Rumahweb Blog
banner blog - 5 Alasan Pentingnya Membuat Email Domain untuk Email Bisnis

5 Alasan Pentingnya Membuat Email Bisnis

Apakah bisnis Anda masih menggunakan layanan email gratisan, seperti Gmail dan Yahoo, untuk berkomunikasi dengan klien dan mitra kerja? Jika iya, coba pertimbangkan untuk mulai membuat email domain. Karena akun email yang Anda gunakan untuk mengirimkan email-email bisnis, punya pengaruh yang signifikan terhadap reputasi dan pengakuan masyarakat terhadap bisnis Anda.

Berikut ini adalah lima alasan betapa pentingnya pembuatan email domain sebagai email bisnis.

1. Meningkatkan branding 

Alamat email yang sudah di kustomisasi otomatis akan menampilkan nama domain bisnis Anda di belakangnya, bukannya Gmail ataupun Yahoo. Maka, tiap kali Anda mengirimkan email dari akun email domain Anda, secara tidak langsung Anda juga mempromosikan bisnis Anda.

Lama kelamaan, ketika orang melihat alamat email Anda, maka mereka akan langsung mengasosiasikannya dengan bisnis Anda. Hal ini sangat membantu untuk urusan branding. Intinya, menggunakan email domain sebagai sarana berkomunikasi bisnis merupakan cara yang mudah, efektif, dan murah untuk membantu memasarkan bisnis. Lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel Email domain untuk branding. 

2. Membantu meningkatkan email delivery rates

Alasan penting lainnya untuk mulai mempertimbangkan menggunakan custom email domain adalah kemungkinan email Anda dianggap sebagai spam makin kecil. Layanan email yang gratis lebih mudah digunakan oleh spammers dan malware. Maka, ada kemungkinan email bisnis yang Anda kirim melalui alamat email generik ditandai sebagai spam.

Untuk memastikan bahwa setiap email yang Anda kirim diterima dengan baik, gunakanlah akun email yang bernaung di hosting aman dan terpercaya seperti yang ditawarkan oleh Rumahweb.

3. Jaminan kerahasiaan lebih tinggi

Email domain yang sudah dipersonalisasi memungkinkan Anda untuk membuat mailbox yang berbeda-beda untuk setiap user di internal bisnis Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk membatasi akses terhadap data-data yang bersifat rahasia.

Bisnis yang masih memakai alamat email generik, seringkali berbagi satu mailbox untuk beberapa staf dan mitra bisnis. Dalam situasi seperti ini, susah untuk memastikan apakah suatu email tertentu hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang semestinya saja.

Maka, untuk meningkatkan keamanan data-data rahasia dalam komunikasi bisnis Anda, mulai pertimbangkanlah untuk menggunakan email hosting yang sudah bisa sekalian membuat akun email yang dipersonalisasi.

4. Portable dan fleksibel

Misalnya, akun email bisnis Anda awalnya menggunakan Yahoo, lalu dalam perkembangannya Anda memutuskan untuk menggunakan Gmail. Maka mau tak mau, Anda harus memberitahu semua kontak Anda bahwa Anda telah melakukan pergantian alamat email. Dengan email domain, Anda tidak perlu menghadapi permasalahan seperti ini, karena sifatnya yang portable dan fleksibel.

Anda pun bisa melakukan migrasi ke provider email hosting yang berbeda kapanpun Anda mau, tanpa perlu mengubah domain alamat email, karena Anda sendiri lah pemilik dari nama domain bisnis Anda.

Keuntungan lainnya adalah, Anda bisa menambahkan atau menghapus mailbox mengikuti pertumbuhan dan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat mailbox group yang bisa dibagi dengan rekan bisnis sebagai wahana berkolaborasi.

5. Baik bagi kegiatan email marketing

Pemilik bisnis yang cerdas sadar bahwa email marketing merupakan cara yang sangat efektif dan terbilang murah untuk mempromosikan produk dan jasa.

Namun, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat Anda mengirim email dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan menggunakan email generik, ada kemungkinan email-email tersebut akan ditandai sebagai spam dan diblokir oleh mailbox penerima. Kenapa? Karena sistem sudah menganggap bahwa spammer cenderung akan menggunakan email generik yang gratis untuk mengirimkan email-email yang tak diinginkan.

Di sisi lain, email domain dari provider terpercaya akan menurunkan risiko email marketing yang Anda kirimkan dianggap sebagai spam oleh email penerima.

Waktunya membuat email domain untuk bisnis Anda!

Sudah tidak zaman lagi bisnis yang kredibel dan terpercaya menggunakan akun email gratisan untuk berkomunikasi dengan klien, pelanggan, atau mitra kerja. Sekarang, membuat email domain yang sesuai dengan bisnis Anda merupakan keputusan yang bijak untuk dilakukan.

Dengan menggunakan custom email domain untuk berkomunikasi secara profesional, akan membantu bisnis Anda dalam urusan branding, memperoleh kepercayaan publik, dan meningkatkan kredibilitas. Memiliki email domain sendiri juga memberikan bisnis Anda kontrol penuh, keamanan yang maksimal, dan privasi yang lebih terjamin.

Berikan Komentar

Catra Wardhana