Rumahweb Blog
banner blog - email domain untuk branding bisnis

Email Domain Untuk Branding Bisnis

Ketika bisnis Anda bertumbuh dan semakin membesar, dibutuhkan banyak saluran komunikasi yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan. Telefon, pesan singkat dan kini Whatsapp, adalah kanal komunikasi lapis pertama yang wajib hadir untuk terhubung dengan pelanggan. Jika bisnis Anda telah memiliki website, livechat adalah fitur yang bisa ditambahkan untuk mempermudah pelanggan menghubungi Anda secara realtime.

Dari semua saluran komunikasi yang sudah tersedia, ada satu yang mungkin masih dianggap kurang penting oleh banyak pebisnis : email domain. Padahal, dibanding saluran yang lain, email domain memiliki peran yang sangat strategis untuk branding bisnis. Pada artikel kali ini, Rumahweb Indonesia ingin membahas seputar peran vital email domain untuk branding bisnis.

1. Kapabilitas Yang Besar

Masa kejayaan pesan singkat (SMS) telah berakhir. Secara de facto, Whatsapp kini telah mengambil alih peran SMS sebagai media untuk mengirimkan pesan tertulis secara singkat dan realtime.

Namun, selaiknya SMS, Whatsapp memiliki keterbatasan, terutama jika Anda berniat mengirimkan pesan dalam ukuran teks yang besar, dengan lampiran dokumen tambahan. Ya, Whatsapp memang menawarkan fitur kirim dokumen. Akan tetapi pengiriman pesan tertulis yang rapi, lengkap dan komprehensif hanya bisa dilakukan melalui Email.

2. Pengganti Surat Pos

Sesuai namanya, electronic mail (kemudian disingkat e-mail), pada awalnya dirancang untuk memiliki peran sebagai pengganti surat pos. Dengan email, orang bisa mengirimkan pesan tertulis secara cepat dan murah. Anda tidak perlu repot-repot membeli kertas, amplop dan perangko. Dengan email, surat bisa Anda kirim kapan pun, dan akan sampai saat itu juga ke penerimanya.

Setelah hadir aplikasi messenger seperti Whatsapp, peran email sebagai pengganti surat pos tetap tak tergantikan. Korespondensi formal dengan kolega, rekan bisnis, partner, dan pelanggan korporat, dilakukan melalui email.

3. Branding Bisnis

Sebagai permulaan, Anda mungkin merasa cukup memakai layanan email dari gmail, yahoo atau hotmail. Secara teknis Anda benar, karena pada prinsipnya semua layanan email itu memiliki fungsi yang kurang lebih sama.

Namun, seiring berjalannya waktu dan bisnis Anda semakin berkembang, email dengan alamat gmail, yahoo atau hotmail, tidak lagi cukup mengakomodasi kepentingan bisnis Anda, terutama dari suduh pandang marketing.

Orang-orang mungkin akan berspekulasi, apakah bisnis Anda memang belum cukup bonafid sehingga masih mempergunakan layanan email gratis, atau Anda belum memiliki tim IT yang mumpuni. Oleh karenanya, ketika bisnis Anda sudah semakin besar, sangat penting untuk memiliki email domain untuk branding bisnis Anda.

Email domain adalah representasi dari profesionalitas dalam bisnis yang Anda tekuni. Dengan memiliki email domain, para kolega, partner dan pelanggan akan semakin menaruh kepercayaan yang tinggi dan citra bisnis Anda akan semakin terkerek tinggi.

4. Layanan Email Enterprise

Apabila Anda tertarik untuk membuat email domain, Rumahweb Indonesia memiliki produk unggulan email, yaitu Google Suite, Alibaba Mail dan FlockMail. Produk-produk tersebut menawarkan layanan email dengan nama domain sendiri yang mampu memenuhi kebutuhan transaksi email kelas enterprise. Untuk alternatif yang lebih ekonomis, Anda juga bisa membuat email domain, dengan memanfaatkan fitur webmail dari layanan hosting Rumahweb.

Demikian artikel kami tentang email domain untuk branding bisnis. Semoga bisa menambah pengetahuan dan memperluas cakrawala Anda untuk membawa bisnis Anda ke jenjang yang lebih tinggi. Salam sukses selalu.

Berikan Komentar

Alwan Rosyidi