Rumahweb Blog
banner blog - Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, ada berbagai hal yang bisa dieksplor tak hanya untuk mempercantik hasil foto, tapi juga untuk mengasah kreativitas dan imajinasi. Salah satunya adalah dengan membuat karya foto Anda menjadi video menggunakan bantuan aplikasi edit foto jadi video.

Untuk membuat sebuah konten yang menarik, terlebih jika akan diunggah ke media sosial atau disebarkan melalui medium apapun, Anda dapat mengedit foto menggunakan berbagai aplikasi edit foto, atau juga mengedit video menggunakan berbagai aplikasi edit video.

Mengubah foto menjadi video kini sudah jamak ditemui dan telah berubah menjadi tren tersendiri. Mungkin Anda sudah tidak asing melihat konten serupa berseliweran di media sosial berbasis foto dan video macam TikTok dan Instagram. Anda pun bisa membuat konten serupa hanya dengan berbekal smartphone.

Aplikasi edit foto menjadi video

Ada berbagai aplikasi edit foto menjadi video yang tersedia di Play Store smartphone Anda. Berikut kami rangkum 10 aplikasi edit foto jadi video yang dapat dicoba:

1. PicMotion – photo video slide

PicMotion - Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

Aplikasi edit foto jadi video yang dirilis oleh Smart App Innovation ini memiliki desain user-interface yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga cocok digunakan bagi pemula, bahkan yang tidak memiliki kemampuan editing sekalipun. 

Dengan PicMotion, Anda dapat dengan mudah menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah video pendek, lengkap dengan berbagai efek dan transisi yang dapat membuat video menjadi lebih menarik.

2. ClipMix – Video Maker

ClipMix - Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

ClipMix adalah salah satu aplikasi edit foto jadi video musik yang serba bisa. Selain dapat membuat video pendek dari beberapa foto, Anda juga dapat menambahkan musik, video, hingga teks dalam video buatan Anda.

Selain dapat menambahkan berbagai jenis klip, Anda juga dapat memotong bagian dari video yang dianggap terlalu panjang atau kurang sesuai dengan mudah. Menariknya lagi, aplikasi edit foto jadi video ini memberi beberapa pilihan ekspor.

Selain dapat mengekspor hasil video ke ponsel, Anda juga dapat mengunggah hasil video tersebut secara langsung ke media sosial seperti YouTube.

3. VivaVideo: Video Editor & Video Maker

VivaVideo - Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

Selain populer sebagai aplikasi edit video di Android, VivaVideo juga dapat digunakan sebagai aplikasi edit foto jadi video dengan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik hasil video yang dibuat.

Aplikasi edit foto jadi video ini cocok digunakan bagi Anda yang ingin membuat video terlihat lebih profesional. Dengan ratusan pilihan efek dan transisi, serta fitur yang memungkinkan Anda menambahkan teks hingga backsound, Anda dapat membuat video dari kumpulan foto dengan cepat dan mudah.

4. Loopsie – 3D Photo Dazz Cam & Pixeloop

Loopsie - Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

Apakah Anda pernah melihat unggahan foto dengan background atau objek tertentu yang bergerak di media sosial? Dengan Loopsie, Anda juga dapat membuat video semacam itu dengan mudah.

Caranya, cukup dengan mengambil video pendek yang ingin diunggah melalui aplikasi, kemudian blok atau tandai bagian tertentu dalam video yang ingin dianimasikan, dan hasil karya Anda siap diunggah di media sosial.

5. VIMAGE – Cinemagraph Animator & Live Photo Editor

VIMAGE - Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

Satu lagi aplikasi edit foto jadi video yang dapat membuat foto Anda seolah-olah bergerak, yaitu VIMAGE. Dengan aplikasi ini Anda tidak hanya dapat menggerakan foto saja.

Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk membuat hasil video Anda semakin menarik, seperti efek video, 3D camera, flow, dan magic sky.

Anda harus membayar biaya berlangganan dengan harga Rp34.000 per bulan untuk dapat menikmati seluruh fitur yang ditawarkan dan menghapus watermark pada bagian bawah video.

6. Plotagraph

Plotagraph - Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

Plotagraph adalah versi Android dari aplikasi edit foto jadi video berbasis iOS dengan nama yang sama. Tidak hanya memiliki nama yang sama, fitur-fitur yang ditawarkan oleh kedua aplikasi ini juga memiliki kesamaan.

Dengan aplikasi edit foto jadi video ini, Anda dapat menggunakan berbagai fitur seperti animation tool, selection tool, instant playback, hingga fitur untuk mengatur kecerahan foto.

Menariknya, hasil video dapat diekspor dalam tiga jenis file, Anda dapat memilih untuk mengekspor file GIF, MP4, atau PNG.

7. MyHeritage: Family Tree & DNA

MyHeritage - Aplikasi Edit Foto Jadi Video Gratis

MyHeritage sebenarnya adalah aplikasi yang dikembangkan oleh website MyHeritage.com, perusahaan silsilah online yang menyediakan alat tes DNA untuk mengetahui asal-usul etnis seseorang.

Namun dalam versi aplikasinya, MyHeritage menyediakan fitur DeepNostalgia yang dikembangkan dengan sistem AI (Artificial Intelligence) untuk menciptakan efek foto bergerak yang ‘menghidupkan’ foto lama Anda.

Aplikasi ini menjadi cukup populer karena banyak penggunanya yang menggunakan fitur DeepNostalgia ini untuk menggerakkan foto lama orang tua atau anggota keluarga lainnya.

Pastikan Anda mengunggah foto dengan wajah yang jelas agar teknologi AI yang  digunakan dapat memindai foto dengan lebih akurat dan menghasilkan video yang lebih realistis.

8. PixGram – video photo slideshow

PixGram - video photo slideshow

Pixgram adalah aplikasi edit foto menjadi video berlagu yang tidak hanya dapat membuat video dari kumpulan klip foto, video, dan musik saja. Anda juga dapat mengedit foto yang ingin ditampilkan langsung dari aplikasi ini.

Selain dapat disimpan pada smartphone, hasil video juga dapat diunggah langsung ke berbagai media sosial Anda.

9. PicsArt Photo Editor: Pic, Video, & Collage Maker

PicsArt Photo Editor: Pic, Video, & Collage Maker

Satu lagi aplikasi edit foto menjadi video berlagu yang dapat cukup populer di berbagai negara, yaitu PicsArt. Dengan aplikasi serba bisa ini, Anda tidak hanya dapat menambahkan lagu yang diinginkan sebagai backsound saja.

PicsArt juga menyediakan berbagai template grid foto yang memudahkan Anda untuk dapat membuat layout foto yang sesuai dengan keinginan. Selain itu Anda juga dapat menambahkan berbagai efek, filter, animasi, dan berbagai elemen lain yang disediakan.

 10. Funimate Video Editor: Music, Transitions, Effects

Funimate Video Editor: Music, Transitions, Effects

Aplikasi edit foto menjadi video yang terakhir adalah Funimate. Aplikasi ini cocok digunakan bagi para pemula yang ingin membuat slideshow dari beberapa foto dengan mudah.

Caranya, Anda cukup menambahkan foto-foto yang ingin ditampilkan dan menambahkan elemen-elemen lain seperti efek, filter, hingga musik, dan video pun sudah siap untuk diunggah ke media sosial.
Berikut tadi 10 rekomendasi aplikasi edit foto jadi video yang dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Kini Anda dapat mengunggah berbagai jenis foto, mulai dari slideshow hingga foto ‘bergerak’ yang akan membuat semua orang terkagum-kagum.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda