Rumahweb Blog
Banner Artikel - Apa itu Dedicated Server adalah

Apa itu Dedicated Server dan Perbedaannya dengan VPS

VPS dan dedicated server adalah dua jenis server yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola situs web, aplikasi, dan data di internet dengan sumber daya besar. Kedua jenis server ini biasa digunakan untuk website dengan tingkat kunjungan yang tinggi ataupun website yang membutuhkan sumber daya yang besar.

Sederhananya, Dedicated server adalah server fisik yang dapat dikonfigurasi dan dikelola sesuai kebutuhan user. Sedangkan VPS adalah sebuah server virtual yang dibagi menjadi beberapa lingkungan server virtual yang terisolasi satu sama lain.

Meskipun pengguna VPS berbagi server dengan pengguna lain, setiap lingkungan VPS diisolasi secara virtual sehingga pengguna dapat mengkonfigurasi dan mengelola lingkungan mereka sendiri, seolah-olah mereka memiliki server sendiri.

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan mengenai apa itu shared hosting, dan apa itu VPS. Di artikel ini, kami akan menjelaskan lebih detail tentang apa itu Dedicated Server, serta perbedaan antara VPS dengan Dedicated Server secara mendasar. Mari simak penjelasan selengkapnya.  

Apa itu Dedicated Server

Dedicated server adalah server fisik yang disewakan pada pelanggan dengan RAM dan CPU serta spesifikasi nyata, tanpa dibagikan dengan pengguna yang lain. 

Dedicated server sering digunakan untuk keperluan website yang memiliki kebutuhan sumber daya yang besar, seperti website e-commerce, market place, website perusahaan, juga website pemerintah. 

Sebelum memutuskan berlangganan dedicated server, pastikan Anda memiliki pengalaman mengelola server, setidaknya server VPS, karena server ini bersifat unmanage. Dengan kata lain, pengelolaan sepenuhnya dilakukan oleh pelanggan sendiri.

Dedicated server mungkin akan kurang cocok digunakan oleh pemula, ataupun website berskala kecil. Jika website Anda belum terlalu membutuhkan sumber daya yang besar, cukup menggunakan layanan shared hosting

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Setelah memahami tentang apa itu Dedicated Server, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dedicated server. Berikut ini penjelasannya:

Kelebihan Dedicated Server

Kelebihan dedicated server adalah sebagai berikut.

  1. Dedicated Resource 

Dengan dedicated server, Anda akan mendapat dedicated resource, alias Anda tidak perlu berbagi server dengan pengguna lain. Jadi, Anda akan mendapat resource atau sumber daya yang sesuai dengan spesifikasi server yang Anda sewa. 

  1. Mendapatkan Akses Penuh

Anda akan diberi akses root untuk pengelolaan server. Dengan demikian, Anda dapat bebas mengatur server yang Anda sewa, mulai dari menggunakan OS apa,  membuat konfigurasi seperti apa, semua dapat diatur sendiri! 

  1. Jaminan Kerusakan Hardware 

Jika sewaktu-waktu hardware server Anda mengalami kerusakan, Anda tidak perlu repot membeli hardware yang baru, karena penyedia layanan memberikan jaminan kerusakan. Jadi, semua error atau kerusakan hardware akan menjadi tanggung jawab penyedia layanan. 

  1. Privacy dan Keamanan Lebih Terjamin

Privacy akan lebih terjamin karena Anda tidak akan berbagi IP dengan pelanggan atau pengguna lain. Anda akan mendapatkan IP unik untuk mengelola layanan dedicated server yang Anda gunakan.

Keamanan juga akan lebih terjamin, karena Anda tidak akan mendapat gangguan dari server pelanggan lain, yang mungkin sedang terkena serangan malware.

Kekurangan Dedicated Server

Ada kelebihan tentu ada juga kekurangan. Beberapa kekurangan dedicated server adalah sebagai berikut:

  1. Biaya Mahal

Tentu saja layanan dedicated server memiliki biaya yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan VPS atau shared hosting. Hal ini karena pada layanan Dedicated Server, Anda akan mendapatkan sumber daya sesuai dengan server fisik yang Anda sewa.

Berbeda dengan VPS yang menggunakan sumber daya virtual, sehingga masih ada kemungkinan sebagian sumber daya digunakan oleh pengguna lain. Apalagi layanan shared hosting di mana jelas Anda harus berbagi sumber daya dengan pelanggan lain.

  1. Memerlukan Keahlian Mengelola Server

Memilih berlangganan dedicated server artinya Anda sudah siap mengelola server secara mandiri. Mulai dari setup server, install aplikasi, menangani load, hingga mendeteksi penyebab terjadinya error di server harus dilakukan secara mandiri oleh pengguna. Itu artinya, Anda perlu memiliki keahlian dalam mengelola server.   

  1. Server Perlu Dimatikan untuk Penambahan RAM atau Disk

Anda memang dapat menambahkan RAM atau Disk di dedicated server yang Anda sewa jika dibutuhkan. Namun, Anda perlu mematikan servernya terlebih dahulu untuk melakukan penambahan tersebut.

Saat server dimatikan, tentu akan menyebabkan website atau aplikasi tidak bisa diakses dalam rentang waktu tertentu.

Perbedaan Dedicated Server dengan VPS dan Shared Hosting

Jika Anda sudah membaca artikel dari Rumahweb mengenai apa itu VPS, apakah Anda sempat bertanya-tanya apa perbedaan keduanya? Singkatnya, VPS dan dedicated server adalah jenis server yang menyediakan sumber daya besar yang tidak dibagi lagi dengan pengguna lain layaknya shared hosting.

VPS dan dedicated server adalah jenis server yang menyediakan sumber daya besar. Namun perbedaan keduanya ada pada sumber daya yang digunakan.

VPS berasal dari satu dedicated server yang dibagi menjadi beberapa server VPS dengan bantuan software virtualization agar setiap server VPS bisa menggunakan OS dan konfigurasi masing-masing.

Kemudian, bagaimana dengan shared hosting? Shared hosting berasal dari  1 server VPS yang diinstall panel, seperti cPanel ataupun Plesk Panel, untuk selanjutnya dibuat akun-akun hosting di dalamnya.

Jadi urutan jenis server dari yang terbesar ke terkecil adalah dedicated server – VPS – shared hosting. Itulah mengapa shared hosting biayanya jauh lebih murah dibanding VPS, dan biaya VPS lebih murah dibanding Dedicated Server. 

Supaya lebih jelas, berikut tabel perbedaan dedicated server, VPS, dan shared hosting.

Dedicated ServerVPSShared Hosting
ResourceSesuai spesifikasi hardware.Virtual.Berbagi
dengan pengguna
VPS di  dedicated
server yang sama. 
Sharing.Bila pengguna lain
menggunakan sumber
daya berlebih, akun Anda
bisa terkena dampaknya.
HargaMahalCukup mahalLebih murah
Cara MengelolaMembutuhkan skill
pengelolaan server
Membutuhkan skill
pengelolaan server
Mudah digunakan
Pembagian akun1 server fisik untuk
1 akun dedicated server.
1 dedicated server
untuk beberapa
akun VPS.
1 server VPS untuk
puluhan hingga
ratusan akun hosting. 
Tabel perbedaan dedicated server, vps dan shared hosting

Kesimpulan

Dedicated server adalah server fisik yang disewakan pada seorang pelanggan, dengan RAM dan CPU serta spesifikasi nyata, tanpa dibagikan dengan pengguna yang lain.

Dedicated server adalah jenis server yang disewa untuk pelanggan yang membutuhkan sumber daya besar. Saat Anda memilih berlangganan dedicated server, artinya Anda perlu menyiapkan dana yang besar dan memiliki keahlian dalam mengelola server.

Itulah penjelasan kami tentang apa itu dedicated server, dan perbedaannya dengan VPS ataupun shared hosting. Semoga ulasan dari Rumahweb ini dapat membantu Anda mengetahui jenis-jenis server, sehingga dapat memesan sesuai kebutuhan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Anggit Puguh