Rumahweb Blog
Banner Artikel - apa itu Instagram Ads adalah

Instagram Ads: Pengertian, Daftar, dan Cara Pasang Iklannya

Instagram Ads adalah salah satu metode beriklan secara digital di media sosial.  Dengan lebih dari 90 juta pengguna di Indonesia, tak heran jika beriklan di Instagram berpotensi membuat brand atau produk Anda semakin dikenal khalayak luas.

Lalu, bagaimana cara mendaftar Instagram Ads, serta berapa biaya yang dibutuhkan untuk beriklan di platform Instagram?

Dalam artikel kali ini, Rumahweb Indonesia telah merangkum informasi penting mengenai Instagram Ads, mulai dari apa itu Instagram Ads, biaya memasang iklan di Instagram Ads, hingga cara menggunakannya. Jika Anda seorang marketer atau pelaku usaha, artikel ini sangat cocok untuk Anda!

Apa itu Instagram Ads?

Jadi, apa itu Instagram Ads? Instagram Ads adalah sebuah platform beriklan di media sosial Instagram. Manfaat utama Instagram Ads adalah membuat iklan untuk ditampilkan di feeds Instagram maupun Instagram Stories.

Sejak diakuisisi Facebook/Meta di tahun 2012, platform Facebook dan Instagram telah disatukan. Hal ini juga berdampak pada sistem iklannya, sehingga jika Anda ingin membuat Instagram Ads, Anda harus membuat halaman Facebook terlebih dahulu dan menggunakan Facebook Ads Manager untuk pengoperasiannya.

Instagram Ads adalah platform iklan yang cukup populer di kalangan pebisnis atau marketer. Saat ini, Instagram Ads telah banyak digunakan pengusaha untuk membantu kegiatan promosi dan periklanan suatu layanan atau produk.

Instagram Ads juga sudah banyak dimanfaatkan brand-brand besar, seperti Adidas, Nike, McDonalds, dan masih banyak lagi.

Manfaat Instagram Ads

Ada beberapa manfaat Instagram Ads yang bisa Anda dapatkan, berikut diantaranya;

1. Meningkatkan brand awareness

Dengan menampilkan iklan Anda pada Instagram, Anda dapat memperkenalkan merek Anda pada khalayak yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran merek.

2. Meningkatkan jumlah pengikut

Dengan menggunakan Instagram Ads, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan memperoleh lebih banyak pengikut untuk akun Instagram Anda.

3. Meningkatkan penjualan

Instagram Ads dapat membantu meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda dengan menargetkan pengguna yang tertarik pada produk atau layanan Anda.

4. Menjangkau audiens yang tepat

Anda dapat menargetkan iklan Anda pada audiens yang tepat berdasarkan usia, lokasi, minat, dan perilaku, sehingga iklan Anda akan tampil hanya pada orang-orang yang paling tertarik dengan produk atau layanan Anda.

5. Meningkatkan interaksi dengan pengguna

Instagram Ads juga dapat meningkatkan interaksi dengan pengguna, seperti like, komentar, dan share, yang dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.

6. Mengukur hasil iklan secara langsung

Instagram Ads memungkinkan Anda untuk melacak dan menganalisis hasil iklan Anda secara langsung, sehingga Anda dapat memperbaiki strategi iklan Anda di masa depan.

BACA JUGA : Google Ads vs Facebook Ads, Mana yang Harus Saya Pilih?

Harga Instagram Ads

Untuk memasang iklan di Instagram Ads, tentu Anda perlu menyiapkan biaya beriklan. Hampir sama seperti ketika Anda memasang iklan di koran atau televisi, di mana ada biaya yang perlu dikeluarkan, tergantung besar kolom iklan, durasi pemasangan, hingga jam kemunculannya.

Instagram Ads juga menerapkan hal yang serupa. Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan di sana?

Sebenarnya, ada beragam variasi biaya beriklan di Instagram, sebab biaya tersebut akan disesuaikan dengan tipe iklan yang dipilih. Besaran biaya akan memengaruhi jangkauan iklan dan waktu penayangannya.

Secara umum, biaya beriklan di Instagram terbagi menjadi dua model iklan, yakni biaya per klik/cost per click (CPC) dan biaya per tayang/cost per impression (CPM).

Secara umum, kisaran harga untuk iklan CPC di Instagram Ads adalah sekitar Rp2.840–Rp28.000, sedangkan untuk tipe iklan CPM harganya mulai Rp95.190 per 1.000 tayangan.

Namun, perhitungan biaya iklan di Instagram tidak sesederhana itu. Ada beberapa faktor lain yang turut menentukan, seperti jumlah penawaran, skor relevansi iklan, perkiraan tindakan, prime time, dan masih banyak lagi.

Cara Daftar Instagram Ads

Sebelum dapat memasang/mengatur iklan di Instagram, Anda perlu memiliki akun Facebook dan membuat Facebook Page (halaman Facebook). Setelah itu, Anda juga perlu mengakses Facebook Ads Manager menggunakan akun Facebook Anda, dan membuat akun iklan.

Cara daftar Instagram Ads adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buat Facebook Page dengan mengunjungi tautan berikut. Halaman ini akan menjadi identitas dalam tampilan bisnis Anda.
  2. Lengkapi semua informasi yang diminta. Pastikan Anda mengisi semua informasi yang dibutuhkan agar iklan Anda dianggap kredibel oleh audiens.
create facebook page
  1. Klik Create Page atau Buat Halaman.
setting facebook page
  1. Selanjutnya, masukkan informasi tentang kontak bisnis, lokasi, dan jam operasional bisnis > klik Next.
finish setup facebook page
  1. Anda akan diminta untuk mengunggah foto profil dan cover > klik Next.
customize page
  1. Lanjutkan set up hingga selesai > klik Done.
finish setting page

Cara Iklan di Instagram Ads

Setelah berhasil membuat Facebook Page, Anda bisa mulai beriklan. Cara memasang iklan Instagram Ads adalah sebagai berikut:

  1. Akses dashboard Facebook Ads Manager dan Login menggunakan akun Facebook yang terintegrasi dengan Instagram.
  2. Klik Go to Ads Manager atau Buka Pengelola Iklan.
akses halaman ads manager
  1. Jika Anda baru mulai beriklan, Anda perlu membuat akun iklan terlebih dahulu dengan cara klik baris 3 di pojok kiri atas.
meta ads
  1. Klik Business Setting/Pengaturan Bisnis.
business setting
  1. Pilih Facebook Page yang ingin Anda iklankan.
Instagram ads page setting
  1. Pilih Ad accounts.
Instagram ads setting
  1. Klik Add untuk menambahkan akun iklan.
add Instagram ads account
  1. Pilih Create a new ad account.
create a new Instagram ads account
  1. Isi nama akun dan pilih time zone serta mata uang yang ingin Anda gunakan > klik Next.
cara pasang iklan di Instagram
  1. Pilih halaman bisnis yang ingin diiklankan menggunakan akun iklan ini klik Create.
pilih halaman yang akan di setting
  1. Pilih/tambahkan orang yang dapat mengatur iklan Anda > Klik Assign.
tambahkan account
  1. Akun iklan Anda siap digunakan. Buka dashboard pengaturan iklan dengan klik Open in Ads Manager.

BACA JUGA: TikTok Ads: Pengertian, Manfaat, dan Cara Daftarnya

open in ads manager
  1. Selanjutnya adalah memasang iklan. Klik Create warna hijau di bagian kiri.
create Instagram ads
  1. Pilih tujuan beriklan. Bisa untuk menaikkan traffic, memperluas engagement, dan lain sebagainya > klik Continue.
pilih tujuan Instagram ads
  1. Isi semua kolom yang diminta, mulai dari nama iklan, tampilan promo, target audiens, penempatan lokasi iklan (kota/daerah), jadwal, dan lain sebagainya.
  2. Jika sudah, di bagian bawah, Anda akan menemukan kolom Placement di mana bisa mengatur penempatan iklan. Untuk iklan Instagram, pilih Manual placement dan pastikan Anda mencentang Instagram.
pilih platform yang ingin digunakan
  1. Anda juga bisa mengatur iklan Anda untuk muncul Instagram Story, Feeds, atau keduanya.
opsi Instagram story ads

Selain menggunakan Facebook Ads Manager, Anda juga bisa menggunakan platform Instagram langsung untuk memasang iklan di Instagram. Tetapi fitur/pengaturan yang bisa digunakan sangat terbatas, sehingga Anda tidak bisa memasang iklan secara spesifik seperti jika Facebook Ads Manager.

Selain panduan di atas, Anda juga dapat menyimak video tutorial berikut: Mengenal Facebook Ads Manager & Membuat Iklan di Facebook dan Instagram 

Instagram Ads adalah salah satu platform beriklan yang patut dicoba. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk dapat beriklan di Instagram, agar bisnis semakin naik level. Selamat mencoba!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Murah Indonesia

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents