Rumahweb Blog

Keseruan #JogjaDevDay Rumahweb bersama Alibaba Cloud

Rumahweb Indonesia bekerja sama dengan Alibaba Cloud Indonesia berhasil menyelenggarakan acara JogjaDevDay pada 20 September 2023 yang lalu.

Mengangkat tema “What Cloud Services Suit Me”, acara ini menitikberatkan pada edukasi seputar jenis layanan cloud yang cocok digunakan oleh berbagai kalangan.

CEO Rumahweb Yusuf Nurrachman di jogjadevday

JogjaDevDay adalah agenda acara yang diprakarsai oleh Rumahweb sejak tahun 2022. Acara ini secara khusus membahas berbagai informasi seputar perkembangan cloud atau teknologi. Selain menjadi ajang berbagi ilmu, JogjaDevDay diharapkan menjadi ajang memperluas relasi atau networking bagi pekerja di dunia IT. 

Pada JogjaDevDay kali ini, Rumahweb mengajak dua profesional untuk berbagi ilmu dan menjawab pertanyaan dari peserta. Dua pembicara ini adalah M Rifandy Zulfan, Solution Architect di Alibaba Cloud Indonesia, dan Agung P, CTO (Chief Technology Officer Rumahweb Indonesia.

Kedua pembicara memaparkan informasi mengenai berbagai jenis layanan cloud, fitur, dan peruntukan yang tepat. Tak hanya itu, Agung P juga membagikan informasi dan demo langsung mengenai set up multi-cloud yang telah banyak digunakan oleh perusahan global di seluruh dunia.

What Cloud Services Suit Me

Komitmen Nyata Rumahweb Terhadap Perkembangan Pekerja dan Industri Teknologi

Rumahweb Indonesia tak hanya mendukung perkembangan industri teknologi, namun juga perkembangan pekerja dalam industri ini. JogjaDevDay adalah salah satu bukti nyata dukungan Rumahweb Indonesia terhadap perkembangan pekerja di industri teknologi.

Acara JogjaDevDay kali ini diharapkan dapat menambah pengetahuan peserta mengenai berbagai jenis layanan cloud hingga pengaplikasian multi-cloud. Tak itu, acara yang diadakan secara luring di kantor Rumahweb Indonesia ini juga menjadi kesempatan memperluas jaringan relasi antar peserta.

Para Peserta JogjaDevDay

Keseruan Acara JogjaDevDay 2023 “What Cloud Services Suit Me”

Acara dimulai pukul 16.00 WIB di kantor Rumahweb Indonesia dengan sambutan dari CEO Rumahweb Indonesia, Yusuf Nurrachman. Dalam sambutan singkat ini, Yusuf Nurrachman juga menceritakan perjalanan Rumahweb hingga akhirnya dapat menempati kantor baru Rumahweb di tahun 2023.

Pembicara pertama, M Rifandy Zulfan, menyampaikan materi mengenai berbagai jenis layanan cloud yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud. Berbagai layanan ini dapat dipilih berdasarkan kebutuhan masing-masing perusahaan, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Agung Priaprabakti dalam sesinya menyampaikan materi mengenai layanan VPS Rumahweb dan solusi multi-cloud yang dapat digunakan bagi industri atau perusahaan yang menginginkan keamanan dan uptime yang lebih tinggi.

Rumahweb Indonesia ingin mengemas konsep seminar ini dengan lebih kasual. Peserta dapat mendengarkan pemaparan materi sambil menjalin relasi dengan peserta lain dan menikmati hidangan yang telah disediakan secara bebas.

Meskipun lebih kasual, namun hal ini tidak mengurangi antusiasme peserta dalam mendengarkan dan melakukan diskusi interaktif dengan para pembicara. Antusiasme ini dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk dalam sesi tanya jawab.

Sayangnya, tidak semua pertanyaan dapat terjawab karena waktu yang terbatas. Namun, keterbatasan ini juga tidak menurunkan antusiasme peserta dalam melakukan diskusi. Dalam sesi break, masih ada beberapa peserta yang melakukan diskusi langsung dengan kedua pembicara.

Pembagian Hadiah Menarik

Tak hanya berbagi ilmu, Rumahweb Indonesia dan Alibaba Cloud Indonesia juga menyiapkan berbagai hadiah menarik untuk dibagikan pada peserta. Berbagai hadiah yang telah disiapkan antara lain seperti merchandise kaos Rumahweb, voucher belanja MAP, smartwatch, smartband, SSD eksternal, hingga smartphone.

Sebagian hadiah dibagikan melalui sistem undian di mana peserta yang beruntung akan mendapatkan kaos, voucher belanja, dan smartphone. Sedangkan ketiga hadiah lainnya dibagikan dalam sesi lomba lempar server.

Rumahweb Indonesia memanfaatkan server fisik bekas kebakaran Gedung Cyber 2021 silam sebagai properti dalam lomba lempar server. Lomba ini dipilih bukan tanpa alasan. Sejalan dengan tema pilihan layanan cloud hingga solusi multi-cloud, Rumahweb tidak akan mengulangi kesalahan yang sama seperti yang dilakukan dahulu.

lomba lempar server - jogjadevday

Yusuf Nurrachman juga menyampaikan bahwa lomba lempar server ini menjadi perumpamaan “membuang sial” dari kejadian kebakaran Gedung Cyber yang menyebabkan hampir 80% layanan Rumahweb kala itu lumpuh.

Lomba lempar server diikuti oleh 17 peserta yang akan melemparkan server dengan berat sekitar 15kg sejauh mungkin. Lomba ini juga menjadi penutup rangkaian acara JogjaDevDay 2023 “What Cloud Services Suit Me”.

Acara JogjaDevDay diadakan untuk menambah pengetahuan sekaligus memperluas relasi para pekerja di industri teknologi. Berkaca dari kesuksesan JogjaDevDay kali ini, Rumahweb berharap akan menjadikan acara ini sebagai agenda tahunan Rumahweb Indonesia.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Agnes Sony Tianinda