Rumahweb Blog
banner - Support System Artinya adalah

Arti Support System beserta Contoh Nyatanya

Jika diterjemahkan langsung, support system artinya sistem dukungan. Support system adalah istilah untuk menunjukkan orang yang memberi dukungan penuh pada seseorang. Kehadiran support system dipercaya memberi banyak manfaat bagi kehidupan seseorang.

Penasaran apa pengertian hingga manfaat support system? Dalam artikel ini, Rumahweb Indonesia akan mengulas tentang support system artinya apa, manfaat, hingga contoh support system. Simak, ya!

Arti Support System

Istilah support system semakin dikenal luas karena penggunaannya yang juga semakin umum. Support system artinya orang yang siap membantu dan mendukung Anda dalam keadaan apapun, termasuk ketika sedang kesusahan.

Banyak juga yang sering menyebut support system artinya orang yang siap menampung keluh kesah, sekaligus mendukung Anda dalam segala kondisi. Support system dapat datang dari keluarga, pasangan, sahabat, atau orang terdekat lain. Intinya, support system artinya siapa saja yang siap memberikan dukungan moril maupun materiil kepada Anda.

Dennis W. Rook, profesor pemasaran klinis di Amerika, berpendapat bahwa support system adalah bagian dari fungsi ikatan sosial yang menggambarkan kualitas hubungan antara individu, pertemanan, persahabatan, maupun percintaan.

Dari pernyataan tersebut, bisa disimpulkan bahwa support system artinya aspek yang bisa memberikan kepuasan emosional dalam kehidupan manusia.

BACA JUGA : Cara Membeli Nama Domain di Rumahweb Indonesia

Manfaat Support System

Lalu, apakah manfaat satu-satunya dari support system hanya memberi kepuasan emosional? Support system bisa dikatakan sebagai privilege bagi seseorang. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan memiliki support system. Apa saja?

1. Menghadapi Masa Sulit

Manfaat utama dari support system adalah membantu Anda menghadapi masalah. Misalnya, ketika tertimpa musibah, support system dapat memberikan dukungan berupa material maupun non material.

Support system yang baik juga tidak akan meninggalkan atau melupakan Anda, bahkan dalam kesulitan sekalipun.

2. Mengurangi Stress

Tidak sedikit orang merasa stress ketika sedang menghadapi suatu masalah. Di momen inilah peran kedua support system dibutuhkan. Support system dapat membantu meringankan beban masalah atau stress yang dirasakan.

Misalnya, ketika Anda memiliki beban pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, Anda bisa meminta bantuan pasangan untuk mengurus kebutuhan rumah dan anak.

3. Memberi Motivasi

Support system juga dapat menjadi sumber motivasi ketika Anda sedang tidak bersemangat. Bentuk dukungan dari support system tidak hanya selalu berupa materi. Nasihat dan doa yang tulus juga termasuk bentuk dukungan dari orang-orang terkasih Anda.

4. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Dari ketiga manfaat di atas, sebenarnya bisa disimpulkan bahwa support system juga bisa membantu menjaga kesehatan mental dan fisik seseorang.

Hal ini karena Anda memiliki tempat berbagi dan berkeluh kesah ketika masalah datang. Support system juga dapat diandalkan sebagai ‘back up’ ketika Anda membutuhkan bantuan.

5. Meningkatkan Kualitas Karir

Manfaat terakhir dari support system yang mungkin jarang disadari adalah mereka juga mampu mendongkrak karir Anda.

Support system memang tak hanya datang dari keluarga atau pasangan. Support system juga bisa berasal dari kantor, misalnya rekan kerja atau bos. Sebagai support system, mereka siap mendukung dan membimbing tiap langkah dalam karir Anda.

BACA JUGA : Apa itu Kolektif? Arti, Manfaat, Jenis, hingga Contohnya

Contoh Support System

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, support system tidak hanya berasal dari keluarga dan pasangan. Anda bisa mendapatkan dukungan support system dari mana saja. Simak contohnya berikut!

1. Keluarga

Support system pertama yang dimiliki seseorang biasanya berasal dari anggota keluarga. Contoh support system dalam keluarga yakni orang tua, saudara kandung, nenek/kakek, sepupu, kakak/adik ipar, atau anggota keluarga lainnya.

2. Pertemanan

Selain keluarga, support system juga dapat berasal dari lingkaran pertemanan. Mulai dari pertemanan masa kecil, remaja, atau teman dan sahabat yang berasal dari sekolah atau lingkungan rumah yang sama.

3. Pasangan

Ketika beranjak dewasa, pasangan juga menjadi support system yang dapat diandalkan. Hampir semua orang merasa nyaman berbagi cerita dan keluh kesah dengan pasangannya. Keterbukaan ini terbukti dapat menciptakan hubungan yang positif dan meningkatkan semangat hidup.

4. Pekerjaan

Lingkungan pekerjaan juga bisa menjadi support system yang baik. Apalagi jika lingkaran pertemanan antar pekerjanya tidak saling menjatuhkan, melainkan saling mendukung dan membantu satu sama lain.

BACA JUGA : Script HTML Bucin Terbaik 2023

Selain meminimalisasi risiko burn out saat bekerja, support system di lingkungan kerja dapat membuat seseorang merasa lebih betah dan semangat bekerja.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa support system artinya orang-orang yang selalu siap mendukung Anda di segala kondisi. Demikian penjelasan mengenai support system. Apakah Anda sudah memiliki support system terbaik dalam hidup?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents