Rumahweb Blog
banner blog - Google I O Extended Yogyakarta bersama Rumahweb Indonesia

Google I/O Extended Yogyakarta bersama Rumahweb Indonesia

Google Developer Group (GDG) Yogyakarta bersama Women Techmakers, bekerja sama dengan Rumahweb, menyelenggarakan Google I/O Extended Yogyakarta pada 23 Juli 2023 lalu. Google I/O Extended Yogyakarta kali ini menggandeng beberapa pembicara profesional di bidangnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, Google I/O Extended adalah agenda rangkaian acara global tahunan yang diadakan oleh komunitas Google Developer Group (GDG) dengan format dan topik yang beragam.

Pada tahun ini, Google I/O Extended Yogyakarta menghadirkan pembicara ternama seperti Muh Isfani Giath (Google Developer Experts Android dan Senior Android Software Engineer di Tokopedia), dan Eka Jayani Ayuningtyas (Web Developer di AtmaConnect).

Hadir pula Qassandra Chaidir (System Engineer-Cloud Platform di Tokopedia), Stevani Dwi Utomo (Machine Learning Engineer di ENB Mobile Care), Kuan Hoong Poo (Machine Learning Engineer di ENB Mobile Care), Uswatun Hasana Kunio (Quality Assurance Manager di Rumahweb) dan Edwin Candinegara (Engineering Manajer di Stockbit Bibit).

Masing-masing pembicara membawakan berbagai topik menarik dan interaktif. Mulai dari Managing State in Kotlin Multiplatform, Baseline & Introp, Core Web Vitals, hingga The Evolution of Large Language Model (LLMs).

Rumahweb GDG

Dukungan Rumahweb Terhadap Perkembangan Developer Muda

Acara Google I/O Extended yang berhasil diselenggarakan oleh Google Developer Group (GDG) Yogyakarta berada Women Techmakers di Gedung Performance Hall (PH) FBSB UNY ini juga didukung oleh Rumahweb Indonesia sebagai sponsor utama.

Dengan total 700 pendaftar dengan total peserta hadir lebih dari 400 peserta yang didominasi oleh mahasiswa. Rumahweb juga menyediakan merchandise, booth konsultasi, hingga kopi gratis untuk meningkatkan semangat peserta Google I/O Extended Yogyakarta.

Tidak hanya terbatas pada memfasilitasi kelancaran acara sebagai sponsor, Orang Rumah juga menjadi salah satu pembicara yang membagikan ilmu mengenai pentingnya Core Web Vitals.

Sebagai salah satu perusahaan hosting terbesar dan tertua di Indonesia, Rumahweb berharap acara ini menjadi salah satu pijakan bagi para developer muda yang ingin terjun lebih dalam ke industri teknologi.

BACA JUGA : Update Algoritma Google Terbaru Tahun 2023

Penjelasan Mengenai Core Web Vitals dari Orang Rumah

Venue google io extended 2023
Google I/O Extended

Sebagai salah satu pionir web hosting di Indonesia, Rumahweb, yang diwakilkan oleh Uswatun Hasana Kunio, membawakan materi mengenai Core Web Vitals yang wajib dipahami oleh seorang developer web.

Kemampuan membuat dan mengelola website saja tidak cukup untuk membawa ide kreatif developer ke ranah global. Diperlukan pemahaman dan upaya untuk mengoptimalisasi website, termasuk memahami poin-poin website yang berkualitas, yang dapat menunjang SEO website.

Pemberdayaan Wanita dalam Industri Teknologi

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa laki-laki masih mendominasi industri teknologi saat ini. Tak ayal, hal ini juga berarti perempuan dalam industri teknologi dapat dikategorikan sebagai kelompok minoritas yang masih under represented. 

Women Techmakers adalah program inisiatif dari Google yang memberikan dukungan dan membantu perempuan dalam industri teknologi, agar memiliki kesempatan untuk berkembang dan tidak dipandang sebelah mata.

Pada acara Google I/O Extended Yogyakarta ini dapat terselenggara berkat kolaborasi GDG Yogyakarta bersama Women Techmakers. Salah satu bentuk nyata dari dukungan komunitas GDG Yogyakarta terhadap perkembangan developer perempuan adalah dominasi pembicara perempuan dalam bidangnya masing-masing.

pembahasan tentang flutter
materi GDG
Keseruan acara google io extended

Keseruan Acara Google I/O Extended Yogyakarta

Acara Google I/O Extended Yogyakarta sudah berlangsung dengan lancar dan sukses. Berdasarkan hasil polling, dapat disimpulkan bahwa lebih dari 50% peserta merupakan mahasiswa, diikuti dengan pekerjaan developer/programmer sebanyak 29%.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Chaisar Ahmad selaku Community Manager dari Google Developer Group (GDG) Yogyakarta.

Sesi pertama diawali dengan penjelasan dari Muh Isfahni Giath mengenai state management di Kotlin. Setelah itu dilanjutkan dengan Qassandra Chaidir yang menjelaskan bagaimana membangun dan mengembangkan software dengan aman. Qassandra memaparkan tentang Google Cloud Software Delivery Shield.

Hadir pula Edwin Candinegara yang membahas bagaimana membangun performant & stateful service di Kubernetes. Sesi pertama diakhiri dengan tanya jawab interaktif dengan pembicara, dan dilanjutkan dengan break sebelum memasuki sesi kedua

Sesi kedua dalam acara ini lebih fokus membahas perkembangan platform website. Di sesi ini diawali dengan Eka Jayani yang menjelaskan bagaimana browser bekerja sama untuk memajukan platform website di tahun 2023.

Selanjutnya, Uswatun Hasana memaparkan penjelasan mengenai Core Web Vitals. Uswatun memaparkan tentang mengapa penting untuk melakukan optimalisasi Core Web Vitals bagi para developer website. Setelah itu sesi ini diakhir dengan tanya jawab interaktif. 

BACA JUGA : 6 Ide Virtual Event yang Menarik untuk Dicoba

Sesi terakhir dalam acara ini membahas mengenai perkembangan AI & Machine Learning. Sesi ini diawali dengan pembahasan mengenai Tensorflow Lite untuk Image Classification dari Stevani Dwi Utomo. Dilanjutkan dengan Kuan Hoong Poo yang menjelaskan mengenai AI, lebih tepatnya evolusi Large Language Model (LLMs) dari berbagai platform AI.

Acara Google I/O Extended Yogyakarta tahun 2023 ini memberikan wawasan dan inspirasi baru bagi para peserta untuk terus mengembangkan pengetahuan dan ilmu di bidang teknologi, khususnya web dan app development.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Agnes Sony Tianinda