Rumahweb Blog
Banner - Apa itu FTP Pengertian dan Cara Kerjanya

Apa itu FTP? Pengertian dan Cara Kerjanya

Aktivitas browsing, streaming video, upload hingga download file, tidak bisa  lepas dari peran FTP. Di artikel ini, Anda akan mempelajari tentang apa itu FTP, pengertian, cara kerja, fungsi, hingga cara menggunakannya.

Ketika Anda tengah asyik berlama-lama menggunakan internet, sebenarnya sedang ada banyak protokol yang bekerja di belakangnya. Contohnya, untuk keperluan email, ada protokol SMTP, POP3 dan IMAP.

Untuk keperluan akses halaman website, ada protokol http dan https. Untuk keperluan download maupun upload file, protokol FTP lah yang memiliki peran. Lantas apa itu FTP? Mari simak artikel kami selengkapnya.

Kepanjangan FTP

Apa itu FTP? Seperti yang telah kita ketahui bersama, FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. Dari namanya sendiri sudah bisa ditebak kalau protokol ini bertugas untuk melayani permintaan transfer file, baik dari local ke server ataupun sebaliknya. 

Fungsi FTP

FTP memberikan kemudahan dalam proses transfer file dalam jumlah banyak. Dengan FTP, Anda bisa dengan mudah melakukan aktivitas seperti download, upload, menghapus atau menambahkan file. Semuanya dilakukan dengan cara me-remote server, sehingga Anda tidak perlu login ke hosting atau server VPS.

Secara default, login FTP bisa dilakukan menggunakan user dan password login cPanel. Namun, hal ini tidaklah aman apabila file website dikelola oleh banyak orang. Karena, jika ada salah seorang anggota tim yang seharusnya mengerjakan sesuatu di area directory tertentu saja, namun berhubung menggunakan akses cPanel, maka ia bisa melihat semua akun, folder ataupun website yang ada di hosting.

Untuk itu, diperlukan pembatasan akses, dengan cara membuat akun FTP. Pembatasan akses FTP dilakukan dengan cara membuat akun FTP untuk masing-masing orang yang memiliki kewenangan dalam mengelola file website. Ketika akun dibuat, Anda bisa menentukan directory mana saja yang bisa dikelola oleh akun FTP tersebut.

Sampai disini pasti Anda sudah bisa menjawab pertanyaan apa itu FTP. Selanjutnya kami akan memperkenalkan pada Anda apa itu FTP client, dan apa itu FTP server

Aplikasi FTP 

Aplikasi FTP ada 2 macam, yaitu FTP client dan FTP server. Keduanya memiliki tugas yang sama, yaitu untuk melakukan pertukaran data secara dua arah. FTP client melakukan request upload atau download, sedangkan FTP server menjawab request tersebut dengan memberikan data yang diperlukan.

Aplikasi FTP Client

Apa itu FTP client? Setelah mengenal apa itu FTP, pengertian hingga cara kerjanya, sekarang waktunya Anda untuk menentukan aplikasi FTP client apa yang akan digunakan. Ada beberapa pilihan FTP client terbaik yang bisa Anda gunakan, yang bisa disesuaikan dengan sistem operasi komputer atau laptop Anda.

1. FileZilla (Windows, Linux, Mac)

FileZilla merupakan salah satu software FTP yang sangat populer dan banyak digunakan untuk upload maupun download file. Software ini tersedia secara gratis yang bisa Anda download dari halaman resminya. Bila Anda menggunakan OS Linux atau Mac, Anda bisa mendownload FileZilla dari halaman berikut.

Selain tersedia untuk FTP client, FileZilla juga tersedia untuk FTP server. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Dengan FileZilla, Anda juga bisa upload atau download file dengan berbagai format.

2. WinSCP (Windows)

Aplikasi FTP client terbaik selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah WinSCP, yang saat ini tersedia secara gratis untuk OS Windows. Dengan interface yang sederhana, WinSCP mampu mengoperasikan beberapa protokol seperti SFTP, FTP, WebDev dan juga SCP.

3. FireFTP (Windows, Mac OS X, dan Linux)

FireFTP adalah aplikasi FTP client terbaik berikutnya yang bisa Anda pilih. Bila Anda akan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu menginstal di komputer atau laptop Anda. Cukup menginstalnya di addon pada browser Mozilla Firefox, dan aplikasi FTP pun siap untuk digunakan.

Selain sangat user friendly, FireFTP juga memberikan keamanan tambahan seperti SSL, SFTP dan TLS. Ada fitur kompresi menarik disini, yaitu kompresi file dengan ModeZ yang akan memproses permintaan dengan cepat dan singkat.

4. Transmit (Mac OS X)

Transmit adalah Software FTP client yang populer digunakan oleh pengguna Mac OS. Dengan menggunakan Transmit, Anda bisa mengakses fitur canggih seperti folder syncing, fitur disk, dan kecepatan tinggi.

Namun aplikasi ini tidak tersedia secara gratis. Anda perlu mengalokasikan dana sebesar $45 untuk bisa menikmati fitur yang ditawarkan Transmit.

5. Cyberduck (Mac OS X & Windows)

Aplikasi FTP client terbaik terakhir yang direkomendasikan adalah Cyberduck. Meski bisa juga digunakan untuk OS Windows, namun kenyamanan akan lebih bisa dirasakan bila digunakan melalui Mac OS. Metode keamanan yang ditawarkan Cyberduck adalah SFTP serta FTP-SSL.

Aplikasi FTP Server

Apa itu FTP server? FTP Server memiliki fungsi untuk menerima permintaan tukar menukar file yang di-request oleh FTP client. Request (upload atau download) yang dikirimkan oleh FTP client atau perangkat komputer, akan diterima dan diproses oleh FTP server. Berikut ini daftar beberapa aplikasi FTP server yang sering digunakan:

1. FileZilla Server

Aplikasi FTP server pertama yang direkomendasikan adalah FileZilla Server. Selain menyediakan aplikasi untuk FTP client, FileZilla juga menyediakan aplikasi FTP server.

Aplikasi FileZilla server memberikan dukungan FTP melalui SSL/TLS. Hingga tulisan ini selesai dibuat, FileZilla baru menyediakan dukungan FTP server untuk sistem operasi Windows saja. Aplikasi FTP server ini bersifat open source dan bisa di-download melalui halaman resmi Filezilla Project.

Fitur yang diberikan FileZilla antara lain:
– Mudah digunakan.
– FTP melalui SSL / TLS (FTPS) dan SSH File Transfer Protocol (SFTP)
– Support IPv6
– Tersedia banyak pilihan bahasa
– Mendukung resume dan transfer file besar lebih dari 4GB.

2. Microsoft IIS

IIS, yang merupakan kependekan dari Microsoft Internet Information Service, adalah aplikasi FTP dari Microsoft yang diperuntukkan untuk mengelola Windows Server. IIS memiliki keamanan tingkat tinggi, fleksibel dan mudah digunakan untuk mengelola web server untuk meng-hosting aplikasi web.

Anda bisa men-download Microsoft IIS di sini.

3. Syncplify.me Server!

Syncplify.me Server adalah aplikasi FTP server gratis yang dibuat oleh Syncplify, Inc. Aplikasi ini selain sudah terjamin keamanannya, juga sangat mudah untuk dikonfigurasi.

Syncplify.me Server memberi dukungan FTP, FTPS implisit (SSL / TLS), FTPS eksplisit (TLS), serta protokol transfer file SFTP, basic secure shell (SSH-2) dan juga mendukung file transfer dengan ukuran besar (lebih dari 4 GB).

Download Syncplify.me Server secara gratis di sini.

4. ProFTPD

ProFTPD memiliki tampilan konfigurasi yang mirip dengan Apache. ProFTPD memiliki kinerja yang luar biasa, aman, dan mudah untuk dikonfigurasi.

Selain bisa digunakan di Windows, aplikasi FTP Server ProFTPD bisa juga digunakan di Linux dan Mac OS.

Download ProFTPD di sini.

5. Titan FTP Server

Yang terakhir, Aplikasi FTP server yang direkomendasikan adalah Titan FTP Server. Memiliki fitur yang lengkap serta konfigurasi yang detail, Titan FTP Server memberikan kuasa penuh kepada administrator.

Titan FTP Server memberi dukungan otomatisasi transfer, menggagalkan tindakan peretasan, dan memberikan notifikasi pada administrator server terhadap aktivitas dan kegiatan yang dijalankan oleh server. Titan FTP Server merupakan pilihan FTP Server untuk para profesional IT. Terbukti lebih dari 22.000 lisensi server telah terpasang di seluruh dunia.

Download Titan FTP Server di sini.

Cara Membuat FTP Account

Selanjutnya, akan dibahas cara menggunakan akun FTP di cPanel hosting dan juga Plesk Panel. Ikuti panduan berikut ini sesuai dengan panel hosting yang Anda gunakan. 

Cara membuat akun FTP di cPanel

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat akun FTP di cPanel hosting:

1. Login ke cPanel hosting Anda dari halaman member area clientzone.rumahweb.com

2. Klik menu FTP Accounts.
Apa itu FTP - Cara membuat akun FTP di cPanel image 1

3. Buat akun FTP sesuai yang Anda butuhkan
Apa itu FTP - Cara membuat akun FTP di cPanel image 2Keterangan :

  • Log in: Isikan user akun yang akan Anda gunakan
  • Domain: Bila dalam satu hosting ada beberapa domain, maka tentukan dulu nama domain yang akan Anda gunakan untuk akun FTP tersebut
  • Password: Ini adalah kolom untuk isian password yang Anda gunakan untuk login akun FTP. Gunakan password yang aman dengan kekuatan 80 keatas. Anda bisa juga menggunakan password generator untuk mendapatkan password yang kuat
  • Password (again): Ulangi password yang Anda masukkan sebelumnya
  • Directory: Tentukan directory yang akan diakses oleh akun FTP tersebut
  • Quota: Merupakan kapasitas maksimal penyimpanan akun FTP yang Anda buat. Anda bisa menentukan kapasitasnya hingga kapasitas unlimited. Bila Anda memilih unlimited, maka akun FTP tersebut bisa menyimpan file sebanyak free space (kapasitas kosong) dari hosting Anda

4. Create FTP Account. Selanjutnya akun FTP tersebut sudah siap Anda gunakan.

Cara membuat akun FTP di Plesk

Bagi Anda pengguna layanan WordPress Hosting Rumahweb, panel hosting Anda menggunakan Plesk Panel. Untuk membuat akun FTP di Plesk Panel Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut. 

1. Login ke akun Plesk Panel Anda dari halaman member area clientzone.rumahweb.com

2. Selanjutnya, klik menu FTP Access

Cara membuat akun FTP di plesk panel image 1

3. Klik Add an FTP Accounts. Kemudian Anda akan menjumpai tampilan seperti berikut.

Cara membuat akun FTP di plesk panel image 2

Keterangan:

  • FTP Account Name: Silakan isi nama akun FTP yang akan Anda gunakan
  • Home Directory: Letak directory yang akan diakses oleh akun FTP yang Anda buat 
  • New Password: Ini adalah kolom untuk isian password yang Anda gunakan untuk login akun FTP. Gunakan password yang aman. Yang bisa diperoleh dengan menekan tombol Generate
  • Confirm Password: Ulangi password yang Anda masukkan sebelumnya. 

4. Klik OK

Cara Membuat FTP Server

Bila Anda ingin memiliki FTP server sendiri, Anda bisa menciptakannya dengan server VPS yang sudah Anda miliki. Bila belum memiliki server VPS, silakan melakukan pemesanan terlebih dahulu. Server VPS Alibaba Cloud Rumahweb bisa menjadi salah satu pilihan.

Untuk membuat FTP server caranya cukup mudah. Anda bisa mengikuti panduan yang pernah kami tulis sebelumnya.

Ikuti panduan kami tentang cara membuat ftp server di VPS Ubuntu

Cara Menggunakan FTP

Setelah membuat akun FTP di hosting atau server Anda, selanjutnya Anda bisa menggunakan FTP dengan memanfaatkan FTP client. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

FileZilla
FileZilla merupakan salah satu tools FTP client yang sering digunakan. Untuk bisa menggunakannya, Anda perlu menginstal terlebih dahulu di komputer atau laptop yang Anda gunakan. Berikut ini langkah menggunakan FileZilla.

  1. Download FileZilla client melalui halaman resminya
  2. Instal aplikasi tersebut di device Anda
  3. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi FileZilla Anda kemudian ikuti petunjuk berikut:

Apa itu FTP - Cara menggunakan ftp filezilla

Keterangan

  1. Klik menu Open the Site Manager
  2. Klik New Site
  3. Pada Encryption, pilih “Only use plain FTP (insecure)”
  4. Logon Type: Pilih Normal
    Pada bagian User dan Password, silakan isikan user dan password akun FTP Anda. Anda bisa juga mengisikan dengan user dan password login ke panel hosting Anda.

Setelah login, Anda sudah bisa melanjutkan upload serta download file website Anda. Untuk lebih lengkap, baca juga beberapa artikel terkait berikut ini:

Kesimpulan

Setelah membaca artikel apa itu ftp, pengertian dan cara kerjanya, Anda pasti sudah mengerti bahwa FTP merupakan protokol yang digunakan untuk proses upload atau download file. Aplikasi FTP ada 2 macam, yaitu FTP client dan FTP server. Keduanya memiliki tugas yang sama, yaitu untuk pertukaran data secara dua arah. FTP client yang melakukan request upload atau download, sedangkan FTP server menjawab request dengan memberikan data yang diperlukan oleh client.

Kabar baiknya, di semua paket hosting Rumahweb, baik itu paket WordPress Hosting, Shared Hosting ataupun Cloud Hosting sudah support untuk pembuatan akun FTP. Dengan demikian, akan memudahkan Anda dalam bekerja secara tim.

Bila Anda membutuhkan FTP yang lebih aman, Anda bisa menggunakan SFTP yang tersedia mulai paket Medium Rumahweb. Selalu percayakan pada Rumahweb untuk setiap kebutuhan website Anda.

Demikian artikel Apa itu FTP? Pengertian dan Cara Kerjanya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda lebih memahami tentang pengertian apa itu FTP, fungsinya, cara kerja, hingga cara menggunakannya.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Anggit Puguh