Rumahweb Blog
banner blog - Apa Itu Web Browser adalah - Pengertian dan Contohnya

Apa itu Web Browser? Pengertian dan Contohnya

Web browser adalah istilah yang tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat. Hal ini karena internet sebagai penyedia layanan tersebut sudah banyak digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat.

Secara singkat, web browser adalah mesin pencari sumber informasi. Hanya dengan memasukkan keyword tertentu, maka Anda dapat menemukan berbagai informasi atau konten yang berhubungan dengan keyword tersebut.

Pengertian Web Browser

Secara bahasa, web browser berasal dari kata website dan browser. Website merupakan sekumpulan halaman dalam alamat domain tertentu, berisi informasi, mulai dari teks, foto, gambar, video, audiovisual, atau gabungan di antaranya. Sedangkan browser adalah program atau aplikasi yang berfungsi sebagai penjelajah.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa istilah web browser merujuk pada aplikasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengambil, menyediakan, atau menjelajahi berbagai informasi yang ada dalam jaringan internet.

Dalam perkembangannya, mulai banyak jenis web browser yang beredar. Beberapa jenis web browser yang populer misalnya, Google Chrome, Mozilla, atau Opera. Tapi, sebenarnya ada banyak web browser lain yang bisa Anda gunakan, baik di HP maupun PC.

Contoh Web Browser terbaik di HP

Ada berbagai jenis web browser yang bisa Anda gunakan di ponsel. Berikut Rumahweb rangkumkan 5 contoh web browser terbaik yang dapat Anda coba!

1. UC Browser

Contoh pertama web browser adalah UC Browser. Browser ini mungkin masih jarang diketahui oleh sebagian orang.

Meskipun demikian, UC Browser layak dicoba karena dapat mengecilkan data browsing yang akan membuat penggunanya menjadi lebih hemat data. Selain itu, UC Browser juga mampu mengelola data yang didownload dengan baik.

Meskipun demikian, UC Browser juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan UC browser yang paling menonjol adalah dari segi desain, yang sedikit kurang menarik.

2. Yandex Browser

Apakah Anda pernah mendengar web browser satu ini? Yandex Browser adalah mesin pencari buatan negara Rusia. Memiliki desain simpel dan minimalis, browser ini dapat membuat pengguna lebih fokus saat berselancar di dunia maya.

Kelebihan Yandex Browser adalah mudah digunakan, serta dapat membuat halaman website lebih cepat diakses meski koneksinya rendah, karena browser ini memiliki modus turbo yang akan menyala secara otomatis jika kecepatan internet penggunanya turun.

Akibatnya, laman website yang ingin dituju akan terbuka lebih cepat, sehingga dapat menghemat waktu dan memperlancar “lalu lintas” berselancar.

3. Opera Browser

Opera Browser adalah mesin pencari yang cukup populer di Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena Opera Browser memiliki opsi bahasa Indonesia sehingga memudahkan pengguna yang tidak familiar dengan bahasa Inggris. Selain itu, Opera Browser memiliki kecepatan render dan loading yang relatif cepat.

Meskipun memiliki kelebihan tersebut, Opera Browser juga memiliki kekurangan, yaitu pengguna yang tidak dapat melihat page info dan harus melakukan download gambar satu per satu.

4. Azka Browser

Azka Browser adalah mesin pencari yang dikenal bebas lelet dan anti block. Browser ini memungkinkan pengguna untuk berselancar dengan bebas di internet. Azka Browser seringkali menjadi pilihan bagi mereka yang ingin membuka situs yang telah diblokir oleh pemerintah.

Browser ini dapat menjadi opsi jika Anda tidak ingin menggunakan VPN untuk berselancar di dunia maya. Selain itu, browser ini juga dapat digunakan untuk semua jaringan, baik 3G, 4G, hingga LTE, yang tentunya menjamin keamanan dan kecepatan aksesnya.

5. Puffin Browser

Puffin Browser adalah web browser terakhir dalam daftar ini yang dapat menjadi pilihan tepat jika Anda ingin pengalaman browsing yang cepat dan mudah.

Hal tersebut karena Puffin Browser bekerja dengan cara memindahkan beban kerja perangkat dengan sumber daya terbatas ke server awan. Selain itu, browser ini juga aman digunakan karena semua lalu lintas dari aplikasi ke server Puffin dilakukan secara terenkripsi.

Baca juga artikel : Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat Tahun 2021

Contoh Web Browser terbaik di PC

Sebagian orang akan merasa lebih nyaman berselancar di internet menggunakan laptop atau PC. Berikut kami rangkum 3 aplikasi web browser di PC yang wajib dicoba!

1. Chrome

Chrome Browser adalah mesin pencari yang sudah sangat familiar di telinga kebanyakan orang. Browser Chrome yang merupakan aplikasi buatan Google ini memiliki tampilan cukup ramah, sederhana, namun tetap menarik. Hal inilah yang membuat pengguna akhirnya betah berlama-lama browsing menggunakan Chrome.

Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan produk Google lain, yang akan membuat penggunanya lebih mudah mengakses software atau layanan Google lainnya, seperti Google Drive, Gmail, Google Docs, dan masih banyak lagi.

Kelebihan lainnya adalah terkait kecepatan loading berkat fitur cache browser yang baik, sehingga membuat aktivitas berselancar lebih cepat. Namun, salah satu kelemahan Chrome adalah browser ini dapat menguras cukup banyak memori.

2. Mozilla

Mozilla Browser adalah aplikasi pencarian yang juga cukup populer seperti halnya Chrome. Browser ini memiliki performa yang cukup baik jika dibandingkan dengan browser lainnya. Salah satu keunggulan Mozilla Browser adalah memiliki fitur add-on.

Sedangkan kelemahan Mozilla ada pada kemungkinan banyaknya cracker yang mulai menyerang dengan memanfaatkan popularitas browser ini.

3. Opera

Selain dapat digunakan di HP, Opera juga menyediakan versi  PC. Selain itu, Opera juga memiliki versi lain yang lebih ringan, yaitu Opera Mini.

Kelebihan browser ini adalah memiliki penggunaan resource memory yang kecil, sehingga dapat membuat aktivitas browsing menjadi lebih cepat dan ringan. Browser ini cocok digunakan pada PC atau laptop dengan spek rendah.

Sedangkan kelemahan aplikasi ini adalah data jejak pengguna terekam di semua server Opera, sehingga dari sisi keamanan perlu diragukan. Selain itu, penampilannya juga tidak terlalu menarik seperti halnya browser lain.

Berikut tadi sederet web browser yang dapat menjadi pilihan untuk digunakan pada PC maupun HP. Di antara banyaknya pilihan ini, Anda perlu menyesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda. Apakah ada browser yang Anda gunakan dalam daftar ini?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents