Rumahweb Blog
banner blog - 10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

Aplikasi edit video untuk PC memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan online video editor. Pada aplikasi edit video, pengguna akan mendapatkan lebih banyak fitur dan fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk mengedit video.

Jika pada online video editor biasanya hanya dapat memotong video, menyambungkan video, menambahkan backsound, atau memberi caption sederhana, maka dengan aplikasi mengedit video, Anda dapat menambahkan filter, membuat efek, hingga melakukan color-grading.

Ada berbagai pilihan aplikasi mengedit video yang dapat digunakan, baik secara gratis atau berbayar. Berikut kami rangkum 10 aplikasi edit video terbaik 2021:

1. Adobe Premiere Pro

adobe-premier-pro- 10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

Salah satu aplikasi edit video yang paling banyak digunakan adalah Adobe Premiere Pro. Berada dalam satu perusahaan yang sama dengan Adobe Spark, aplikasi mengedit video ini menyediakan fitur yang lebih lengkap.

Tidak hanya menyediakan fitur standar seperti capture, titler, dan trim, Adobe Premiere Pro juga memiliki fitur lain yang lebih profesional, misalnya fitur color-grading, loudness meter, auto reformatting video, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki berbagai fitur lengkap, salah satu kelebihan Adobe Premiere Pro sebagai aplikasi pengedit video adalah kemampuannya mengedit video beresolusi tinggi, bahkan hingga kualitas 4K. Selain itu, Adobe Premiere Pro juga dapat membaca berbagai format video karena memiliki sistem codec yang lengkap.

Karena lengkapnya fitur yang disediakan serta kemampuannya mengedit video dengan berbagai format dan resolusi gambar, aplikasi mengedit video ini biasanya digunakan oleh para editor video yang sudah memiliki kemampuan dan pengalaman editing.

Oleh karena itu, jika ingin mencoba mengedit video dan memaksimalkan setiap fitur yang disediakan oleh Adobe Premiere Pro, maka Anda harus mempelajari cara pengoperasiannya terlebih dahulu.

Untuk dapat menggunakan Adobe Premiere Pro, Anda harus membayar biaya berlangganan dengan harga sekitar Rp 283.300 per bulannya pada paket individual. Namun jangan khawatir, Anda juga dapat mendaftarkan trial untuk mencoba aplikasi mengedit video ini secara gratis selama 14 hari.

2. Vegas Pro

Vegas Pro

Satu lagi aplikasi edit video yang memiliki fitur cukup lengkap dan biasa digunakan oleh para editor profesional, yaitu Vegas Pro. Hampir sama seperti Adobe Premiere Pro, aplikasi mengedit video ini ditujukan untuk orang yang sudah andal dalam mengedit video.

Jika Anda sudah cukup familiar dengan aplikasi mengedit video ini, maka Anda dapat menciptakan berbagai video menarik dengan cukup mudah. Menariknya, Vegas Pro juga menawarkan fitur animasi sehingga Anda tidak perlu membuat animasi sendiri.

Sama seperti aplikasi mengedit video sebelumnya, Vegas Pro dapat digunakan hanya jika Anda membeli lisensinya dengan harga $19.99 per bulan.

3. Windows Movie Maker

Windows-Movie-Maker-min

Windows Movie Maker adalah salah satu opsi yang dapat dipilih jika Anda ingin membuat video sederhana. Sesuai dengan namanya, aplikasi pengedit video ini memang hanya dapat digunakan oleh pengguna komputer atau laptop berbasis Windows saja.

Aplikasi edit video ini menawarkan beberapa kelebihan, seperti user interface yang mudah dipahami, memiliki fitur-fitur standar editing video, serta dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

4. Corel Video Studio Pro

corel - 10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

Sebagai salah satu perusahaan yang sama besarnya dengan Adobe, Corel juga menyediakan aplikasi mengedit video bernama Corel Video Studio Pro. Berbeda dengan Adobe Premiere Pro atau Sony Vegas Pro, aplikasi pengedit video  juga cocok digunakan oleh pemula.

Salah satu alasan mengapa Corel Video Studio Pro cocok digunakan oleh pemula adalah karena aplikasi edit video ini memiliki user interface yang cukup sederhana, namun dengan berbagai fitur yang tidak kalah lengkap.

Beberapa fitur yang dapat ditemukan pada aplikasi mengedit video ini antara lain clearer audio, creativity options, freeze frame, 4K hardware acceleration, dan fitur-fitur lain yang masih dapat dieksplorasi oleh pengguna.

Untuk dapat menggunakan Corel Video Studio Pro, Anda harus membeli lisensi aplikasi dengan harga $79.99.

5. Avidemux

Avidemux - 10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

Satu lagi rekomendasi aplikasi edit video yang dapat digunakan oleh pemula secara gratis, yaitu Avidemux. Meskipun gratis, aplikasi editing video ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan video dengan kualitas yang cukup tinggi.

Aplikasi edit video ini dapat digunakan oleh pemula karena memiliki user interface yang sederhana sehingga mudah dipahami. Avidemux memiliki beberapa fitur standar seperti memotong video, menambahkan filter, bahkan pengkodean sederhana.

6. OpenShot

OpenShot

Ada banyak pilihan aplikasi edit video yang dapat digunakan, baik berbayar maupun gratis. OpenShot adalah salah satu aplikasi mengedit video yang dapat digunakan secara gratis.

Anda tidak perlu membayar lisensi apa pun untuk dapat menggunakan berbagai fitur dan fasilitas yang disediakan oleh aplikasi edit video ini. Selain menyediakan fitur-fitur standar, OpenShot juga menyediakan fitur tambahan seperti curve-based Key Frame Animation.

Selain dapat digunakan secara gratis pada komputer atau laptop berbasis Windows, aplikasi edit video ini juga dapat digunakan pada OS Mac dan Linux.

7. Cyberlink PowerDirector

cyberlink PowerDirector - 10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

Cyberlink PowerDirector adalah salah satu aplikasi edit video PC yang banyak digunakan oleh para content creator di seluruh dunia. Selain menyediakan berbagai fitur standar untuk mengedit video, Cyberlink PowerDirector juga memiliki user interface yang intuitif dan mudah dipahami.

Dengan menggunakan aplikasi edit video ini, Anda dapat menambahkan efek pada video, mengelola media library dengan mudah, dan lain sebagainya. Selain itu, Cyberlink PowerDirector menawarkan biaya yang relatif murah dibanding dengan beberapa aplikasi sejenisnya.

Anda cukup menyiapkan biaya mulai dari $4.33 per bulan, maka Anda sudah dapat menggunakan aplikasi edit video ini.

8. HitPaw

Hitpaw

Aplikasi edit video ini menyediakan berbagai fitur lengkap yang dibutuhkan dalam mengedit video seperti crop, rotate, stop motion, dan masih banyak lagi. Selain itu, HitPaw juga menyediakan berbagai format video yang dapat digunakan ketika meng-export video yang sudah selesai diedit.

Aplikasi edit video ini memiliki user interface yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga cocok digunakan untuk para pemula. Menariknya lagi, HitPaw dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

9. Final Cut Pro X

Final Cut Pro - 10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

Jika Windows memiliki Windows Video Editor, maka sistem operasi Mac juga memiliki aplikasi video editor-nya sendiri, yaitu Final Cut Pro X. Aplikasi mengedit video ini menawarkan berbagai fitur lengkap yang cocok digunakan mulai dari pemula hingga profesional.

Selain berbagai fitur lengkap seperti penambahan efek, filter, hingga template video, Final Cut Pro X juga dapat digunakan untuk mengedit video dengan resolusi hingga 8K.

Bahkan, Anda juga dapat mengelola media library dengan perangkat Apple lain yang saling tersambung. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna yang menggunakan lebih dari satu perangkat dalam mengedit video.

Dengan berbagai fitur dan fasilitas yang ditawarkan, harga lisensi Final Cut Pro lebih mahal dibanding aplikasi pengedit video lainnya, yaitu sekitar Rp 4.99 juta. Namun, Anda juga bisa mendaftarkan trial untuk dapat mencoba aplikasi ini secara gratis selama 90 hari.

10. HitFilm Express

HitFilm Express - 10 Aplikasi Edit Video PC Terbaik 2021

Satu lagi aplikasi pengedit video yang dapat digunakan secara gratis, yaitu HitFilm Express. Menariknya, Anda tidak membutuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi untuk dapat menggunakan aplikasi edit video ini.

HitFilm Express cocok digunakan bagi para pemula yang baru mulai belajar mengedit, YouTuber yang harus mengedit video secara cepat, serta pelajar yang membutuhkan aplikasi pengedit video sederhana.

Baca juga artikel : Kiat Sukses Menjadi Youtuber

Tidak hanya menawarkan fitur-fitur standar dalam aplikasi edit video, HitFilm Express juga menyediakan add-on yang dapat ditambahkan pada aplikasi mengedit video ini. Namun, Anda harus membayar untuk dapat menikmati beberapa fitur tambahan.

Berikut tadi 10 rekomendasi aplikasi edit video PC terbaik yang dapat digunakan. Sebelum memutuskan aplikasi mana yang akan digunakan, pastikan Anda sudah membandingkan berbagai fitur yang ditawarkan dengan fitur yang dibutuhkan, serta mengecek biaya berlangganan yang ditawarkan.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda