Rumahweb Blog
Apa Itu Testimoni adalah

Apa Itu Testimoni? Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Jika Anda pernah melakukan transaksi jual beli tentu tidak asing lagi dengan istilah testimoni. Singkatnya, testimoni adalah bentuk kesaksian atau pernyataan dari konsumen yang merasa puas atau kecewa atas produk maupun layanan yang digunakan.

Testimoni adalah aspek penting penting dalam suatu bisnis, karena dapat memengaruhi keputusan calon pelanggan dalam menggunakan suatu produk.

Meski testimoni adalah istilah sudah sering digunakan, namun nyatanya masih banyak yang belum memahami arti sebenarnya dari testimoni serta apa saja fungsinya. Kali ini, Rumahweb Indonesia sudah merangkum informasinya untuk Anda. Mari disimak!

Pengertian Testimoni

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, testimoni adalah bentuk pernyataan, pendapat, maupun kesaksian konsumen atas pengalamannya dalam menggunakan produk maupun jasa tertentu.

Testimoni juga bisa berupa pernyataan konsumen atas pengalaman bertransaksi dengan penjual, entah merasa puas atau kecewa dengan pelayanan penjual tersebut.

Testimoni seringkali disamakan dengan review. Biasanya, testimoni ini kerap ditemukan di kolom komentar media sosial suatu brand, atau di toko-toko online di e-commerce. Testimoni juga sering disertai dengan rating yang ditandai dengan logo bintang.

Bila konsumen puas dengan produk yang dibeli, mereka bisa memberi bintang 4 atau 5. Sebaliknya, jika tidak puas atau kurang puas, mereka akan memberi bintang 1 hingga 3 pada toko atau barang yang dibeli.

Contoh testimoni adalah ketika Anda membeli pakaian di website sebuah brand fashion, lalu selama melakukan transaksi, komunikasi, pembayaran, hingga barang tiba di tempat tujuan. Dalam prosesnya, ternyata Anda sangat puas dengan kinerja brand tersebut.

Tidak hanya itu, ternyata setelah digunakan, Anda juga merasa puas dengan kualitas pakaian yang baik dan nyaman. Hal ini mendorong Anda untuk membagikan pengalaman tersebut kepada penjual dan orang lain. Pesan atau pernyataan yang Anda bagikan lah yang disebut sebagai testimoni.

Dapat disimpulkan bahwa testimoni adalah suatu pernyataan yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Hal ini membuat testimoni menjadi penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis dan berpengaruh besar pada bidang pemasaran.

Fungsi Testimoni

Tidak hanya menjadi pernyataan kepuasan pelanggan semata, testimoni juga memiliki berbagai fungsi penting dalam menunjang bisnis dan pemasaran Anda.

Meningkatkan Rasa Percaya Konsumen Baru

Fungsi pertama dari testimoni adalah membantu meningkatkan kepercayaan konsumen baru terhadap produk atau layanan sebuah brand. Testimoni yang berasal pelanggan lama biasanya dapat memengaruhi emosi dan pikiran pelanggan baru/calon pelanggan.

Testimoni positif dapat membuat calon pelanggan semakin percaya dan yakin untuk membeli. Sebaliknya, testimoni negatif dapat membuat calon pelanggan mengurungkan niatnya untuk membeli produk Anda  dan memilih brand lain yang memiliki testimoni positif.

Media Promosi Gratis

Manfaat kedua dari testimoni adalah sebagai media promosi gratis. Gratis, karena pebisnis tidak perlu mengeluarkan budget khusus untuk pemasaran. 

Testimoni dari mulut ke mulut biasanya justru dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif, karena bisa tersebar dengan cepat dan luas, serta dapat membantu meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Bahan Materi Iklan

Selain sebagai media promosi gratis, manfaat lain dari testimoni adalah untuk bahan materi iklan, yang dapat menarik minat calon pembeli.

Testimoni positif berupa pesan, story Instagram, maupun email dari pelanggan, dapat di-screenshot dan diunggah ke media sosial agar calon konsumen semakin percaya dan tertarik untuk membeli.

Bahan Evaluasi

Mendapatkan testimoni negatif bukan berarti tidak ada keuntungan yang bisa didapatkan. Fungsi selanjutnya dari testimoni adalah untuk digunakan sebagai bahan evaluasi perusahaan agar semakin berkembang. 

Testimoni negatif berupa kritik dan saran yang diberikan pelanggan kepada suatu brand, misalnya mengenai kemasan, kualitas produk, bahkan hingga proses pengiriman, dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan sebuah bisnis agar dapat lebih berkembang lagi.

Bentuk Apresiasi Terhadap Konsumen

Manfaat terakhir dari testimoni adalah dapat digunakan sebagai cara mengapresiasi pelanggan. Pelanggan yang telah memberikan testimoni kepada suatu brand,biasanya akan merasa dihargai, jika testimoninya digunakan sebagai media promosi atau ditampilkan di media sosial resmi brand tersebut.

Pelanggan yang merasa dihargai, kemungkinan besar akan menjadi pelanggan setia yang akan melakukan pembelian secara berulang.

Cara Membuat Testimoni di WordPress

Bagi Anda adalah pebisnis yang sudah memiliki website bisnis berbasis WordPress, maka Anda dapat membuat halaman testimoni dengan cukup praktis. Halaman ini dapat memuat beragam testimoni dari pelanggan, yang dapat berpotensi membuat calon pelanggan baru semakin yakin dalam membeli produk Anda.

Untuk dapat membuat halaman testimoni dengan mudah di WordPress, Anda dapat menggunakan bantuan Plugin, seperti ElementsKit. Simak panduan lengkap pembuatan halaman testimoni menggunakan ElementsKit pada jurnal berikut: Cara Membuat Testimoni di WordPress

Demikian ulasan lengkap mengenai testimoni dari Rumahweb Indonesia. Semoga membantu, ya!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents