Rumahweb Blog
menyusun email newsletter yang menarik

Menyusun Email Newsletter Yang Menarik

Email newsletter adalah salah satu media yang bisa Anda manfaatkan untuk menyampaikan informasi-informasi bernilai kepada para pelanggan maupun calon pelanggan yang sudah mendaftarkan diri di website bisnis Anda.

Newsletter adalah komponen pemasaran yang vital untuk mengarahkan pelanggan maupun calon pelanggan kepada bisnis Anda. Melalui newsletter, Anda bisa menginformasikan kebijakan, produk baru, program promosi, dan yang tak kalah penting, informasi-informasi bernilai lain yang berhubungan dengan bidang yang digeluti oleh bisnis Anda. Apabila dibuat dengan menarik, newsletter juga mampu menciptakan ikatan emosional dari pelanggan, yang pada akhirnya membuat pelanggan semakin loyal.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menyusun email newsletter yang menarik. 

1. Simpel dan To the Point

Newsletter pada prinsipnya merupakan sarana untuk menyampaikan informasi yang berhubungan dengan produk bisnis Anda. Buatlah newsletter di mana pelanggan tidak memerlukan waktu lama untuk membacanya. Pastikan informasi utama tersampaikan dengan baik.

2. Tampilan yang Responsif

Saat ini mayoritas pelanggan mengakses internet melalui perangkat selular seperti Android atau iPhone. Buatlah newsletter dalam format yang responsif, yang mampu menyesuaikan ukuran secara otomatis dengan semua jenis ukuran layar perangkat yang digunakan oleh pelanggan. 

3. Grafis Yang Menarik

Sertakan banner dan atau grafis yang menarik untuk mempercantik newsletter. Tidak menutup kemungkinan, konten utama dari newsletter disajikan dalam format grafis dengan pemilihan warna, ikon dan tipografi yang memanjakan mata. 

4. Call to Action

Call to action (CTA) adalah komponen inti yang seharusnya dihadirkan dalam newsletter. Melalui CTA, pelanggan atau calon pelanggan diarahkan secara langsung untuk melakukan aksi yang berkaitan dengan produk bisnis Anda. Contoh : Link atau tombol yang diarahkan langsung ke halaman promo, halaman order, dan seterusnya.

 

Demikian beberapa tips singkat tentang bagaimana menyusun email newsletter yang menarik. Semoga bisa memberikan tambahan wawasan dan membantu mengembangkan bisnis yang sedang Anda tekuni.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi