Rumahweb Blog
Apa Itu Minify dan Seberapa Besar Pengaruhnya Pada Kecepatan Website

Apa Itu Minify dan Seberapa Besar Pengaruhnya Pada Kecepatan Website?

Tahukah Anda, apa itu Minify? Dan, seberapa besar pengaruh Minify pada SEO dan kecepatan akses suatu website? Di artikel ini, Anda akan menemukan jawaban pertanyaan besar tersebut.

Semua pasti setuju, halaman website yang cepat ketika diakses akan terasa menyenangkan baik oleh pengunjung website dan juga Search Engine. Ini artinya kecepatan akses website berpengaruh pada SEO. Google selalu berbenah mengupdate algoritmanya seperti layaknya manusia yang sedang mencari informasi. Inilah yang menjadi salah satu alasan, optimasi script website menjadi salah satu faktor penilaian di GTMetriks.

Apa itu Minify?

Minify bekerja dengan cara menghilangkan karakter spasi (white space), baris baru, komentar, dari script website. Code-code yang dihilangkan oleh minify ini sebenarnya tidak dibutuhkan untuk dieksekusi. Jadi dengan menghilangkannya akan membuat loading website Anda bisa menjadi lebih cepat.

Script website yang diproses oleh Minify antara lain CSS, HTML, dan Javascript. Script hasil dari Minify, seolah tak beraturan dan kurang nyaman bila dipandang dari mata manusia. Namun di mata mesin (server), script ini terasa sangat menyenangkan hingga membuatnya jauh lebih cepat di load hingga tampil website Anda. 

Cara Optimasi Minify 

Untuk mencari script HTML, CSS, dan Javascript yang perlu dioptimasi, Anda bisa menggunakan layanan GTMetrix. Dengan memasukkan nama domain di kolom pencarian, GTMetrix akan melakukan scanning website Anda untuk mencari bagian mana yang perlu dioptimasi. Langkah selanjutnya Anda melakukan optimasi script sebagaimana hasil yang disarankan.

apa itu minify image 1

Tersedia banyak tools gratis yang bisa Anda cek di internet untuk melakukan optimasi Minify. Namun untuk melakukannya cukuplah ribet karena harus dilakukan secara manual. Selain itu Anda perlu melakukan backup file atau website terlebih dahulu sebelum melakukannya. Karena bila  suatu hari nanti Anda akan melakukan editing pada scriptnya, hal ini akan terasa lebih sulit karena script tersebut memang diperuntukkan untuk mesin, bukan untuk mata manusia.

Penting !!! Apabila Anda menggunakan hosting di Rumahweb, Anda tidak perlu repot-repot melakukannya secara manual. Semua sudah dilakukan otomatis. Caranya adalah, dengan mengaktifkan mod_pagespeed di server.

apa itu minify image 2

Terlihat jelas bukan, hasil setelah dilakukan optimasi ini? Jadi, setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk melakukan optimasi websitenya?

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Anggit Puguh