Rumahweb Blog
Apa Itu Airdrop Crypto adalah

Apa Itu Airdrop Crypto dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Popularitas crypto saat ini membuat semakin banyak orang penasaran dan ingin mendalami bidang investasi tersebut. Tidak sedikit juga yang mencari tahu cara untuk mendapatkan koin crypto, salah satunya adalah dengan cara airdrop crypto.

Airdrop crypto adalah cara paling mudah untuk mendapatkan keuntungan instan berupa koin crypto. Cara ini juga tidak memerlukan biaya yang besar. Di artikel kali ini, Rumahweb Indonesia sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai airdrop crypto. Simak, yuk!

Apa Itu Airdrop Crypto

Airdrop crypto adalah kegiatan promosi yang biasanya berbentuk pemberian aset crypto pada sebagian orang atau komunitas secara gratis. Biasanya airdrop crypto ini langsung ditransfer ke crypto-wallet peserta yang beruntung mendapatkannya. 

Meskipun umumnya dilakukan secara gratis, namun tidak sedikit juga perusahaan yang melakukan airdrop crypto dengan syarat tertentu kepada peserta. 

Promosi menggunakan airdrop crypto merupakan cara yang biasanya digunakan perusahaan ketika baru merilis koin crypto baru. Promosi ini memiliki tujuan utama meningkatkan brand awareness perusahaan mereka.

Selain itu, perusahaan juga biasanya berharap jika koin atau token crypto yang ditawarkan akan menarik perhatian para trader, atau bahkan investor.

Cara Kerja

Agar bisa mendapatkan koin crypto melalui airdrop crypto, Anda harus menyiapkan beberapa hal, seperti akun dan crypto-wallet untuk mempermudah transaksi.

Pastikan Anda sudah mengaktifkan akun crypto-wallet seperti Ethereum wallet atau MyEtherWallet. Selain itu, pastikan juga Anda sudah memiliki akun Telegram, Twitter, Facebook, dan email terlebih dulu. 

Tahap awal dari cara kerja airdrop crypto adalah diawali dengan perusahaan  yang akan memberikan koin atau token pada peserta terdaftar.

Biasanya, perusahaan akan meminta peserta untuk mengunggah konten ke media sosial sebagai salah satu syaratnya, agar tujuan peningkatan brand awareness dapat tercapai. Jika semua syarat terpenuhi, maka secara otomatis perusahaan akan memberikan peserta koin crypto yang dikirimkan langsung ke wallet masing-masing.

Baca juga artikel : Apa itu Metaverse? Pengertian dan Cara Kerjanya

Kelebihan dan Kekurangan Airdrop Crypto

Airdrop crypto memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan hanya dirasakan oleh para penerimanya. Kelebihan utama dari airdrop crypto adalah bisa memberikan nilai yang tinggi pada pemiliknya, jika digunakan oleh banyak orang juga.

Jadi, semakin banyak orang tertarik dan membeli koin crypto yang dipromosikan, maka nilai dan harganya juga akan semakin naik.

Sedangkan kekurangan dari airdrop crypto adalah rentan menjadi target pencurian data pribadi, yang nantinya berpotensi digunakan sebagai phising oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Karena airdrop crypto merupakan cara mendapatkan uang dengan cepat, hal ini sering disalahgunakan oleh beberapa pihak demi keuntungan pribadi mereka. Oleh karena itu, Anda tetap harus berhati-hati ketika mengikuti program airdrop crypto.

Cara Mendapatkan Airdrop Crypto

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan airdrop crypto? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkannya, salah satunya dengan bergabung ke grup atau komunitas online, seperti pada Facebook atau Telegram.

Selain bergabung ke komunitas online, terdapat cara lain yang juga bisa Anda coba, seperti berikut:

1. Bounty Airdrop

Bounty airdrop crypto adalah cara untuk mendapatkan koin crypto dengan melakukan retweet link, repost, atau membagikan unggahan dari perusahaan yang menggelar program airdrop crypto.

2. Standard Airdrop

Standard airdrop crypto adalah cara mendapatkan crypto dengan mendaftarkan email dan nama Anda pada form di website yang sudah disediakan.

3. Holder Airdrop

Holder airdrop crypto adalah cara mendapatkan koin crypto yang mewajibkan pesertanya untuk memiliki aset pada crypto-wallet mereka, dan memberikan Airdrop sesuai dengan jumlah aset yang dimiliki. 

4. Exclusive Airdrop

Exclusive airdrop crypto adalah cara membagikan koin crypto dengan melakukan giveaway secara acak dan eksklusif pada peserta. Biasanya, cara ini digunakan dengan melibatkan influencer.

Itu dia penjelasan mengenai airdrop crypto dari Rumahweb Indonesia. Perlu diingat, jika Anda ingin mengikuti program airdrop crypto, pastikan perusahaan yang menyelenggarakannya sudah kredibel, ya! Selamat mencoba.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents