Rumahweb Blog
banner - Google IO Extended Cloud Jakarta Kolaborasi GDG Cloud Jakarta dan Rumahweb

Google I/O Extended Cloud Jakarta Bersama Rumahweb

Google Developer Group (GDG) Cloud Jakarta bekerja sama dengan dengan Rumahweb Indonesia berhasil menyelenggarakan Google I/O Extended Cloud Jakarta pada 19 Agustus 2023 di kantor Google Indonesia.

Google I/O Extended adalah agenda rangkaian acara global tahunan yang diadakan oleh komunitas Google Developer Group (GDG) dengan format dan topik yang beragam.

Pada acara Google I/O Extended Cloud Jakarta kali ini, GDG Cloud Jakarta mengundang enam pembicara profesional pada bidangnya, yakni tiga anggota Google Developer Experts Clouds, Giri Kuncoro (Technical Lead, Developer Experience di GoTo Financial), Ibnu Sina Wardy (Co-founder Mofin.ID), dan Ananda Dwi Rahmawati (Cloud Engineer di PT BTech).

Tak hanya itu, GDG Cloud Jakarta juga menghadirkan Thu Ya Kyaw (Senior Developer Advocate di Google Cloud), Adam Widi Baskara (Data Engineer di Traveloka), dan Catur Wicaksono (Developer di Rumahweb Indonesia).

Ada beberapa topik menarik yang diusung dalam Google I/O Extended Cloud Jakarta tahun ini, di antara mengenai AI, Machine Learning, Google Analytics, hingga Cloud Firestore dan Cloud Workstations.

Dukungan Rumahweb untuk Komunitas Developer

Acara Google I/O Extended Cloud Jakarta yang dilaksanakan di kantor Google Indonesia pada 19 Agustus 2023 silam dengan total peserta sebanyak 404 peserta. Jumlah ini terbagi menjadi 136 peserta yang menghadiri acara secara langsung/offline dan 398 peserta yang menonton secara online.

Rumahweb mendukung penuh perkembangan komunitas developer, dengan hadir sebagai sponsor utama dalam acara besutan GDG Cloud Jakarta kali ini. Selain memfasilitasi kelancaran acara, Rumahweb, yang diwakilkan oleh Catur Wicaksono, juga membagikan ilmu mengenai Cloud Firestore.

BACA JUGA : Google I/O Extended Yogyakarta bersama Rumahweb Indonesia

Penjelasan Mengenai Cloud Firestore oleh Orang Rumah

Cloud Firestore adalah layanan cloud NoSQL dari database Firebase, yang dapat digunakan untuk menyimpan, mensinkronisasi secara real-time, hingga memulihkan data ke titik waktu tertentu di masa lalu.

Cloud Firestore adalah layanan cloud NoSQL yang cocok digunakan untuk aplikasi chatting, termasuk untuk mengembangkan live-chat, karena beberapa keunggulannya, salah satunya dukungan offline yang membuat pesan akan tetap terkirim meskipun perangkat tidak memiliki jaringan internet.

Point-In-Time Recovery adalah fitur yang secara khusus dibahas pada penjelasan yang disampaikan oleh Catur Wicaksono, sebagai Developer di Rumahweb Indonesia.

Dengan Point-In-Time Recovery, pengguna akan mendapatkan perlindungan data yang dihapus atau diubah secara tidak sengaja, dengan menyimpan dan mempertahankan versi dokumen yang konsisten dari timestamp yang ada, dan memberi opsi pemulihan data ke titik waktu yang diinginkan, maksimal 7 hari yang lalu.

Tak hanya memberi penjelasan terperinci mengenai Cloud Firestore dan Point-In-Time Recovery, Catur juga melakukan demo secara langsung, bagaimana fitur recovery ini dapat berguna, terutama dalam mengembangkan aplikasi chatting.

Keseruan Acara Google I/O Extended Cloud Jakarta

Acara Google I/O Extended Cloud Jakarta yang dilangsungkan secara hybrid ini telah berjalan dengan lancar dan sukses, dengan total hingga 404 peserta online dan offline

Acara dibuka dengan sambutan dari Community Manager Google Indonesia, Danang Juffry, yang juga menjelaskan secara singkat rangkaian acara dan berbagai komunitas yang ada di Google. Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Qassandra Chaidir selaku GDG Cloud Organizer.

Sesi pertama diawali oleh Thu Ya Kyaw selaku Senior Developer Relations Engineer Google Cloud yang menjelaskan mengenai Generative AI dengan Vertex AI. Selanjutnya, Giri Kuncoro sebagai Technical Lead di GoTo Finance menjelaskan mengenai keamanan dan bagaimana AI Machine Learning di dunia infrastruktur.

Pembicara terakhir pada sesi pertama adalah Ananda Dwi Rahmawati, Senior Cloud Engineer di Btech, yang menjelaskan mengenai 10 cara menggunakan Machine Learning dengan Google Cloud.

foto bersama google i/o extended Jakarta

Sesi kedua dimulai dengan pembicara Catur Wicaksono sebagai Developer Rumahweb Indonesia yang menjelaskan mengenai Point-In-Time Recovery di Cloud Firestore yang dapat memulihkan data ke titik waktu tertentu di masa lalu.

Pembicara kedua pada sesi ini adalah Ibnu Sina W, Co-CEO dari GITS.id yang menjelaskan mengenai Cloud Workstations, dan Adam Widi Bagaskarta selaku Data Engineer di Traveloka yang menjelaskan mengenai Google Analytics 4.

Tak hanya mendengarkan penjabaran dari para pembicara, peserta juga terlibat tanya jawab interaktif dengan masing-masing pembicara. Google I/O Extended Cloud Jakarta ini memberi wawasan dan inspirasi bagi peserta untuk terus mengasah ilmu, terutama di bidang cloud.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Agnes Sony Tianinda