Rumahweb Blog
banner artikel - Apa Itu Coworking Space adalah

Apa Itu Coworking Space? Pengertian dan Kelebihannya

Coworking space adalah istilah yang cukup populer, terutama di kalangan para pekerja. Seperti namanya, coworking space adalah ruang kerja bersama, tempat di mana banyak individu dan perusahaan dari berbagai latar belakang dan bidang bisnis bertemu.

Selain digunakan untuk orang kantoran, coworking space juga kerap digunakan oleh pekerja individu atau freelancer yang mencari suasana produktif untuk bekerja.

Coworking space adalah solusi dari meningkatnya biaya sewa properti untuk kebutuhan kantor. Harganya yang relatif terjangkau, membuat banyak perusahaan, terutama start-up, menggunakan fasilitas coworking space sebagai pengganti kantor. Biasanya, coworking space dapat di sewa harian, bulanan, sampai tahunan.

Apa itu Coworking Space

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, coworking space adalah tempat di mana sejumlah individu maupun perusahaan dengan latar belakang profesi, bisnis, maupun pekerjaan yang berbeda, dapat bertemu dan bekerja bersama.

Istilah coworking (co-working) memiliki arti kolaborasi atau kerja sama. Artinya, coworking space adalah tempat yang umumnya mengusung konsep open space dan membuka peluang terjadinya kolaborasi antar individu atau perusahaan.

Coworking space adalah konsep yang baru marak bermunculan beberapa tahun belakangan ini, seiring dengan pesatnya pertumbuhan start-up. Biasanya, coworking space tersedia di area-area strategis yang ramai dengan aktivitas bisnis.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Coworking space juga menyediakan sejumlah opsi ruangan atau space yang dapat disewa. Umumnya opsi ini dapat dibagi menjadi 3 kategori: ruangan khusus perusahaan, ruangan meeting (disewakan untuk umum juga), dan common room (bebas digunakan untuk orang yang datang).

Kelebihan Bekerja di Coworking Space

Ada beragam manfaat yang bisa Anda rasakan saat bekerja di coworking space. Berikut adalah kelebihannya:

1. Memicu Semangat Bekerja

Kelebihan pertama bekerja di coworking space adalah dapat meningkatkan semangat bekerja. Menurut Harvard Business Review, orang-orang yang bekerja di coworking space cenderung merasa pekerjaannya lebih berarti.

Hal ini karena ada banyak individu dan karyawan dari perusahaan maupun bidang bisnis lain yang berbagi ruang kerja. Ketika bersosialisasi, mereka akan saling berbincang mengenai pekerjaan, ketertarikan atau hobi, dan lain sebagainya.

Selain itu, suasana coworking space yang biasanya didesain nyaman dan menarik dapat menumbuhkan semangat dan produktivitas dalam bekerja jika dibandingkan bekerja di kantor biasa maupun di rumah.

2. Fleksibilitas

Kelebihan lain dari bekerja di coworking space adalah sifatnya yang fleksibel, baik dari segi waktu, biaya, maupun ruangan. Dari segi waktu, coworking space menyediakan tempat bekerja dari pagi hingga malam. Jika tidak ingin bekerja dari pagi, pengunjung juga bisa bekerja dari siang hingga malam.

Lalu dari segi biaya, coworking space biasanya menawarkan tarif untuk harian, mingguan, hingga tahunan. Bahkan, ada juga yang bisa disewa per jam.

Sedangkan dari segi ruangan, terdapat beberapa jenis ruangan yang tersedia di coworking space, mulai dari ruang khusus perusahaan, sampai meeting room yang bisa disewa oleh siapapun.

3. Membuka Networking

Hal lain yang membuat banyak orang senang bekerja di coworking space adalah karena tempat ini membuka kesempatan mencari relasi. Konsep open space yang diusung mampu menciptakan interaksi antar individu yang ada di dalamnya.

Dari interaksi inilah, peluang-peluang kerja sama atau partnership dapat terbuka lebar. Bukan hanya bagi sesama founder, coworking space juga dapat memberi kesempatan terjadinya networking bagi para pihak venture capital yang rasanya lebih sulit terjadi di gedung perkantoran biasa.

4. Hemat Biaya Operasional Kantor

Kelebihan lain yang dapat dirasakan oleh perusahaan ketika memutuskan untuk bekerja di coworking space adalah hemat biaya. Hal ini dirasakan terutama bagi perusahaan yang masih baru berdiri.

Dengan menyewa coworking space, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa gedung perkantoran biasa.

Apalagi, jika perusahaan tersebut baru berdiri dan masih memiliki karyawan dalam jumlah sedikit. Tentu menyewa gedung kantor dapat mengganggu pertumbuhannya dan justru memicu pemborosan.

Untuk itu, agar arus keuangan dapat berjalan efektif dan maksimal, menyewa coworking space dapat menjadi solusi yang tepat.

Saat ini, sudah banyak coworking space yang tersedia di kota-kota besar, salah satunya Nomadic Workspace yang terletak di Yogyakarta, tepatnya di jalan Ring Road Utara, Depok, Sleman. Tidak hanya menawarkan suasana kerja nyaman, Anda juga dapat membawa buah hati dengan tenang, karena coworking space satu ini memiliki fasilitas kids playground.

Coworking space menjadi salah satu tempat ideal bagi perusahaan start-up maupun bagi para freelancer yang membutuhkan tempat bekerja yang nyaman. Tertarik mencoba?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Darin Rania

A mother who dedicate her time to write & create creative contents

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb