisasi militer di Indonesia, Anda harus mendaftar langsung ke PANDI, selaku Registry domain .ID, untuk bisa mendapatkan ekstensi domain mil.id.

.OR.ID

Ekstensi domain.org cocok digunakan untuk berbagai jenis organisasi di seluruh dunia. Anda dapat menggunakan ekstensi domain .or.id jika organisasi Anda beroperasi di wilayah Indonesia.

Hal ini karena domain .or.id adalah jenis domain Country Code Top Level Domain (ccTLD) yang menjadi penanda bahwa domain tersebut beroperasi di wilayah Indonesia. 

Sama seperti mil.id, ekstensi domain .or.id adalah domain organisasi yang resmi dan dikelola oleh PANDI,  dibutuhkan beberapa dokumen sebagai syarat aktivasinya.

Dokumen persyaratan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut: 

  • KTP Republik Indonesia.
  • Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan.
  • SK Susunan Pengurus. 

Meskipun membutuhkan persyaratan khusus, ekstensi domain or.id dapat dibeli dengan mudah di berbagai registrar PANDI, salah satunya Rumahweb Indonesia.

BACA JUGA : 4 Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Anda

Cara Beli Domain

Nama domain menjadi salah satu unsur penting dalam membuat website, dan tidak menutup kemungkinan bahwa nama domain juga bisa menjadi penentu apakah website Anda dikunjungi oleh banyak orang. 

Oleh karena itu, setelah menentukan nama domain yang akan digunakan, selanjutnya Anda bisa langsung mengaktifkan domain tersebut dengan melakukan pemesanan agar domain yang diinginkan tidak diaktifkan oleh orang lain.

Rumahweb menyediakan beragam ekstensi domain yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan, tak terkecuali domain untuk organisasi atau yayasan seperti yang disampaikan sebelumnya.

Masih bingung bagaimana cara memesan domain di Rumahweb? Ikuti panduan singkat berikut: Cara Memesan Domain di Rumahweb.

Ada berbagai jenis ekstensi domain yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan website, salah satunya adalah nama domain untuk organisasi, yang sudah kami bahas pada artikel kali ini. Semoga dapat membantu!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb