Rumahweb Blog
Cara Meningkatkan User Engagement Pada Website

Cara Meningkatkan User Engagement Pada Website

User engagement merupakan aspek penting bagi web design dan online marketing, yang dipakai untuk mengukur keberhasilan performa dan ROI dari setiap website.

Engagement tak diartikan hanya sekedar menarik user untuk mampir saja, melainkan juga bagaimana membuat mereka bertahan di website Anda. Meningkatkan engagement user dapat secara langsung mempengaruhi bisnis Anda, dan bila dilakukan dengan benar, akan membantu mempercepat pertumbuhan bisnis.

Meningkatkan engagement pada dasarnya bisa diraih dengan memberikan user experience (UX) yang terbaik. Tahukah Anda, bahwa:

  • User interface yang didesain dengan baik mampu meningkatkan conversion rate website hingga 200%, dan desain UX yang bagus juga mampu mendongkrak conversion rate hingga 400%
  • 70% bisnis yang gagal, disebabkan oleh penerapan usability yang buruk di platform website mereka.

Mengidentifikasi dan menentukan berbagai elemen yang mampu memicu user untuk banyak berinteraksi dengan website Anda amat penting dilakukan sebagai salah satu penentu kesuksesan. Fokuslah pada komponen-komponen yang membuat website Anda tak hanya atraktif, tapi juga interaktif dan user-friendly.

Berikut ini adalah beberapa elemen yang mampu meningkatkan engagement di website Anda:

Calls-to-Action

Calls-to-action atau CTA adalah istilah yang digunakan ketika user melakukan aksi atau tindakan tertentu di website Anda. Tindakan yang dimaksud bisa beragam, mulai dari mengklik tombol dan link, mengatur subscription, menekan tombol social sharing, menulis atau membaca kolom komentar, hingga mengisi form.

image 1 - Elemen Website untuk Meningkatkan Engagement

Keberadaan CTA punya kekuatan untuk meng-convert pengunjung website secara langsung. Conversion rate dapat dengan mudah naik ketika CTA dibuat menarik dan diletakkan di posisi yang tepat.

Form dan Survey

Form merupakan salah satu cara yang fundamental untuk memperoleh feedback dari pengunjung website, mengumpulkan informasi tentang mereka, dan mempengaruhi mereka untuk engage dengan website Anda.

image 2 - Elemen Website untuk Meningkatkan Engagement

Selain form, Anda juga bisa memanfaatkan format survei singkat yang berisi dua hingga tiga pertanyaan. Pastikan untuk memposisikan form dan kolom survey di tempat yang tepat.

Testimoni

Ketika Anda menginginkan pengunjung website untuk membeli produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan, maka testimoni dari konsumen Anda merupakan salah satu konten yang wajib ditampilkan. Ini merupakan salah satu cara untuk membangun kepercayaan pada calon pelanggan baru.

image 3 - Elemen Website untuk Meningkatkan Engagement

Maka dari itu, testimoni harus ditempatkan sedemikian rupa agar mudah terlihat dengan jelas dan berdekatan dengan CTA di halaman utama.

Gunakan Landing Page untuk Campaign

Saat Anda tengah menjalankan sebuah campaign di luar website utama, usahakan agar semua traffic diarahkan ke landing page yang secara khusus dibuat untuk campaign yang berbeda-beda. Cara ini akan membuat proses komunikasi ke audiens berjalan konsisten dan tentu saja pada akhirnya akan meningkatkan conversion.

Landing page yang Anda buat adalah tool yang digunakan untuk meyakinkan user agar datang ke situs Anda, dan harapannya berubah menjadi konsumen.

image 4 - Elemen Website untuk Meningkatkan Engagement

Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan landing page:

  • Fokus pada satu CTA — Setiap landing page seharusnya hanya mempromosikan satu tipe aksi saja. Anda bisa saja menyediakan banyak tombol di satu halaman dengan copy yang berbeda untuk tiap tombol, tapi pastikan kalau semuanya convert dengan cara yang sama. Posisi tombol CTA dan konten di sekitarnya juga sangat mempengaruhi conversion rate.
  • Perhatikan panjang konten dalam landing page — Uji coba terlebih dulu untuk mengetahui apakah konten yang lebih pendek atau panjang yang mampu convert user secara lebih efektif.
  • Personalisasi — Jangan sampai menyesatkan pengunjung yang mengklik landing page Anda secara sengaja. Pengunjung mampir ke page Anda dengan tujuan yang sudah jelas, maka dari itu Anda harus membuat tiap landing page berbeda-beda sesuai dengan tujuannya masing-masing.

Pop-up

Pop-up berpotensi memberikan hasil yang baik dalam memprospek calon pelanggan. Kendati sering kali tak dihiraukan dan langsung ditutup oleh user, pop-up yang dipresentasikan secara efektif akan mudah diingat oleh pengunjung.

Jika Anda ingin menambah prospek dengan menggunakan pop-up, Anda perlu memastikan bahwa pop-up yang Anda tidak terlalu mengganggu dan menyela kegiatan berselancar. Pastikan juga bahwa penempatan pop-up tidak mengganggu performa website.

Live Chat

Merupakan fitur yang kian marak digunakan, karena live chat dianggap menjadi salah satu kanal terbaik untuk berhubungan langsung dengan pelanggan (dan calon pelanggan). Keberadaan live chat juga menunjukkan bahwa bisnis yang Anda jalankan memiliki tim support yang kuat dan peduli terhadap pelanggannya.

Untuk memastikan live chat efektif mendatangkan pelanggan prospektif, pertimbangkanlah tiga hal ini:

  • Penempatan — Posisikan jendela live chat di tempat yang tidak akan mengusik pengalaman menjelajah pengunjung website. Buat fitur live chat yang bisa diaktifkan ketika user membutuhkannya, dan berikan mereka pilihan untuk hide atau minimize.
  • Aksesibilitas — Buka 24 jam selama 7 hari. Jangan tergoda untuk memakai penjawab otomatis. Sebisa mungkin, pekerjakan staf khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk melalui live chat secara cepat, agar pengunjung tak perlu menunggu lama untuk mendapat jawaban yang mereka cari.
  • Relevansi dengan konten utama — Contohnya, jika pengunjung menjelajahi page service website Anda, kemungkinan mereka memerlukan informasi tambahan¬† tentang jasa-jasa yang ditawarkan. Bersiaplah untuk menjawab berbagai pertanyaan, lengkap dengan tawaran solusi yang berkaitan dengan jasa Anda. Bila dilakukan dengan benar, kemungkinan besar pengunjung tersebut akan langsung berubah menjadi pelanggan.

Mengoptimalisasi website bisnis Anda untuk meningkatkan user engagement bukanlah pekerjaan mudah. Anda perlu terus-menerus bereksperimen dengan berbagai cara untuk engage dengan user, dan menganalisa data tentang user behavior.

Memilih untuk menggunakan elemen website yang tepat adalah kunci untuk memberikan UX yang mudah digunakan. Membangun website dengan menggunakan layanan domain dan hosting murah di Rumahweb, Anda punya pilihan untuk menambahkan fitur-fitur yang disebut di atas dengan sangat mudah. Dengan demikian, harapannya akan mampu mendatangkan pelanggan baru untuk bisnis Anda.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana