Rumahweb Blog
banner artikel - Cara Masuk ke Metaverse Step by Step

Cara Masuk ke Metaverse Step by Step

Istilah metaverse yang dipopulerkan oleh CEO Facebook digadang-gadang akan menjadi dunia virtual masa depan. Banyak orang mulai mencari tahu cara masuk ke metaverse, untuk merasakan kecanggihan teknologi yang masih dalam proses pengembangan ini.

Meski statusnya belum benar-benar resmi diluncurkan, metaverse berhasil membuat banyak orang penasaran bagaimana cara masuk ke metaverse. Lalu, apa definisi singkat dari metaverse? Metaverse adalah dunia virtual 3D yang berisi avatar para penggunanya.

Ke depannya, pengguna bisa melakukan banyak hal layaknya di dunia nyata, mulai dari membeli tanah, berbisnis, bekerja, hingga berinteraksi dengan sesama pengguna lain.

Jika merujuk pada definisinya, metaverse bukanlah sesuatu yang benar-benar baru. Dunia virtual semacam ini dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai game online.

Namun yang membuat metaverse lebih menarik, salah satunya adalah karena teknologi ini memanfaatkan kecanggihan VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) untuk memberikan pengalaman senyata mungkin bagi penggunanya.

Tidak hanya itu saja. Pengguna juga bisa melakukan transaksi jual-beli, terdapat sistem ekonomi berputar, dan transaksi dilakukan menggunakan maka uang kripto dan Non-Fungible Token (NFT).

Lalu, bagaimana cara masuk ke metaverse? Apakah caranya cukup mudah dilakukan? Simak artikel selengkapnya dari Rumahweb Indonesia berikut ini!

Cara Masuk ke Metaverse

Beberapa orang mengatakan bahwa cara masuk ke metaverse cukup sederhana. Buang pola pikir bahwa Anda membutuhkan berbagai perlengkapan mahal. Sebab, masuk ke metaverse juga bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Berikut ini persiapan yang harus dilakukan sebelum mengetahui cara masuk ke metaverse step by step:

  1. Siapkan perlengkapan yang mendukung, seperti HP, laptop, atau PC, serta internet dengan kecepatan tinggi. Cara masuk ke metaverse akan lebih mudah dengan koneksi internet yang mendukung.
  2. Pilih platform yang ingin Anda gunakan untuk memasuki metaverse. Beberapa platform yang bisa dicoba akan dijelaskan lebih lanjut di bawah.
  3. Gunakan perangkat tambahan untuk merasakan sensasi senyata mungkin, misalnya headphone atau kacamata AR dan VR.

Pada dasarnya ada beberapa platform yang bisa dipilih untuk memasuki metaverse. Berikut beberapa platform populer yang bisa menjadi cara masuk ke metaverse:

Decentraland

Decentraland memungkinkan Anda membuat avatar untuk merepresentasikan diri di metaverse. Konsepnya hampir mirip dengan game populer The Sims, di mana penggunanya menciptakan avatar sesuai preferensi, mulai dari memilih bentuk wajah, warna rambut, hingga tampilan fashion-nya.

Di Decentraland, pengguna juga bisa melakukan hal yang sama sebagai cara masuk ke metaverse. Sebelum memutuskan membuat avatar di Decentraland, pengguna harus menyediakan akses lengkap menuju ke sana dengan mengunduh dan terhubung ke browser ekstensi metamask.

Setelah terhubung, pengguna dapat menavigasi metaverse di Decentraland dan melihat perkembangan yang ada di dunia tersebut. Semakin banyak orang mendaftar dan membuat avatar di sana, semakin banyak pula  populasi dan ragam aktivitas yang dapat dilakukan.

Berikut ini tahapan yang perlu Anda lakukan untuk bisa masuk ke Decentraland. Namun sebelum itu, Anda perlu menginstal metamask di Chrome.

  • Pertama, buka Chrome terlebih dahulu.
  • Klik 3 titik di pojok kanan atas.
  • Pilih More Tools > Extensions.
  • Klik ikon garis tiga di bagian kanan atas > pilih opsi Open Chrome Web Store > cari toko MetaMask.
  • Pilih MetaMask dengan logo kepala rubah oranye.
metamask extension - Cara masuk Metaverse Step by Step
  • Klik Add to Chrome.
cara install metamask di chrome
  • Anda perlu mengatur dompet dan membuat akun Ethereum. Klik ekstensi jika belum dibuka, lalu ikuti instruksi selanjutnya.

Setelah berhasil menginstal ekstensi Metamask di Chrome, langkah selanjutnya adalah membuat akun di Decentraland.

  • Buka situs https://decentraland.org/.
  • Klik Start Exploring pada bagian kanan atas.
Tampilan website Decentraland
  • Anda dapat memilih untuk menjelajah dalam mode Guest atau dengan login ke akun dompet kripto. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik, disarankan Anda login dengan dompet kripto terlebih dahulu.
Registrasi di Decentraland
  • Jika belum memiliki Akun, Anda akan diarahkan untuk membuat paspor dan mendesain avatar. Jangan lupa sambungkan dompet kripto Metamask untuk digunakan sebagai ID paspor di Decentraland.
  • Setelah memiliki dompet Metamask, klik tombol Jelajah Dunia di halaman Decentraland.

Sampai tahap ini, Anda sudah berhasil memasuki dunia virtual metaverse. Sebelum mulai menjelajah, Anda dapat menyimak berbagai panduan untuk mempelajari keterampilan dasar seperti berjalan, melompat, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel : Apa Itu Metaverse Coin dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

The Sandbox

The Sandbox menjadi cara masuk ke metaverse paling populer selanjutnya. Dalam platform ini, pengguna dapat membuat, membangun, dan memonetisasi dunia virtual mereka. Salah satu fitur yang paling banyak diminati adalah membeli tanah di The Sandbox, yang menjadi cara “instan” masuk ke metaverse.

Hal ini karena begitu Anda membeli tanah di sana, otomatis Anda akan dapat mengakses metaverse. Beberapa brand besar sudah mulai membeli tanah untuk menciptakan dunia virtual mereka, contohnya Adidas yang mulai menciptakan metaversenya yaitu Adi-verse.

Di The Sandbox, Anda juga bisa mendapatkan hadiah, sampai berkesempatan membuat game demo secara gratis, serta menyediakan tutorial. Namun sebelum itu, tentu Anda harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu di The Sandbox. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs resmi The Sandbox di https://www.sandbox.game/en/.
  • Klik tombol Sign Up, lalu buat akun seperti biasa. Anda juga bisa masuk dengan menggunakan akun Google, Facebook, atau dompet kripto.
  • Hubungkan dompet kripto Anda dengan akun The Sandbox.
  • Akun pun sudah berhasil dibuat.

Itulah penjelasan tentang cara masuk ke metaverse paling mudah dari Rumahweb Indonesia. Perlu diketahui bahwa sampai saat ini, metaverse masih dalam tahap development atau pengembangan. Oleh karena itu, Anda masih harus menunggu hingga metaverse benar-benar siap untuk digunakan.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.5 / 5. Vote count: 4

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents