Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Email Blast adalah

Email Blast: Pengertian, Fungsi, dan Caranya untuk Promosi

Di era teknologi yang semakin berkembang, media untuk promosi bisnis menjadi lebih bervariasi. Email blast adalah salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan brand atau mengenalkan produk baru kepada banyak pelanggan dalam satu waktu.

Sosial media memang menjadi salah satu platform yang paling banyak diakses. Namun, email masih menjadi salah satu media promosi paling berpengaruh hingga saat ini. Email blast adalah cara pengiriman email yang cepat dan efektif.

Penasaran tentang apa itu email blast, manfaat, hingga cara membuatnya? Simak artikel dari Rumahweb Indonesia tentang email blast berikut ini!

Apa itu Email Blast

Email blast adalah aktivitas pengiriman email yang sama kepada ratusan, bahkan jutaan, orang dalam satu waktu. Dibanding mengirimkan satu per satu kepada pelanggan, email blast adalah cara yang lebih efektif untuk mengirim informasi kepada pelanggan dengan cepat dan efektif.

Email blast banyak dimanfaatkan sebagai media promosi atau teknik email marketing untuk mengenalkan produk atau brand yang dimiliki. Dengan kata lain, email blast adalah salah satu strategi marketing agar produk baru yang diluncurkan dapat dikenal banyak orang dengan cepat dan tepat sasaran.

Anda dapat menggunakan email blast untuk mengirimkan katalog, voucher, diskon, hingga menjangkau pelanggan lama Anda yang sudah lama tidak melakukan transaksi.

BACA JUGA : Email Marketing: Pengertian, Strategi, dan Toolsnya

Faktor yang Memengaruhi Penerimaan Email Blast

Setelah mengetahui tentang apa itu email blast, selanjutnya Anda perlu memahami faktor apa saja yang memengaruhi penerimaan pada email blast oleh calon customer.

Meskipun lebih efektif, namun tetap saja, Anda perlu memerhatikan beberapa faktor berikut agar email dibuka oleh pelanggan atau tidak dianggap SPAM. Faktor-faktor yang dapat memengaruhi penerimaan email blast adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Pembuatan

Sebelum mulai membuat pesan, Anda perlu menentukan tujuan pengiriman email yang ingin dicapai. Tujuan pembuatan email diperlukan untuk penyusunan konten agar penerima email merasa relevan dengan isi email dan promosi berjalan efektif. 

2. Segmentasi

Selain tujuan pembuatan, segmentasi penerima email juga menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Hampir semua perusahaan memang memiliki daftar subscription atau penerima email.

Namun, pastikan kembali penerima email dalam daftar tersebut sudah sesuai dengan target market Anda. Segmentasi pasar yang sesuai akan meningkatkan ketertarikan calon pelanggan, yang berbanding lurus dengan tingkat kesuksesan campaign.

3. Isi Konten yang Menarik dan Berkualitas

Setelah menentukan tujuan dan segmentasi pasar, Anda dapat mulai menyusun isi konten. Jangan lupa, perhatikan layout, narasi, dan gambar yang akan ditambahkan.

Ada beberapa narasi yang dapat digunakan, sesuai dengan tujuan dan segmentasi pasar. Sebagai contoh, konten edukatif, penawaran spesial, hingga informasi eksklusif. 

4. Personalisasi

Selain itu, Anda juga bisa membuat konten email yang lebih dipersonalisasi dengan menggunakan nama penerima atau nama pelanggan pada isi sapaan. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan isi konten dengan kegemaran atau preferensi penerima email. 

5. Frekuensi Pengiriman

Frekuensi pengiriman email juga perlu diperhatikan, agar penerima email tidak terganggu dengan aktivitas pengiriman email yang Anda lakukan. Hal ini tentunya juga akan membuat penyampaian pesan akan lebih efektif. 

Manfaat Email Blast

Sebagian orang mungkin masih menganggap email blast adalah cara promosi yang kuno. Namun faktanya, hingga saat ini email masih menjadi media promosi yang efektif untuk perkembangan bisnis Anda. Lalu, apa sajakah manfaat menggunakan email blast? 

1. Hemat Biaya dan Waktu

Bayangkan, jika Anda membagikan brosur promosi atau mengirimkan email secara manual kepada ratusan atau bahkan ribuan calon pelanggan/ Tentu hal ini akan mengeluarkan banyak biaya dan waktu.

Dengan menggunakan email blast, Anda cukup berinvestasi pada skill dan layanan email yang digunakan, dan pengiriman pesan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Bahkan, Anda juga dapat melakukan evaluasi dari pengiriman yang dilakukan. 

2. Meningkatkan Penjualan

Pada email, Anda bisa menambahkan tombol Call to Action (CTA) untuk mengajak penerima email melakukan tindakan sesuai yang dituliskan. Misalnya, sisipkan teks “Pesan Sekarang!”, “Klaim Promo Di Sini!”, dan semacamnya.

3. Menjangkau Banyak Orang 

Semakin banyak orang yang menerima email, semakin tinggi pula tingkat brand awareness bisnis Anda. Tentu saja hal ini akan berbanding lurus dengan semakin dikenalnya brand oleh banyak orang tanpa harus mengeluarkan usaha dan biaya besar. 

Dengan berbagai manfaat tersebut, apakah Anda tertarik untuk menjajal metode email blast? Rumahweb menyediakan layanan DirectMail yang bisa digunakan untuk pengiriman hingga 5.000.000 email untuk periode 6 bulan. 

Direct Mail for email blast adalah
Direct Mail

Cara Membuat Email Blast Menggunakan DirectMail

Ada berbagai layanan email blast yang dapat digunakan. DirectMail adalah layanan email blast yang relatif mudah dan terjangkau. Anda bisa melakukan pengiriman email langsung melalui console, SMTP, dan API.

Sebelum mulai mengirimkan email blast, ada beberapa langkah aktivasi untuk menggunakan DirectMail. Berikut Rumahweb Indonesia rangkum langkah-langkah sederhananya untuk Anda!

Step 1. Aktivasi directmail

Langkah paling awal yang harus dilakukan setelah memesan layanan DirectMail adalah mengaktifkan akun DirectMail terlebih dahulu melalui console Alibaba. Panduan lengkapnya dapat disimak pada artikel berikut: Cara Aktivasi DirectMail Alibaba Cloud.

Step 2. Konfigurasi Domain

Selanjutnya, lakukan konfigurasi domain atau subdomain yang akan menggunakan DirectMail ke record yang sudah ditentukan dengan langkah sebagai berikut: Cara Setting DNS DirectMail.

Step 3. Setting SMTP

Langkah terakhir dalam menggunakan email blast adalah melakukan setting untuk menambahkan email senders SMTP dan membuat password SMTP sehingga layanan bisa digunakan untuk pengiriman email. Simak panduannya berikut ini: Panduan Setting SMTP DirectMail.

BACA JUGA : 20 Tips dan Contoh Subjek Email Marketing Yang Menarik

Kesimpulan

Email blast adalah salah satu cara promosi melalui email yang mudah, cepat, dan efektif. Dengan DirectMail, peluang calon pembeli menjadi pembeli akan sangat terbuka lebar.

DirectMail dapat diaktifkan dan digunakan dengan sangat mudah. Lakukan 3 langkah yang kami sampaikan di atas, maka DirectMail siap digunakan untuk mengirimkan email promosi atau informasi eksklusif ke semua calon pelanggan dan pelanggan tetap Anda.

Demikian artikel kami tentang apa itu email blast, manfaat hingga cara menggunakannya. Bagaimana, tertarik mencoba sekarang?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Promo Hosting Murah Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )