Rumahweb Blog
banner - Rumahweb Indonesia Hadir di WordCamp Asia 2024

Rumahweb Indonesia Hadir di WordCamp Asia 2024

WordCamp Asia adalah sebuah konferensi tahunan yang diselenggarakan untuk para pengguna dan pengembang WordPress dari seluruh Asia. Tahun ini, Rumahweb Indonesia ikut berpartisipasi dalam WordCamp Asia yang diselenggarakan di Taipei tanggal 7-9 Maret 2024. 

WordCamp Asia menjadi salah satu dari tiga WordCamp terbesar di dunia untuk mewakili pertemuan yang diselenggarakan oleh komunitas WordPress. Selain untuk belajar dan update fitur terbaru WordPress, acara ini juga menjadi ajang membangun jaringan dalam mengeksplorasi peluang bisnis.

Di tahun 2024 ini, WordCamp diselenggarakan di Taipei International Convention Center (TICC), Taiwan, selama 3 hari. Berikut rangkuman WordCamp Asia 2024 dari Rumahweb Indonesia.

WordCamp Asia 2024

Day 1: Contributor Day

Contributor Day adalah acara yang ditujukan bagi para kontributor WordPress, yaitu orang-orang yang secara aktif berkontribusi pada pengembangan platform WordPress. Meskipun ditujukan untuk kontributor, namun Anda tidak perlu memiliki keahlian, seperti coding dan designing, untuk dapat mengikuti acara ini. 

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengembangkan WordPress, seperti menerjemahkan plugin atau themes, hingga menjawab pertanyaan umum di forum WordPress. Berkontribusi pada WordPress berarti membantu membangun platform sesuai kemampuan yang Anda miliki. 

Contributor Day diselenggarakan pada 7 Maret 2024, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 waktu Taipei. 

Day 2: Conference Day 1–Opening

Conference day diawali dengan pembukaan oleh tuan rumah, lalu dilanjutkan dengan beberapa konferensi terpisah. Ada lima ruangan yang digunakan untuk konferensi. Masing-masing konferensi ini menyajikan konferensi dengan tema yang berbeda.

Di hari pertama, Rumahweb Indonesia mengikuti kelas The Block Developer’s Cookbook, Web3 on WordPress: Unlocking New Frontiers, dan Democratizing Performance.

The Block Developer’s Cookbook

Konferensi ini diisi oleh Ryan Welche, yang merupakan salah satu developer dari Automattic. Dalam Workshop ini, Ryan membahas dan mendemokan cara melakukan custom Block Editor dengan plugin Transform.

Konferensi ini cocok bagi para designer, yang membuat website berbasis WordPress dengan Block Editor dan coding. Selengkapnya tentang plugin Transform dan cara melakukan custom dapat dipelajari melalui website blockdevelopercookbook.

Web3 on WordPress: Unlocking New Frontiers

Konferensi ini diisi oleh Ju-Chun Ko, legislator serta asisten profesor di Institut Pascasarjana Jaringan dan Multimedia Universitas Nasional Taiwan. Beliau memaparkan ide bagaimana WordPress di masa depan yang dapat terdesentralisasi dan terkoneksi dengan teknologi blockchain

Diharapkan, dalam beberapa tahun ke depan akan ada exponential economics, serta WordPress dapat dijadikan konten yang bisa diperjualbelikan, seperti Like Coin. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang Like Coin pada website berikut: Like Coin.

Democratizing Performance

Konferensi ini diisi oleh Pascal Birchler, anggota lama komunitas WordPress sekaligus salah satu orang yang membuat file core WordPress. Pascal menjelaskan pentingnya membuat WordPress dapat diakses lebih cepat, dan optimasi apa saja yang perlu dilakukan. 

Untuk meningkatkan kecepatan pada WordPress, Pascal memberikan beberapa saran, seperti melakukan test lab untuk melihat core web vitals pada website Anda. Selain itu, Anda juga dapat melihat informasi metrix baru yang digunakan oleh Google, yaitu INP. Untuk melihat score core web vitals, Anda dapat menggunakan tools Google PageSpeed.

Day 3: Conference Day 2–Closing

Di hari kedua conference day, Rumahweb Indonesia mengikuti beberapa konferensi, seperti Beyond Keywords, Fighting the JavaScript Fatigue, dan INP.

Beyond Keywords: User-Centric Approach to Product-Led SEO

Konferensi ini diisi oleh Mina Tamang, SEO Analyst dari Codewing Solutions. Tamang menjelaskan tentang perbedaan antara SEO tradisional dan SEO berbasis produk. 

Pada pendekatan SEO tradisional, umumnya spesialis SEO akan melakukan riset keyword, membuat artikel, serta melakukan publikasi dan perbaikan setelahnya. Namun cara ini dianggap kuno dan sudah tidak efektif untuk SEO di masa mendatang. 

Spesialis SEO sudah harus mulai beralih ke product-led SEO, atau SEO berbasis produk. Sederhananya, product-led SEO adalah optimasi SEO berdasarkan kelebihan produk yang ditawarkan.

Caranya, dengan membuat keyword sendiri untuk bisnis Anda. Analisis user experience dan value dari produk yang Anda tawarkan. Buat konten tentang cara menggunakan produk Anda, hingga manfaat yang bisa didapatkan pelanggan.

Fighting the JavaScript Fatigue: Picking the right framework for Headless WordPress

Phoomparin Mano

Konferensi ini diisi oleh Phoomparin Mano, software engineer dan developers dari Bangkok, Thailand. Di konferensi ini, Phoom menjelaskan bagaimana membuat website modern dengan Javascript. 

Phoom memiliki visi bagaimana ekosistem WordPress ke depan dapat dipadukan dengan Astro, Nuxt, hingga Sveltekit untuk mendapatkan tampilan website yang lebih modern dan semakin cepat ketika diakses. 

INP–a new metric for interactivity

Adam Silverstein

Konferensi ini diisi oleh Adam Silverstein, seorang developer yang bekerja di Google. Tugasnya adalah memperbaiki bug, meningkatkan kemampuan web modern, dan menjadi salah satu tim developer yang mengembangkan file core WordPress. 

Dalam konferensi ini, Adam menjelaskan tentang apa itu INP (Interaction to Next Paint) yang saat ini menjadi salah satu metrik dalam core web vitals.

INP adalah metrik core web vitals yang menilai responsivitas halaman pada website berdasarkan event timing API. INP mengamati durasi response atau interaktivitas dari semua klik, ketukan, dan interaksi pada halaman website.

Untuk mengecek INP, Anda bisa menggunakan Google PageSpeed atau Google Search Console. Sedangkan untuk lab testing tools dapat menggunakan Web Vitals Chrome Ext yang dapat Anda install secara gratis. 

Selain keseruan di dalam konferensi, ada juga 2 ruangan yang dijadikan Booth Sponsor yang dapat anda kunjungi. Ada lebih dari 40 sponsor yang ikut serta dalam WordCamp 2024. Selain itu, tercatat bahwa WordCamp Asia 2024 dihadiri oleh sekitar 2.000 pegiat WordPress dari 70 lebih negara.

Rumahweb X Elementor

WordCamp Asia 2024 menjadi salah satu acara yang mengesankan dan sangat kami rekomendasikan untuk diikuti di tahun depan. Rencananya, WordCamp Asia 2025 akan diadakan di Manila, Filipina pada Februari 2025.

Demikian artikel dari Rumahweb Indonesia tentang acara WordCamp Asia 2024. Semoga konferensi yang kami ikuti dapat memberikan wawasan baru bagi Warga RW yang menggunakan WordPress. Sampai jumpa di WordCamp Asia 2025!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Lutfi Hanif

Lutfi adalah seorang SEO enthusiast. Editor, Technical Content Writers sekaligus 'Tukang Optimasi' artikel Journal maupun Blog Rumahweb.