Rumahweb Blog
banner - 8 Aplikasi Edit Foto di HP yang Bisa Anda Gunakan-min

8 Aplikasi Edit Foto di HP yang Bisa Anda Gunakan

Di era sosial media seperti sekarang ini, di mana rata-rata attention span manusia telah menurun menjadi hanya 8 detik saja, menarik perhatian konsumen dan mempromosikan bisnis melalui media visual bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Menggunakan aplikasi edit foto bisa menjadi solusi untuk Anda dalam membuat visual yang menarik, tanpa perlu melalui proses yang susah.

Tiga puluh dua persen pemilik bisnis mengaku bahwa visual merupakan aspek terpenting dari strategi konten bisnis mereka. Maka, tidak ada salahnya Anda mulai mencoba memakai aplikasi edit foto untuk meningkatkan kualitas visual dari brand Anda.

Apa Itu Aplikasi Edit Foto?

Aplikasi edit foto adalah aplikasi software yang dirancang untuk mengedit foto di perangkat mobile. Untuk keperluan sebuah bisnis, aplikasi edit foto memungkinkan Anda untuk membuat strategi visual yang bagus, dengan menjadikan produk Anda terlihat lebih profesional, hanya dengan bantuan smartphone saja.

Aplikasi ini biasanya menawarkan berbagai fitur yang beragam, mulai dari cropping, pengontrolan shutter speed, dan menambahkan filter. Namun, Anda juga bisa menemukan aplikasi edit foto yang memungkinkan Anda untuk membuat kolase atau menawarkan setting otomatis untuk menggabungkan video. Jika Anda sedang berencana untuk meningkatkan aspek visual dari bisnis Anda, 5 aplikasi edit foto berikut ini bisa jadi alat bantu yang sangat berguna.

5 Aplikasi Edit Foto Gratis untuk Android dan iPhone

1. VSCO

VSCO : Aplikasi Edit Foto di HP

Seperti halnya Instagram, VSCO mengombinasikan kamera, editing tools, dan komunitas online. Namun, yang membuat VSCO begitu populer adalah filter-filternya.

Aplikasi edit foto gratis ini menyediakan sekumpulan filter-filter cantik yang akan membuat foto-foto Anda terlihat seolah-olah diambil dengan kamera analog. Filter-filter bernuansa soft dan subtil ini akan memberikan sentuhan berkelas ke foto-foto Anda, bila dibandingkan dengan filter preset Instagram lainnya yang kebanyakan terlihat terlalu “berat” dan tidak natural. Anda pun masih bisa melakukan penyesuaian melalui slider sederhana yang sangat mudah dioperasikan.

Tentu saja, aplikasi ini juga memiliki semua editing tool standar, seperti adjustments, cropping, borders, dan vignettes. Anda juga bisa memanfaatkan VSCO untuk mengatur exposure, contrast, temperature, atau skin tones.

Setelah selesai mengedit sebuah foto, Anda bisa langsung membagikannya dengan komunitas VSCO atau jaringan media sosial lainnya, seperti Instagram. Aplikasi edit foto ini bahkan juga mempermudah Anda untuk membagikan foto ke WhatsApp dan SMS menggunakan fitur sharing built-in yang dimilikinya.

2. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop express : Aplikasi Edit Foto di HP

Adobe Photoshop Express mengadaptasi sebagian besar editing tools yang dimiliki oleh Photoshop, dan memadatkannya dalam wujud mobile app. Kendati memiliki banyak fitur advanced, aplikasi edit foto gratis ini tetap mudah dioperasikan di layar touchscreen kecil.

Anda tinggal meng-upload foto dari device Anda, mengambil foto baru dari kamera, atau menggunakan gambar dari akun Adobe Creative Cloud, lalu bisa langsung melakukan edit foto.

Adobe Photoshop Express memiliki semua tools yang Anda harapkan, mulai dari cropping, red-eye correction, brightness, contrast, saturation, filters, hingga borders. Fitur terbaik yang ditawarkan oleh aplikasi edit foto ini adalah adanya smart filters. Filter jenis ini berguna untuk secara otomatis mengoreksi kesalahan-kesalahan yang umum terjadi, seperti color temperature dan masalah exposure.

Sebelum bisa menggunakan Adobe Photoshop Express, terlebih dahulu Anda harus sign up untuk mendapatkan akun Adobe ID gratis. Saat Anda selesai mengedit foto, Anda bisa menyimpannya langsung di device Anda atau membagikannya ke aplikasi marketing atau media sosial lainnya.

3. Adobe Photoshop Lightroom CC

Adobe Photoshop Lightroom - Aplikasi Edit Foto di HP

Jika Anda mengharapkan aplikasi yang lebih dahsyat lagi, cobalah Adobe Lightroom CC.

Versi aplikasi mobile dari salah satu software desktop populer ini akan memberikan pengalaman memakai editing tools profesional di genggaman tangan Anda. Lebih habatnya lagi, aplikasi edit foto ini bahkan juga bisa memproses file RAW (image dengan format kualitas tinggi yang lumrah digunakan oleh fotografer profesional)

Salah satu hal terbaik dari aplikasi gratis ini adalah fakta bahwa Adobe Photoshop Lightroom tidak mencoba untuk menyediakan fitur untuk menangani semua hal. Alih-alih, aplikasi ini fokus menyediakan adjustment tools berkualitas tinggi, yang dikemas sesederhana mungkin. Tools yang ada akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan light, detail, warna, distortion, dan grain dari foto yang diedit.

Jika memutuskan untuk memakai versi berbayarnya, tentu saja Anda akan mendapatkan fitur tambahan. Termasuk selective editing dan Adobe Sensei, sebuah sistem AI yang akan secara otomatis melakukan auto-tags pada gambar Anda berdasarkan kontennya, sehingga akan memudahkan Anda menemukan gambar yang ideal.

4. LiveCollage

Photo collage - Aplikasi Edit Foto di HP

Sebenarnya ada banyak aplikasi edit foto gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat kolase sederhana, seperti Photoshop Express, misalnya. Namun, LiveCollage akan memberikan pengalaman membuat kolase ke level yang lebih tinggi.

Aplikasi pembuat kolase foto ini menyediakan ribuan pilihan layout dengan beragam style dan background, sehingga hampir bisa dipastikan Anda akan menemukan yang paling cocok dengan kebutuhan dan selera artistik. Ditambah lagi, Anda bisa menambahkan teks dan mengkustomisasi font, warna, dan ukurannya.

Aplikasi edit foto satu ini juga menyediakan tools dasar untuk photo editing, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik ke aplikasi lain untuk membuat kolase yang sempurna.

5. Snapseed

Snapseed - Aplikasi Edit Foto di HP

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan dan interface yang intuitif, aplikasi edit foto milik Google ini tidak kalah jika diadu oleh software photo editor untuk desktop. Aplikasi edit foto gratis ini pun hadir dengan beragam preset filter yang bisa langsung Anda aplikasikan pada gambar yang hendak diedit secara instan. Namun, berbeda dengan kebanyakan aplikasi sejenis lainnya, di sini Anda bisa mengedit preset filter yang sudah ada, dan bahkan membuat sendiri dari awal sesuai yang Anda inginkan.

Di samping itu, Snapseed juga memiliki semua tools dasar yang esensial, seperti cropping, straightening, frames, text, vignettes, dan masih banyak lagi. Lebih mengesankannya, fitur sharpening-nya bisa bekerja dengan baik tanpa membuat gambar terlihat grainy.

Snapseed juga memiliki precision masking, yang memungkinkan Anda untuk mengedit tingkat kedalaman sebuah bidang yang ditampilkan dalam gambar. Biasanya, fotografer menggunakan fitur ini untuk membuat background sebuah foto menjadi lebih blur, sehingga membuat objek yang menjadi foreground lebih menonjol.

Ada pula tool Selective Adjust, yang memungkinkan Anda untuk memilih satu area spesifik dalam foto, untuk kemudian disesuaikan saturasi, kontras, dan kecerahannya.

Aplikasi Edit Foto Terbaik (Berbayar)

1. Enlight Photofox

Enlight Photofox merupakan aplikasi foto edit artistik yang gratis dan salah satu yang terbaik. Aplikasi ini bahkan pernah memenangkan Apple Design Award di tahun 2017.

Salah satu fitur paling terkenalnya adalah kemampuannya untuk menyatukan beberapa gambar jadi satu untuk menciptakan efek dramatis. Anda pun bisa menambahkan elemen grafis di gambar yang diedit.

Kendati memiliki banyak fitur yang sama dengan Photoshop, seperti layers, ada banyak hal yang perlu dipelajari terlebih dahulu sebelum bisa dengan fasih menggunakannya. Untuk bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada pada Photofox, Anda mungkin perlu menonton banyak video tutorial cara menggunakannya.

Sayangnya, versi gratisnya hanya memperbolehkan Anda untuk memakai dua layer saja dalam satu waktu. Jika ingin mengeksplorasi dengan lebih bebas, Anda bisa berlangganan versi pro-nya seharga $2.74 per bulan, atau dengan membeli sekali bayar seharga $64.99.

2. TouchRetouch

Anda pasti pernah mengambil sebuah foto bagus, tapi berharap bisa menghilangkan objek-objek di dalamnya yang mengurangi nilai keindahan foto. TouchRetouch adalah aplikasi edit foto yang bisa menjawab keinginan tersebut.

Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto yang satu ini untuk menghapus objek-objek seperti kabel listrik, rambu lalu lintas, atau tong sampah yang mungkin tidak sengaja masuk dan tertangkap dalam frame foto yang Anda ambil. Anda bahkan bisa menghapus noda-noda, jerawat di wajah, hingga photobomber yang iseng.

Kelebihan lainnya, adalah fakta bahwa aplikasi edit foto ini sangat mudah digunakan. Bahkan, Anda bisa menghapus hampir semua jenis objek hanya dengan satu ketukan saja.

Nikmati semua kemudahan di atas dengan membayar biaya langganan sebesar $1.99 per bulan.

3. Mextures

Mextures adalah aplikasi edit foto berbasis layer yang akan membuat proses editing kompleks tingkat lanjut menjadi terasa jauh lebih mudah dan sederhana.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menumpuk beberapa pengeditan dan adjustment yang berbeda di atas satu sama lainnya, untuk kemudian mengeditnya satu per satu. Kendati demikian, aplikasi ini juga memiliki banyak filter yang bisa langsung Anda aplikasikan untuk quick editing. Anda pun bisa menyimpan formula editing yang pernah dilakukan, untuk nantinya diaplikasikan di gambar-gambar lainnya.

Mextures juga terkenal karena aplikasi ini memiliki fitur efek dust, film grain, textures, gradients, dan light leaks yang terlihat natural dan mulus. Anda bisa mendapatkan semua kemudahan yang ditawarkan Mixtures dengan membayar langganan bulanan sebesar $1.99.

Demikian artikel kami tentang aplikasi edit video di HP yang bisa Anda gunakan, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Catra Wardhana