Rumahweb Blog
apa itu Proxy Server adalah

Proxy Server: Pengertian, Fungsi dan Software Gratisnya

Saat menjelajahi internet, sering kali banyak orang menggunakan proxy untuk menjaga privasi, mempercepat akses, dan mengakses konten-konten yang sebenarnya diblokir. Blokir bisa dilakukan oleh Kominfo, maupun penyedia koneksi internet yang digunakan. Salah satu cara untuk membuka blokir tersebut adalah dengan menggunakan Proxy Server.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui tentang apa itu proxy server, cara kerja hingga cara menggunakan proxy server secara gratis. Simak informasi berikut ini.

Apa itu Proxy Server?

Proxy server adalah server yang menjadi perantara / pewali saat melakukan browsing. User yang mengakses sebuah website biasanya langsung mengirimkan requestnya ke web server website tersebut, lalu mendapatkan respon juga langsung ke arah user.

Sedangkan jika menggunakan proxy, maka request dari user tersebut dikirimkan terlebih dahulu ke proxy server. Dari proxy server, request tersebut akan dilanjutkan ke web server tujuan.

Dari web server tujuan tidak akan merespon langsung ke user akan tetapi merespon dahulu ke proxy untuk kemudian oleh proxy server diteruskan ke user. Anda dapat membaca lebih lanjut pada artikel berikut.

Fungsi Proxy Server

Proxy awalnya banyak digunakan dalam jaringan ISP atau perkantoran untuk mempercepat akses dengan fungsi cache juga mengontrol akses terhadap website-website tertentu. Namun dalam perkembangan berikutnya, proxy digunakan untuk bermacam-macam kegunaan. Berikut adalah fungsi menggunakan proxy server:

Mempercepat Akses

Proxy server memiliki fungsi cache yaitu menyimpan konten-konten website seperti image, css, js, dan file-file web lain untuk ditampilkan kembali tanpa harus melakukan request ulang ke web server asli.

Mengontrol Akses

Konfigurasi pada proxy memungkinkan kita untuk membatasi dan mengontrol akses pada website-website tertentu. Misalkan jika dipasang di jaringan sekolah, proxy server dapat disetting untuk membatasi akses ke website-website yang dilarang.

Menembus Restriksi

Beberapa website hanya dapat diakses dari negara tertentu, ada juga yang hanya menampilkan konten tertentu untuk negara tertentu. Untuk dapat mengakses website atau konten yang dibatasi atau terkena restriksi tersebut, kita dapat menggunakan proxy server yang menggunakan alamat ip dari negara atau wilayah dimana konten atau website tersebut dapat diakses.

Contohnya Netflix, beberapa film hanya dapat ditonton dari US, kita yang berada di Indonesia harus menggunakan proxy server yang berada di US untuk menonton film tersebut.

Menyembunyikan Identitas dan Menjaga Privasi

Saat mengakses sebuah website dengan proxy, maka yang tercatat oleh web server adalah alamat IP dari proxy server tersebut, bukan alamat IP komputer kita. Karena itulah proxy dianggap dapat menyembunyikan identitas, atau minimal menutupi alamat IP komputer kita sehigga privasi kita tetap terjaga.

Free Proxy Server

Menggunakan proxy tidaklah sulit karena banyak sekali penyedia free proxy server yang menyediakan layanan yang gratis dan juga berbayar. Tentu saja layanan free proxy server yang ditawarkan pasti tidak sebaik proxy server yang berbayar, namun setidaknya bisa dimanfaatkan untuk menjaga privasi dan menembus restriksi website.

Daftar proxy server yang diupdate secara terus-menerus dan menyajikan data lokasi, uptime, respon, dan banyak indikator lain dapat dilihat melalui Free proxy lists. Sedangkan beberapa layanan proxy gratis yang berbasis website atau biasa disebut web proxy site adalah sebagai berikut:

1. Proxy Site

Proxy Site cocok untuk mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan lain-lain. Bagi Anda yang bekerja dikantor dan aksesnya dibatasi oleh administrator network, Anda bisa menggunakan Proxy Site sebagai solusi yang mudah, bahkan tanpa perlu mengkonfigurasi apapun di sisi Anda.

Proxy Site memastikan penjelajahan Anda aman karena menggunakan SSL, bahkan jika website tujuan Anda tidak menggunakan SSL sekalipun.

Proxy ini juga menawarkan kemampuan untuk memblokir iklan. Lebih kerennya lagi, Anda bisa memilih negara dimana proxy ini berada kapanpun saat sedang menjelajah internet atau browsing.

Artikel lebih lengkap tentang apa itu Proxy Site dapat diakses melalui tautan berikut ini.

2. Hide Me

Privasi adalah keunggulan yang berusaha ditonjolkan oleh Hide Me. Selain menjanjikan tidak adanya log aktivitas selama Anda menggunakan proxy Hide Me, mereka juga menawarkan akses bebas iklan bahkan pada layanan gratisnya. Hide Me tergolong mudah digunakan karena mereka memiliki ekstensi untuk browser Chrome yang dapat diunduh dari Chrome Webstore.

Hide Me dapat diakses melalui tautan berikut ini.

3. Hidester

Tak perlu menginstall software apapun untuk, juga tersedia untuk diakses melalui semua device termasuk mobile / HP adalah keunggulan Hidester. Server-servernya juga tersebar di US dan Eropa, memudahkan kita untuk memilih lokasi yang kita inginkan.

Penggunaannya pun cukup mudah, Anda cukup mengakses https://hidester.com/proxy/ dan memasukkan alamat website yang ingin dikunjungi. Proxy server ini sangat memudahkan kita dengan meniadakan keharusan untuk login dahulu sebelum menggunakannya.

4. KPROXY

Selain menawarkan proxy server, KPROXY juga menawarkan berbagai layanan berbayar untuk menyesuaikan berbagai kebutuhan user. Beberapa paketnya menawarkan unlimited download, akses website tanpa iklan, dan akses ke server premium. KPROXY juga menawarkan ekstensi untuk browser Firefox dan Chrome.

Meski menawarkan banyak keunggulan, KPROXY ini memiliki kekurangan yang cukup mengganggu pada versi gratisnya. Misalkan kita diminta untuk menunggu 30 menit atau meminta kita membeli layanan berbeyar setelah kita menggunakan layanan gratisnya selama beberapa waktu.

5. CroxyProxy

Salah satu kemudahan yang ditawarkan CroxyProxy adalah bahwa proxy ini dapat digunakan untuk audio dan video streaming. Tanpa perlu mendownload software, CroxyProxy memudahkan user untuk mengakses Youtube dan semua fiturnya seperti berkomentar atau menambahkan like pada video.

Proxy ini dapat digunakan di semua sistem operasi termasuk Android dan Chrome OS. Selain itu, Anda bisa mendaftar CroxyProxy secara gratis. Baca selengkapnya melalui link berikut: Cara Daftar CroxyProxy Gratis

6. Hide My Ass

Untuk memenuhi kebutuhan user yang bermacam-macam, HMA proxy server menyediakan versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya direkomendasikan untuk melakukan browsing dengan keperluan yang umum saja, misal mengakses website hiburan. Sedangkan versi PRO atau berbayarnya dapat digunakan di beberapa gadget, juga bisa digunakan untuk game dan menjalankan apps tertentu.

HMA mengklaim aman untuk digunakan mengakses website-website dengan keamanan tinggi seperti online banking.

BACA JUGA : Cara Setting Proxy di Google Chrome Android

Software Proxy Server Gratis

Nah, jika Anda adalah seorang network administrator yang ingin menginstall proxy server pada jaringan, Anda dapat memilih salah satu dari software proxy server gratis dibawah ini. Masing-masing punya keunggulan dan kekurangan, juga rekomendasi penggunaan seperti misalkan hanya bisa digunakan untuk reverse proxy, web access firewall, atau juga bisa digunakan untuk caching proxy.

Squid

Squid adalah software open source gratis dengan fitur cache yang mensupport berbagai protokol seperti HTTP, HTTPS, FTP, dan banyak lagi. Software ini juga dilengkapi fitur reverse proxy atau httpd accelerator yang mampu mempercepat akses ke website-website yang berada di back-endnya.

Dahulu Squid menjadi standard proxy server bagi hampir semua ISP untuk mempercepat akses website bagi pelanggannya.

NGINX

NGINX adalah software web server open-source gratis dengan performa tinggi dan sangat populer. Meskipun didesain awalnya untuk web server, NGINX juga dapat digunakan untuk proxy server untuk HTTP dan HTTPS. Bahkan NGINX juga bisa digunakan untuk proxy IMAP/POP3. NGINX terkenal karena performa, stabilitas, kelengkapan fitur, kemudahan konfigurasi, dan hanya membutuhkan resource yang kecil.

Arsitektur NGINX yang event-driven membuatnya lebih handal untuk digunakan meskipun harus melayani puluhan ribu user.

NGINX mendukung akselerasi pada reverse proxy dengan caching menggunakan ngx_http_proxy_module. Hal ini memungkinkan request dari user diforward ke server lain melalui protokol lain seperti FastCGI, SCGI, uwsgi, dan memcached.

Fitur yang tak kalah pentingnya adalah bahwa NGINX mendukung load balancing dan fault tolerance yang merupakan aspek vital dari distributed computing system. ngx_http_upstream_module memungkinkan kita untuk mendefinisikan backend server untuk mendistribusikan request yang datang dari user.

Ini membuat aplikasi atau website menjadi lebih handal dengan response time dan throughput tinggi. NGINX juga mensupport SSL/TLS dan banyak fitur keamanan lainnya.

HA Proxy

HAProxy yang merupakan singkatan dari High Availability Proxy, adalah software open-source gratis yang sangat handal untuk difungsikan sebagai load balancer dan proxy server untuk hampir semua jenis TCP termasuk aplikasi dengan protokol HTTP. Sesuai dengan namanya, software ini dirancang untuk front-end pada arsitektur high-availability.

Seperti halnya NGINX, HAProxy didesain untuk event driven dan non-blocking yang mengkombinasikan layer I/O yang sangat cepat berbasis prioritas dan multi-threaded scheduler yang dengan mudah menghandle kondisi dimana request dari klien konkuren berjumlah sangat besar hingga puluhan ribu.

HAProxy menggunakan protokol PROXY untuk melanjutkan koneksi atau request dari user ke backend atau server asli sehingga aplikasi secara transparan mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan.

Fitur dasar HAProxy meliputi proxying, dukungan SSL, monitoring status backend server dan statusnya sendiri, load balancing, stickiness (memastikan user menggunakan backend yang sama), content switching, HTTP rewriting, dan masih banyak lagi.

Varnish HTTP Cache

Varnish HTTP Cache atau populer disebut sebagai Varnish adalah software open-source gratis dengan performa tinggi. Software ini sangat banyak digunakan sebagai software reverse-proxy caching atau yang umum juga disebut sebagai web application accelerator. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan performa HTTP dengan metode server-side caching.

Varnish diinstall didepan web server. Sehingga setiap kali ada request dari user, request tersebut akan masuk ke Varnish dulu sebelum diteruskan ke web server. Varnish berfungsi menyimpan data-data yang dapat di-cache, sehingga jika ada user yang membutuhkan data yang sama, data tersebut akan langsing dikirim dari Varnish, bukan dari backend servernya. Dengan metode tersebut, Varnish akan mempercepat akses ke aplikasi atau website.

Sayangnya Varnish belum mensupport SSL sehingga belum bisa melayani request HTTPS. Untuk bisa mensupport SSL, Varnish harus didukung oleh NGINX atau HA Proxy sebagai SSL terminatornya.

Kesimpulan

Proxy server adalah server yang bertindak sebagai perantara saat melakukan browsing di internet. Dengan proxy server, privacy Anda di dunia maya akan lebih aman serta dapat membuka situs yang diblokir oleh ISP atau Kominfo. Namun kami berharap, Anda lebih bijak menggunakan proxy server untuk berselancar di internet.

Bagi Anda yang membutuhkan HAProxy sebagai load balancing sebagai penyeimbang trafik pada server, Rumahweb menyediakan VPS KVM dengan 2 lokasi data center yang berbeda. Didukung backend network hingga 1Gbps, VPS Rumahweb dapat memenuhi kebutuhan high availability HAProxy Anda.

Demikian artikel kami tentang apa itu Proxy Server, semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Jasa Pembuatan Website Rumahweb

Yeni Setiawan