Rumahweb Blog
banner blog - 5 Aplikasi FTP Server Terbaik Yang Bisa Anda gunakan-min

5 Aplikasi FTP Server Terbaik Yang Bisa Anda gunakan

FTP merupakan protokol transfer antar komputer yang populer dan banyak digunakan. Melalui protokol FTP, Anda bisa menyalin dan memindahkan file dari satu komputer ke komputer yang lain di tempat yang berbeda, selama keduanya terhubung ke jaringan internet. Dalam koneksi FTP server, satu komputer memiliki peran sebagai server, dan satu komputer sebagai client

Skenario paling umum dari penggunaan FTP adalah koneksi dari komputer personal sebagai client, kemudian meng-upload file ke komputer server website. Namun pada prinsipnya, FTP bisa diterapkan di semua komputer yang terhubung ke jaringan internet, termasuk komunikasi antar komputer personal. Anda bisa menjadikan komputer personal (PC) maupun laptop sebagai server FTP untuk menjadi tujuan transfer file dari komputer personal yang lain.

Supaya PC atau laptop bisa menjadi server FTP, Anda harus menginstal aplikasi server FTP. Setelah aplikasi FTP server terinstal di PC atau laptop, Anda bisa melakukan transfer file antar komputer dalam satu jaringan lokal, atau dari komputer lain di suatu tempat, apabila komputer server FTP yang berjalan terhubung ke IP publik. Berikut ini adalah 5 aplikasi FTP server terbaik yang bisa Anda gunakan.

Baca juga Apa itu FTP?

  1. FileZilla Server

FileZilla server adalah aplikasi server FTP open source yang dibuat oleh pengembang FileZilla. Untuk saat ini, FileZilla server hanya mendukung sistem operasi Windows. Dengan menginstal FileZilla server, PC atau laptop Windows Anda bisa berfungsi sebagai server FTP untuk menerima transfer file dari komputer lain di dalam jaringan internet yang sama.

FileZilla server memiliki beberapa fitur unggulan yang menjadikannya aplikasi server FTP yang mumpuni. Berikut fitur-fitur dari FileZilla Server:

    • Konfigurasi yang mudah dengan antarmuka grafis
    • Enkripsi SSL/TLS
    • Kompresi
    • File permission
    • Pembatasan kecepatan

Untuk informasi lebih detail tentang apa itu FileZilla, Anda bisa membaca artikel berikut: Apa itu FileZilla

  1. ProFTPD

ProFTPD merupakan aplikasi server FTP open source yang powerful dan banyak digunakan di server berbasis Linux. Meskipun secara native ProFTPD hanya berjalan pada sistem operasi Linux dan UNIX-like, aplikasi ini juga bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, dengan bantuan framework Cygwin.

Sebagai sebuah aplikasi server FTP yang matang, ProFTP menawarkan beberapa keunggulan antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki keamanan yang baik dalam transfer data
  • Mendukung module untuk meningkatkan fungsionalitas
  • Mendukung IPv6
  1. CoreFTP Server

CoreFTP Server merupakan aplikasi server FTP yang merupakan bagian dari produk CoreFTP. FTP ini adalah aplikasi FTP server yang sederhana yang bisa diinstal dan diatur dalam waktu singkat. Seperti halnya aplikasi CoreFTP client, CoreFTP Server juga menawarkan versi gratis yang bisa digunakan oleh pengguna personal. CoreFTP kompatibel dan berjalan pada sistem operasi Windows.

  1. Xlight FTP Server

Xlight merupakan aplikasi FTP server untuk sistem operasi Windows yang menghadirkan antarmuka grafis menarik serta memiliki kinerja yang powerful. FTP ini bisa digunakan secara gratis untuk pengguna personal. Xlight dirancang untuk mampu menangani banyak request dengan tetap berjalan tanpa menggunakan banyak resource

Berikut beberapa fitur utama dari Xlight FTP Server:

  • Ringan
  • Mendukung transfer yang aman
  • Mendukung beberapa koneksi FTP bersamaan
  1. vsftpd

vsftpd merupakan aplikasi FTP server open source untuk sistem operasi UNIX-like dan menjadi aplikasi FTP server default untuk sistem operasi Linux Ubuntu, CentOS dan Fedora. Sama halnya dengan ProFTPD, vsftpd juga merupakan aplikasi FTP server yang populer dan banyak digunakan di server berbasis Linux. 

Meskipun hanya kompatibel dengan sistem operasi Linux dan UNIX-like, vsftpd bisa Anda gunakan di PC atau laptop untuk menjadikannya server FTP. Untuk itu, Anda harus menginstal sistem operasi Linux di PC atau laptop Anda, kemudian melakukan instalasi vsftpd melalui repository software Linux yang digunakan.

Sebagai aplikasi FTP server default di beberapa distribusi Linux, vsftpd menawarkan beberapa fitur utama, antara lain sebagai berikut:

  • Ringan
  • Transfer file yang aman
  • Cepat
  • Mendukung IPv6

Transfer file antar perangkat adalah aktivitas rutin yang dilakukan di setiap lingkungan kerja modern. Dengan menggunakan FTP, transfer file antar perangkat bisa dilakukan dengan lebih mudah karena dilakukan secara remote, sehingga pengguna tidak perlu berjalan dan berpindah tempat hanya untuk mengirim file.

Karena fungsinya yang strategis dalam operasional sebuah kantor, aplikasi server FTP yang berjalan di sistem operasi Windows kebanyakan didistribusikan secara komersial. Anda harus membeli lisensi untuk bisa menggunakan aplikasi FTP server komersial yang banyak ditawarkan.

Meskipun demikian, aplikasi-aplikasi FTP server di atas menawarkan fungsionalitas dan fitur-fitur yang tidak kalah dengan aplikasi FTP server komersial. Anda bisa membangun server FTP secara ekonomis dengan memanfaatkan PC atau laptop dan kemudian menginstal aplikasi FTP server secara gratis. Proses transfer file antar komputer pun bisa berlangsung lebih efisien.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Alwan Rosyidi