Rumahweb Blog
banner - Apa itu SFTP Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Apa itu SFTP? Pengertian, Manfaat dan Cara Menggunakannya

File Transfer Protocol (FTP) digunakan untuk mengkoneksikan antara komputer dengan server. Dengan FTP, memungkinkan Anda untuk melakukan download atau upload file. Namun, proses transfer file dari FTP client ke FTP server tersebut tidak begitu aman, karena proses transaksi data antar keduanya tidak dienkripsi. SFTP adalah solusi untuk mengamankan transfer file tersebut. Lalu, apa itu SFTP dan bagaimana cara menggunakannya?

Apa itu SFTP?

Secure File Transfer Protocol atau yang biasa disingkat SFTP adalah protokol yang digunakan untuk melakukan transfer file (download dan upload) antara FTP client dan FTP server. Proses transfer data atau file dengan SFTP sudah dienkripsi, sehingga prosesnya akan lebih aman jika dibandingkan dengan FTP biasa.

SFTP menjadi lebih aman karena koneksi antara client to server menggunakan saluran Secure Shell (SSH), yang merupakan komponen kriptografi untuk keamanan internet. SSH dan SFTP dirancang oleh IETF (Internet Engineering Task Force) untuk keamanan website yang lebih baik.

<ILUSTRASI>

SFTP memiliki cara kerja yang sangat aman. Proses transfer file pada SFTP menggunakan SSH dan perintah FTP dienkripsi untuk menghindari password sniffing serta menyembunyikan informasi sensitif pada text. Hasilnya, transfer file antara FTP client dan server akan terlindungi.

Keuntungan menggunakan SFTP

Ada beberapa keuntungan apabila Anda menggunakan koneksi SFTP untuk mengelola file website di hosting atau server, antara lain:

  1. Koneksi antara FTP client dan FTP server akan lebih aman karena data sudah  terenkripsi. Sehingga proses upload maupun download file tidak akan terlacak oleh penyusup, atau dalam istilah web security, akan terhindar dari man in the middle (MITM)
  2. Data berupa file, folder dan password tidak akan terbaca oleh penyusup
  3. Memastikan user yang bisa mengakses server adalah yang memiliki authentication, sehingga akses ke dalam server bukan merupakan sebuah ancaman

Perbedaan FTP dan SFTP

Perbedaan utama antara FTP dan SFTP adalah dari segi keamanannya. SFTP menggabungkan antara FTP dan Secure Shell, dimana transaksi data yang terjadi antara FTP client dan FTP server akan dienkripsi sehingga akan lebih aman. Sedangkan FTP tidak menggunakan secure connection, sehingga akan rentang terhadap penyusup.

<ILUSTRASI>

Perbandingan SFTP FTP
Arti Singkatan dari Secure File Transfer Protocol. Singkatan dari File Transfer Protocol.
Keamanan SFTP menggunakan saluran Secure Shell (SSH) Tidak menggunakan saluran yang aman untuk transfer file
Port Hosting : 2223VPS : 22 21
Enkripsi SFTP mengenkripsi data sebelum proses kirim Data dan password dikirim dalam format teks biasa

Baca juga artikel Apa itu FTP?

Aplikasi SFTP Windows

Setelah mengenal apa itu SFTP, berikut ini adalah beberapa aplikasi SFTP client yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk sistem operasi Windows.

  1. FileZilla
  2. WinSCP
  3. Cyberduck
  4. gFTP

Informasi lebih detail tentang FTP Client ini bisa Anda baca pada artikel 5 Aplikasi FTP Client Gratis

Cara Menggunakan SFTP dengan FileZilla

Untuk bisa menggunakan FTP, Anda perlu men-download aplikasi FTP client terlebih dahulu. Salah satu aplikasi FTP client yang direkomendasikan adalah FileZilla, karena gratis dan user-friendly. Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaannya:

Langkah 1. Install FileZilla

Anda bisa mengunduh aplikasi FTP FileZilla melalui link berikut: download FTP Filezilla

Setelah berhasil download, silakan instal aplikasi FileZilla pada komputer Anda. Panduan instal bisa Anda pelajari melalui link: Install FileZilla.

Langkah 2. Cara menggunakan SFTP

Setelah aplikasi Filezilla terinstal pada komputer, silakan buka aplikasinya untuk setting SFTP. Berikut ini adalah tampilan utama Aplikasi FileZilla:

Langkah 2. Cara menggunakan SFTP adalah

Di halaman login, silakan Anda isi dengan keterangan berikut ini:

Untuk pengguna VPS

  • Host = isi dengan sftp://ip_vps_anda
  • User = root
  • Password = password root vps Anda
  • Port sftp = 22

Untuk pengguna hosting

  • Host = isi dengan sftp://ip_hosting_anda
  • User = isi dengan user cPanel
  • Password = isi dengan password cPanel
  • Port sftp = 2223

Setelah informasi login SFTP dilengkapi, silakan klik tombol Quickconnect. Jika koneksi SFTP Anda berhasil, maka hasilnya lembar kerja FileZilla akan menampilkan listing directory FTP Server Anda, seperti berikut:

Cara menggunakan SFTP adalah dengan Filezilla

Berikut penjelasan dari gambar di atas:

  1. Jendela Pesan Tampilan dari informasi proses yang terjadi pada SFTP yang Anda gunakan, seperti informasi status koneksi, listing directory server, hingga proses yang sedang terjadi.
  2. Directory local Informasi directory local. Secara default, directory yang akan muncul adalah c: yang merupakan file system di laptop atau PC Anda. Jika sebelumnya Anda melakukan instalasi web server local seperti xampp, maka akan diteruskan ke directory root web server Anda
  3. Isi directory local Informasi dari isi directory local Anda, seperti letak lokasi script website atau aplikasi yang Anda buat
  4. Directory server Tampilan dari directory server yang Anda gunakan. Pada kolom ini, pastikan Anda memilih directory root website Anda.
  5. Isi directory server

Langkah 3. Test upload dan download dengan SFTP

Berikut ini adalah ilustrasi proses upload file berupa .sql dan .zip ke dalam hosting menggunakan koneksi SFTP. Proses upload sangat mudah dilakukan, caranya tinggal dengan block file atau folder pada directory local Anda, lalu tarik filenya ke directory server Anda.

Test upload dan download dengan SFTP adalah

Sedangkan, untuk download file dari server ke komputer local, caranya tinggal klik file atau folder yang akan di-download, lalu geser ke directory komputer local. Secara otomatis file atau folder akan ter-download. Hal ini bisa Anda lakukan untuk kebutuhan backup file.

Untuk apa SFTP digunakan?

Hal terpenting dari penggunaan SFTP adalah tentang keamanan, sehingga semua website pada dasarnya membutuhkan koneksi SFTP untuk mendapatkan keamanan data atau file yang lebih baik.

Banyak yang menganggap bahwa keamanan website hanya penting digunakan untuk online shop atau company profile saja. Namun, website-website yang digunakan untuk penyimpanan data client, absensi, hingga website yang memuat informasi digital seperti musik atau video, sudah semestinya lebih menyadari betapa pentingnya keamanan website.

Dukungan SFTP di Rumahweb

Bagi pengguna layanan Shared Hosting paket Medium dan Large, serta seluruh paket Cloud Hosting, fitur SFTP bisa Anda gunakan melalui port SSH yaitu 2223. Sedangkan untuk pengguna VPS di Rumahweb, Anda bisa menggunakan port 22 untuk menggunakan fitur SFTP ke server.

Di sisi lain, fitur ini belum bisa Anda digunakan oleh pengguna layanan paket Entry dan Small pada Shared Hosting, karena paket tersebut belum support SSH. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa menggunakan TLS Encryption pada FTP client agar komunikasi data yang Anda lakukan lebih aman.

Demikian artikel kami tentang pengertian, manfaat dan cara menggunakan sftp di Rumahweb. Semoga bisa membantu.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer