Rumahweb Blog
banner artikel - Memahami Arti CC dan BCC Adalah Dalam Email Serta Cara Menggunakan

Memahami Arti CC dan BCC Pada Email Serta Cara Menggunakan

Ketika akan mengirim email, apakah Anda pernah melihat tulisan Cc dan Bcc pada kolom penerima email? Secara sederhana, Cc adalah singkatan dari carbon copy, dan Bcc adalah singkatan dari blind carbon copy.

Sebenarnya, Cc adalah cara membuat salinan dengan memakai kertas karbon di antara dua kertas. Sedangkan Bcc merupakan cara mengirimkan salinan email kepada orang lain tanpa terlihat penerima lain.

Sebelum email digunakan secara umum, proses surat menyurat masih dilakukan dengan surat fisik, baik ditulis tangan maupun menggunakan mesin tik. Dahulu, mengopi surat dapat dilakukan dengan meletakkan surat tersebut di atas kertas karbon. Dengan cara ini, isi surat dapat tersalin secara langsung ke kertas lain di belakang surat tersebut.

Istilah metode pengopian surat ini kemudian masih digunakan hingga kini. Di mana proses surat menyurat dapat dilakukan secara online melalui bantuan internet. Pada artikel ini, Rumahweb akan membahas mengenai apa itu Cc dan Bcc, hingga cara menggunakannya.

Arti Cc

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Cc adalah kepanjangan dari “carbon copy“. Sebuah istilah yang sudah digunakan bahkan sebelum internet dan email diciptakan dan digunakan secara massal. 

Carbon copy digunakan untuk membuat salinan surat yang ditulis. Salinan ini dibuat dengan menggunakan kertas karbon di antara dua kertas. Saat teks dibubuhkan pada kertas paling atas, tulisan itu akan langsung tersalin di kertas paling bawah. Hal itu tentu bermanfaat ketika banyak orang melakukan surat menyurat untuk melakukan komunikasi jarak jauh.

Pada email, istilah Cc masih digunakan dengan fungsi dan arti yang sama dengan cara menyalin surat dengan karbon tadi. Jadi, inti dari Cc adalah untuk mengirim salinan email ke orang lain.

Untuk menggunakan opsi ini, dapat memasukkan alamat email tersebut di kolom Cc. Dan email akan terkirim ke dua orang atau lebih secara otomatis.

BACA JUGA: 20 Tips dan Contoh Subjek Email Marketing Yang Menarik

Apa itu Bcc?

Setelah mempelajari arti Cc, selanjutnya Anda juga perlu memahami satu istilah lagi, yakni Bcc. Seperti yang disinggung sebelumnya, Bcc merupakan kepanjangan dari “blind carbon copy“. 

Jika Cc adalah istilah yang digunakan untuk menyalin email, Bcc adalah istilah untuk mengirimkan salinan email tanpa diketahui penerima lain. Yang akan dilihat oleh penerima email lain hanyalah yang tertera di kolom Cc.

Sebagai contoh, Anda mengirim email kepada dosen penguji skripsi dan menggunakan Cc untuk menyalin dan mengirimkannya ke dosen pembimbing skripsi.

Nah, Anda juga bisa mengirimkan email tersebut kepada teman kuliahmu melalui kolom Bcc. Agar dosen pembimbing dan dosen penguji skripsi tidak tahu bahwa Anda mengirimkan email tersebut pada saat yang bersamaan.

Hal ini dapat terjadi karena semua alamat email pada Bcc tidak akan tercantum di email yang terkirim.

Perbedaan Cc dan Bcc

Ketika memasuki era digital, banyak kegiatan surat-menyurat yang berpindah melalui email. Seiring perpindahan ini, istilah surat salinan yang digunakan dahulu berubah nama menjadi Carbon Copy (CC) dan Blind Carbon Copy (BCC).

Fungsi Cc adalah supaya Anda bisa mengirim email ke penerima lain secara bersamaan. Semua penerima dapat melihat dan mengetahui siapa saja penerima email yang dituliskan pada kolom Cc.

Biasanya, tujuan penggunaan Cc adalah agar atasan mengetahui apa saja yang dibicarakan dalam email tersebut. Sehingga perkembangan pekerjaan dapat terpantau langsung oleh atasan Anda.

Sedikit berbeda dengan Bcc, yang memungkinkan penerima email lain tidak tahu siapa saja yang mempunyai salinan email tersebut. Dan membuat penerima email tidak bisa membalas email tersebut ke semua penerima email yang lain. 

Bcc cenderung berisi informasi sensitif. Sehingga jika Anda tidak ingin memberikan detail ke semua orang, Bcc juga cukup ideal untuk email grup.

Cc dan Bcc bisa digunakan untuk mengirimkan email kepada orang lain. Anda juga dapat memasukkan alamat email penerima lain pada bagian “to”.

BACA JUGA: Contoh Surat Keterangan Usaha dan Cara Membuatnya

Cara Tepat Menggunakan Cc dan Bcc

Setelah mengetahui arti Cc, Bcc, serta perbedaannya, Anda juga perlu memahami kapan waktu yang tepat untuk menggunakan dua fitur ini.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Cc?

Cc adalah jawaban tepat jika Anda ingin menambahkan penerima baru selain penerima utama. Sehingga semua dapat mengetahui siapa saja penerima email tersebut. Beberapa situasi yang tepat untuk menggunakan Cc adalah sebagai berikut:

1. Memperkenalkan Kontak

Saling memperkenalkan kontak penting untuk menjalin relasi yang bisa saja mendatangkan peluang-peluang baru. Cc adalah opsi tepat jika Anda ingin agar para penerima email dapat saling mengenal.

2. Mengomunikasikan Urgensi

Melibatkan atasan dalam Cc adalah tanda bahwa email yang dikirimkan sifatnya penting. Sekaligus menjadi cara yang bijak agar atasan dapat mengetahui setiap perkembangan yang sedang terjadi.

3. Menjaga Relasi dengan Pemangku Kepentingan

Bila tim Anda sedang menyusun project, marketing campaign misalnya, maka menggunakan Cc menjadi opsi untuk melibatkan masing-masing pengambil kebijakan terkait.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Bcc?

Jika Cc adalah fitur untuk menyalin pesan, Bcc bertugas menggandakannya tanpa kelihatan. Penerima email Cc tidak akan tahu siapa saja yang menerima email lewat Bcc. Beberapa situasi yang tepat untuk menggunakan Bcc adalah sebagai berikut: 

1. Mengirim Pesan Rahasia

Jika rencana marketing campaign perusahaan Anda banyak dibahas lewat email grup, maka Bcc menjadi fitur penting untuk mengirimkan pesan rahasia. Misalnya, jika ada salah satu anggota grup dalam email melakukan kesalahan. 

Alih-alih melaporkan atau menegur di publik, ada baiknya Anda menegur terlebih dahulu melalui fitur email Bcc. Sehingga pengguna email lain tidak tahu, dan harga diri orang yang Anda tegur terselamatkan.

2. Melakukan Blast Email

Menjaga privasi adalah sesuatu yang perlu dijunjung tinggi. Saat Anda mengirimkan email ke banyak penerima, penting bagi Anda untuk merahasiakan alamat-alamat email tersebut dengan menggunakan Bcc. Tujuannya agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Mengirim Newsletter

Jika Anda bekerja di perusahaan media cetak yang rutin mengirimkan buletin digital, maka menggunakan Bcc adalah keputusan yang tepat. Demi menjaga kerahasiaan nama dan alamat email pelanggan. 

BACA JUGA: Download Virtex WA Ganas Secara Mudah

Cc, Bcc, dan Email Threads

Balas-membalas pesan dalam email hingga beberapa kali disebut juga dengan istilah email threads atau utas surel. Pada email threads ini, terdapat perbedaan pada penggunaan Cc dan Bcc.

Dengan menggunakan Cc, semua penerima dapat membalas email threads atau utas surel tersebut. Bila Anda menggunakan Bcc, penerima yang masuk dalam daftar Bcc tidak akan bisa membalas email threads tersebut.

Kesimpulan

Secara singkatan, arti Cc adalah carbon copy, sedangkan Bcc adalah kepanjangan dari blind carbon copy

Cc sebetulnya adalah cara menambahkan penerima email selain penerima utama di mereka seluruh penerima dapat saling melihat dan membalas pesan. Sedangkan Bcc bertugas menggandakannya tanpa kelihatan. Penerima email Cc tidak akan tahu siapa saja yang menerima email lewat Bcc.

Biasanya Cc digunakan agar atasan Anda juga tahu apa saja yang dibicarakan dalam email, sehingga atasan dapat memantau perkembangan pekerjaan.

Sementara Bcc memungkinkan penerima email lain tidak tahu siapa saja yang mempunyai salinan email tersebut. Selain itu, fitur Bcc juga dapat membuat penerima email tidak bisa membalas email tersebut ke semua penerima email yang lain.

Ada beberapa tujuan pengirim menggunakan Cc, di antaranya untuk memperkenalkan kontak, mengomunikasikan urgensi, dan menjaga keterhubungan dengan pemangku kepentingan.

Kemudian beberapa tujuan pengirim menggunakan Bcc di antaranya adalah untuk mengirim pesan rahasia, melakukan blast email, dan mengirim newsletter.

Dengan  menggunakan Cc, semua penerima dapat membalas email threads yang dikirimkan. Sedangkan penerima yang masuk dalam daftar Bcc tidak akan bisa membalas email threads tersebut.

Jadi, Bcc dan Cc adalah dua fitur pengiriman email yang dapat dimanfaatkan untuk mengirim email pada beberapa penerima sekaligus. Tentunya disesuaikan dengan fungsi yang ditawarkan. Pernahkah Anda menggunakannya?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.