Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Iklan Baris beserta Fungsi dan Contohnya

Apa Itu Iklan Baris Beserta Fungsi dan Contohnya

Saat surat kabar masih berjaya, iklan baris adalah salah satu media promosi yang sangat populer. Iklan baris, atau dalam bahasa Inggris disebut classified advertising, merupakan jenis iklan yang menggunakan kalimat singkat, padat, dan jelas.

Biasanya, iklan baris hanya terdiri atas beberapa baris teks saja dalam sebuah kolom. Tidak jarang iklan baris menggunakan singkatan untuk menginformasikan suatu produk, misalnya “Dijual Cepat, Boleh Nego”, menjadi “Dijual Cpt, Blh Nego”, dan masih banyak lagi.

Selain terdapat di surat kabar, iklan baris juga seringkali ditemui di majalah. Meski keberadaan iklan baris sudah dikalahkan oleh iklan-iklan digital, namun jenis iklan satu ini dapat dikatakan sebagai  pelopor iklan yang semakin beragam, seperti sekarang. Simak penjelasan lengkap hingga contoh iklan baris dari Rumahweb berikut!

Apa itu Iklan Baris

Iklan baris adalah iklan singkat yang muncul di kolom media cetak, seperti koran atau majalah. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan baris berarti iklan kecil yang terdiri atas beberapa baris teks pada sebuah kolom.

Biasanya, surat kabar menyediakan satu hingga beberapa halaman khusus yang menampilkan jenis iklan ini. Iklan baris seringkali digunakan untuk mempromosikan barang, properti, hingga lowongan kerja.

Untuk dapat menampilkan iklan baris, penjual/penyedia barang harus mendatangi kantor surat kabar dan menyampaikan informasi produk yang ingin dipromosikan, sekaligus membayar biaya pemasangan iklan.

Ciri-ciri Iklan Baris

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah memiliki bayangan tentang apa itu iklan baris, atau Anda sudah sering menemuinya? Berikut beberapa ciri-ciri iklan baris yang dapat membantu Anda mengidentifikasikan jenis iklan satu ini.

1. Jumlah Baris Terbatas

Iklan baris sangat mudah dikenali, salah satunya karena jumlah barisnya yang terbatas. Biasanya satu iklan hanya terdiri atas dua atau tiga baris saja. Semakin sedikit baris, semakin murah biaya beriklannya. Sebaliknya, semakin banyak baris, semakin mahal biasa yang harus dikeluarkan.

2. Biaya Iklan Ekonomis

Karena jumlah barisnya terbatas, biaya beriklan melalui iklan baris ini juga relatif terjangkau, jauh lebih murah dibanding beriklan di televisi kala itu. Bahkan, jika jumlah barisnya banyak, harganya tentu masih lebih ekonomis daripada beriklan di TV.

BACA JUGA : Instagram Ads: Pengertian, Daftar, dan Cara Pasang Iklannya

3. Ada Kategorisasi Iklan

Ciri lain dari iklan baris adalah adanya kategorisasi iklan sesuai bidang atau jenis produk/jasa yang dipromosikan. Misalnya, iklan di bidang properti berada di sebelah kiri, iklan lowongan pekerjaan di sebelah kanan, dsb.

4. Menggunakan Banyak Singkatan

Iklan baris juga mudah dikenali karena biasanya banyak menggunakan singkatan. Hal ini karena jumlah barisnya yang terbatas, membuat pengiklan perlu mempersingkat kalimat iklan mereka.

Beberapa singkatan yang sering ditemui dalam iklan baris misalnya, nomor menjadi “No”, administrasi menjadi “admn”, luas tanah menjadi “Lt”, dan masih banyak lagi.

5. Berisi Fakta dan Sedikit Opini

Terbatasnya jumlah baris membuat iklan baris hanya berisi fakta atau informasi singkat mengenai produk. Misalnya, dalam iklan penjualan rumah, hanya dicantumkan informasi lokasi rumah, luas tanah, serta kontak yang bisa dihubungi.

Namun, tak jarang iklan baris memuat opini atau testimoni pelanggan. Opini sengaja ditampilkan untuk membuat pelanggan yakin dengan kualitas produk yang dipromosikan.

Fungsi Iklan Baris

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa fungsi utama dari iklan baris adalah sebagai sarana promosi. Namun ternyata, iklan baris juga memiliki beberapa fungsi lain. Apa saja?

Sarana Promosi dan Pengumuman

Iklan baris dapat menjadi media promosi produk/jasa bagi pengusaha. Iklan ini dapat membuat perusahaan semakin dikenal dan memperluas pasar. Selain sebagai sarana promosi, iklan baris juga kerap dipakai untuk membuat pengumuman barang/orang hilang.

Sumber Informasi

Bagi pembaca, iklan baris dapat menjadi sumber informasi, misalnya informasi terkait produk, jasa, lowongan kerja, bahkan sampai informasi mengenai barang/orang hilang.

Kegiatan Ekonomi

Tak bisa dimungkiri, iklan baris dapat membantu memutar roda perekonomian masyarakat, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Dengan beriklan, secara tidak langsung akan membuat pelaku ekonomi tetap memproduksi dan menjual barang/jasa mereka. Sedangkan konsumen akan terus membeli produk tersebut, sehingga perputaran mata uang akan terus terjadi.

Sumber Dana Media

Bagi media yang menyediakan kolom beriklan, tentu iklan baris bermanfaat sebagai salah satu sumber penghasilan. Semakin banyak orang yang beriklan, semakin mungkin perusahaan media menambah jumlah cetak koran/majalah mereka, sehingga semakin tinggi kemungkinan iklan dilihat banyak orang.

Contoh Iklan Baris

Tentu, sebagian besar orang pernah melihat iklan baris di media cetak, seperti koran dan majalah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tak menutup kemungkinan bahwa generasi saat ini mungkin belum pernah melihat contoh iklan baris.

Setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri, dan fungsi iklan baris, Berikut kami berikan berbagai contoh iklan baris yang bisa Anda lihat dan jadikan sebagai referensi.

BACA JUGA : 20+ Contoh Iklan Baris dan Iklan Kolom yang Menarik

Meski kini peminat media cetak sudah semakin berkurang, namun keberadaan iklan baris tetap perlu mendapat atensi sebagai salah satu pelopor berbagai format iklan yang kini banyak dijumpai di media internet.

Bagi Anda yang ingin mengiklankan bisnis Anda secara luas melalui media internet, Website adalah solusi yang tepat. Hanya dalam beberapa Jam, Anda bisa memiliki webiste yang profesional dan bisa langsung diiklankan. Klik tautan berikut untuk informasi lebih lengkap: Buat Website untuk Bisnis

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents