Rumahweb Blog
banner artikel - Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Disukai HRD

Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Disukai HRD

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengirim lamaran pekerjaan. Di era digital seperti sekarang, Anda juga bisa mengirim lamaran melalui email. Namun tentu saja, Anda harus memperhatikan beberapa hal, salah satu contoh adalah body email lamaran kerja.

Body email lamaran pekerjaan dapat diibaratkan sebagai cover sebuah buku. Cover buku yang dibuat dengan baik dan menarik akan mengundang orang untuk membuka dan membaca isinya.

Begitu juga dengan body email lamaran kerja. Body email yang ditulis dengan baik dan menarik dapat membantu Anda ‘dilirik’ oleh HRD. Body email lamaran pekerjaan yang jelas juga dapat membantu HRD menyortir lamaran yang jumlahnya bisa ratusan, bahkan ribuan.

Body email ditulis dimana?

Body email merupakan bagian pembuka atau kalimat perkenalan yang ditempatkan di awal email. Fungsinya adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang diri sendiri dan menyampaikan alasan mengapa saya tertarik melamar pekerjaan ini.

Struktur email lamaran kerja

Berikut adalah struktur email lamaran kerja yang dapat Anda ikuti:

  1. Salam pembuka
  2. Pembukaan
  3. Isi email
  4. Penutupan
  5. Salam penutup

Lalu, bagaimana contoh body email lamaran pekerjaan yang disukai HRD?

Contoh Body Email Lamaran Kerja

Berikut Rumahweb Indonesia telah merangkum beberapa contohnya untuk Anda!

1. Contoh Body Email Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Subjek: Lamaran Pekerjaan Posisi Content Writer

Yth. Bapak/Ibu HRD
PT Menulis Yuk

Perkenalkan, nama saya Anggi Wardani, lulusan Universitas Merapi jurusan Ilmu Komunikasi. Saya mengetahui lowongan pekerjaan ini dari LinkedIn dan tertarik untuk bergabung menjadi bagian dari tim PT Menulis Yuk sebagai content writer.

Sebagai seorang fresh graduate, saya telah banyak belajar mengenai bidang kepenulisan dari berbagai pengalaman saya selama berkuliah. Saya pernah menjadi ketua UKM Merapi Press, yakni unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di ranah jurnalisme. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman magang di Aneka TV sebagai reporter.

Terlampir dalam email ini CV saya yang berisi informasi lebih detail mengenai pendidikan, pengalaman, serta keterampilan saya. Apabila Bapak/Ibu memerlukan informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email atau nomor telepon yang tercantum di bawah ini.

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Saya sangat bersemangat untuk mendengar tanggapan positif dari Bapak/Ibu.

Salam,
Anggi
[email protected]
08199287321

BACA JUGA: Cara Menghapus Email di Handphone

2. Contoh Body Email Lamaran Kerja dengan Pengalaman

Subjek: Lamaran Pekerjaan Posisi Marketing Manager

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan HRD
PT Wisata Alam Permai
Di tempat

Selamat siang Bapak/Ibu,
Perkenalkan, nama saya Anggi Wardani. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari media sosial Instagram, saya mengetahui bahwa PT Wisata Alam Permai sedang mencari posisi Marketing Manager.

Saya memiliki pengalaman bekerja di bidang marketing selama lebih dari 5 tahun. Selama berkecimpung di bidang ini, saya telah mendapat beragam pencapaian dan penghargaan, beberapa di antaranya sebagai “Best Marketer 2015” dan “Best Marketing Performance 2017”.

Atas berbagai pengalaman dan pencapaian di atas, saya yakin dapat berkontribusi dan menciptakan inovasi baru untuk perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga melampirkan CV dan surat lamaran sebagai bahan pertimbangan.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Best Regards,
Anggi
[email protected]
08199287321

BACA JUGA: Memahami Arti CC dan BCC Pada Email Serta Cara Menggunakan

3. Contoh Body Email Lamaran Kerja sebagai Barista

Subjek: Lamaran Pekerjaan Posisi Barista

Yth. HRD Kopi Yummy
Di tempat

Perkenalkan, saya Anggi Wardani. Saya tertarik untuk melamar posisi sebagai barista di Kopi Yummy setelah melihat informasi lowongan di grup WhatsApp Barista Community.

Sebelumnya saya pernah bekerja sebagai barista di Lor Cafe selama 1 tahun. Saya juga pernah mengikuti pelatihan barista tahun 2020 lalu serta memenangkan kompetisi barista tingkat provinsi pada 2021. Atas berbagai pengalaman dan pencapaian tersebut, saya yakin dapat memenuhi kriteria sebagai barista di Kopi Yummy.

Bersama email ini, saya juga melampirkan CV dan persyaratan lain yang dibutuhkan. Besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari Kopi Yummy. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Anggi
[email protected]
08199287321

4. Contoh Body Email Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Subject: Job Application - Anggi Wardani

Dear Hiring Manager,

I am writing this to express my interest in the Web Content Manager position listed on LinkedIn. I have experience building large, consumer-focused health-based content sites. My responsibilities included the development and management of the site’s editorial voice and style, the editorial calendar, and the daily content programming and production of the web site.

While much of my experience has been in the business world, I understand the social value of the nonprofit sector and my business experience will be an asset to your organization.

I look forward to hearing from you soon.

Sincerely, 
Anggi
[email protected]
08199287321

Dari beberapa contoh di atas, bisa disimpulkan bahwa body email lamaran pekerjaan haruslah singkat, padat, dan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele untuk mempersingkat waktu HRD dalam menyeleksi email lamaran kerja.

BACA JUGA: Email Blast: Pengertian, Fungsi, dan Caranya untuk Promosi

Itulah penjelasan dan daftar contoh body email lamaran kerja yang telah dirangkum oleh Rumahweb Indonesia. Selain berbagai contoh di atas, Anda juga bisa merangkai sendiri isi body email sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents