Rumahweb Blog
banner blog - 5 Aplikasi FTP Client Gratis Yang Bisa Anda Gunakan

5 Aplikasi FTP Client Gratis Yang Bisa Anda Gunakan

File Transfer Protocol (FTP) adalah metode transfer data antar komputer yang sangat populer karena dinilai efektif dan efisien. Ketika Anda sudah membangun website secara lokal di komputer, proses upload ke server hosting akan lebih mudah jika dilakukan menggunakan FTP client.

Anda tidak perlu melakukan proses kompresi, upload, lalu ekstraksi di server. Setelah berhasil terhubung ke server hosting melalui FTP, Anda bisa meng-upload satu direktori hanya dalam satu langkah, ke direktori tujuan di server. Berikut ini adalah daftar 5 aplikasi FTP client gratis yang bisa Anda gunakan.

  1. FileZilla

FileZilla adalah aplikasi FTP client open source yang paling populer dan paling banyak digunakan. Aplikasi ini pertama kali dibuat pada tahun 2001 sebagai proyek sekolah ilmu komputer oleh Tim Kosse bersama dua orang rekan sekelasnya. FileZilla tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Untuk terkoneksi ke server, FileZilla mendukung protokol FTP dan SFTP.

Beberapa fitur utama yang dimiliki aplikasi FileZilla antara lain:

  • Mendukung protokol internet terbaru IPv6
  • Support fitur pause dan resume 
  • Adanya fitur overwrite dengan file yang baru
  • Tabbed user interface
  • Site manager

Informasi lebih detail tentang FileZilla, bisa dibaca pada halaman berikut: Apa itu FileZilla?

  1. WinSCP

WinSCP adalah aplikasi FTP client open source yang khusus dibuat untuk sistem operasi Windows. Fungsi utama dari WinSCP adalah untuk melakukan transfer file dari komputer lokal (PC) ke  server. Untuk mengamankan proses transfer file, WinSCP mendukung dan menggunakan protokol SFTP. WinSCP pertama kali dikembangkan pada tahun 2000 oleh Universitas Ekonomi dan Bisnis Praha.

Sebagai aplikasi FTP client yang dibuat untuk sistem operasi Windows, WinSCP menawarkan beberapa fitur menarik, antara lain:

  • Antarmuka grafis yang mudah dipahami
  • Integrasi dengan Windows (drag and drop)
  • Mendukung protokol SFTP dan SCP
  • Text editor
  1. Cyberduck

Cyberduck adalah aplikasi FTP client open source populer yang mendukung sistem operasi Windows dan Mac. Aplikasi ini diprogram menggunakan Java dan C# serta menggunakan antarmuka Cocoa untuk Mac OS. Cyberduck menawarkan beberapa fitur yang powerful untuk memudahkan proses transfer data dari komputer ke server.

Berikut beberapa fitur utama dari aplikasi Cyberduck:

  • Mendukung drag and drop
  • Mendukung protokol FTP/TLS
  • Sinkronisasi direktori
  • Membuka file remote menggunakan text editor
  • Bookmark
  1. Core FTP LE

Core FTP LE adalah aplikasi FTP client versi gratis dari Core FTP Pro, khusus untuk pengguna personal, institusi pendidikan dan organisasi non-profit. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur menarik yang bisa menjadi aplikasi FTP client alternatif.

Berikut beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Core FTP LE:

    • Irit sumber daya, hanya memakai sekitar 4 MB memory (RAM).
    • Rekoneksi setelah koneksi internet terputus
    • Resume 
    • Upload, download, dan delete secara rekursif
  1. gFTP

gFTP adalah aplikasi FTP client open source yang populer dan banyak digunakan di sistem operasi UNIX-like seperti Linux, Mac OS, dan BSD. gFTP menawarkan antarmuka yang sederhana dan efisien, yang terdiri dari dua panel yang menampilkan isi dari komputer lokal dan remote (server). gFTP mendukung protokol FTP, FTPS, HTTP, HTTPS, SFTP, FSP, serta FTP dan HTTP proxy server.

FTP adalah protokol transfer file antar komputer yang sangat populer karena reliabel dan efisien. Ada banyak aplikasi FTP client, baik yang bersifat komersial, gratis (freeware), maupun open source. Dari beragam aplikasi FTP client yang ada, sebagian tidak lagi dikembangkan oleh pengembangnya sehingga menjadi aplikasi yang tidak direkomendasikan, dan sebagian lagi masih terus mendapatkan pembaruan hingga saat ini.

Baca juga artikel Apa itu FTP?

Daftar di atas merupakan aplikasi FTP client yang sampai saat ini masih terus mendapatkan pembaruan, pengembangan, dan perbaikan oleh pengembangnya, sehingga bisa menjadi aplikasi FTP client yang Anda gunakan dengan aman untuk melakukan transfer file antar komputer.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda yang ingin mengunggah file dari komputer lokal ke server, menggunakan protokol FTP.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Alwan Rosyidi