Rumahweb Blog
banner - 10 Website Online Video Editor yang Bisa Anda Gunakan-min

10 Website Online Video Editor Yang bisa Anda Gunakan

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengedit sebuah konten video. Misalnya dengan menggunakan jasa video editor, mengedit konten video menggunakan aplikasi video editor, atau bisa juga dengan menggunakan online video editor yang tersedia di internet.

Dengan semakin canggihnya gadget dimana rata-rata dilengkapi dengan kamera, video kini menempati konten tertinggi yang diakses di internet. Jika kita ingat awal mula kehadiran media sosial yang hanya mengutamakan teks, kini platform-platform media sosial berlomba untuk menghadirkan video sebagai konten. Buktinya dalam sekejap platform Tiktok yang sepenuhnya mengandalkan konten video berhasil menduduki peringat atas bersama-sama dengan Facebook dan Instagram.

Tidak sama seperti text dan foto yang editingnya cenderung lebih mudah dilakukan, untuk menampilkan konten yang menarik, video perlu diedit dan dirangkai scene-scenenya. Untuk itu lah kita perlu mengedit video sebelum menampilkannya.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat video secara mandiri namun masih asing dalam menggunakan aplikasi video editor, Anda dapat mencoba menggunakan online video editor. Dengan online video editing, Anda cukup mengakses website-nya, memilih template yang tersedia, dan mulai mengedit video sesuai keinginan.

Berikut kami rangkum 10 online video editor yang dapat menjadi referensi Anda:

1. Adobe Spark

adobe spark - 10 Website Online Video Editor

Adobe Spark merupakan platform untuk membuat konten visual yang dirilis sejak tahun 2016 oleh perusahaan Adobe yang juga menciptakan aplikasi Photoshop yang banyak digunakan.

Aplikasi ini merupakan gabungan dari tiga aplikasi pendahulunya, yaitu Adobe Post, Adobe Slate, dan Adobe Voice, yang menjadikan Adobe Spark tidak hanya bisa untuk mengedit video, namun juga untuk membuat atau mengedit desain grafis serta website

Sayangnya, online video editing ini hanya dapat meng-export video dengan durasi maksimal 30 detik secara gratis. Selain itu, Anda juga tidak dapat menghilangkan watermark pada video. Untuk menghilangkan watermark atau meng-export video dengan durasi lebih lama, Anda harus membayar biaya berlangganan dengan harga mulai dari Rp134.800 per bulan.

2. Canva Video Maker

canva - 10 Website Online Video Editor

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan platform ini. Selain dapat digunakan untuk membuat slide presentasi, brosur, undangan, serta konten grafis lainnya, Canva kini juga dapat digunakan untuk mengedit video.

Dengan Canva, penggunanya dapat memilih template yang tersedia, mengakses stok foto dan video, serta meng-export video tanpa watermark secara gratis.

3. PowToon

PowToon

PowToon adalah salah satu platform online video editor yang populer digunakan oleh banyak orang. Selain dapat digunakan secara online melalui situsnya, PowToon juga dapat diunduh gratis melalui Play Store atau App Store. 

Dirilis sejak 2012, PowToon menyediakan berbagai animasi unik serta template yang dapat digunakan untuk membuat video marketing, infografis, iklan, hingga presentasi.

4. Invideo.io

Invideo - 10 Website Online Video Editor

Meskipun ada banyak pilihan online video editor yang dapat digunakan, namun kebanyakan dari platform tersebut membatasi penggunaan secara gratis, dan Anda harus membayar biaya berlangganan jika ingin memaksimalkan fasilitasnya.

Bagi Anda yang mencari platform online video editor gratis, maka invideo.io adalah jawabannya. Dengan online video editor ini, Anda dapat mengedit video tanpa watermark dengan durasi hingga 5 menit. Menariknya, invideo.io juga menawarkan kualitas export video yang cukup tinggi, hingga 720p.

Invideo.io juga menyediakan biaya berlangganan yang relatif murah dibanding online video editing lainnya. Dengan harga mulai dari $15 per bulan, Anda sudah dapat merasakan berbagai fasilitas premium seperti akses ke template premium, dan resolusi export video hingga 1080p.

5. Animoto Marketing

Animoto - 10 Website Online Video Editor

Online video editor ini sebenarnya menawarkan dua platform, yaitu Animoto Marketing dan Animoto Memories. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai Animoto Marketing yang dapat digunakan untuk membuat video-video untuk perusahaan Anda.

Beberapa online video editor lain umumnya menawarkan template, stok foto atau animasi yang dapat digunakan ketika membuat video. Sedikit berbeda dengan kebanyakan online video editor lainnya, Animoto hanya menyediakan stok musik atau backsound.

Animoto menyediakan pilihan resolusi, mulai dari 360p hingga 1080p yang dapat dipilih ketika akan meng-export video. Sayangnya, Anda harus mendaftar keanggotaan untuk dapat menghilangkan watermark dengan harga mulai dari $15 per bulan.

6. Biteable

Biteable - 10 Website Online Video Editor

Sesuai dengan klaimnya sebagai world’s simplest video maker, Biteable merupakan online video editor dengan tampilan yang paling sederhana dan mudah dimengerti. Setelah selesai mendaftar, akan ada panduan mengenai pembuatan video yang cukup jelas.

Biteable menyediakan 5 template yang dapat dipilih, yaitu Real Estate Ad, Restaurant Ad, IT Support Ad, Accountant Ad, serta Marketing Agency Ad yang cocok digunakan untuk membuat video dengan durasi 2-3 menit. 

Sayangnya, Anda harus membayar biaya berlangganan dengan harga mulai dari $29 per bulan untuk menghilangkan watermark pada video dan meng-export dengan resolusi maksimal, 1080p.

7. WeVideo

WeVideo - Aplikasi edit video online

WeVideo adalah salah satu online video editor yang banyak digunakan baik untuk pemula hingga profesional. Tidak hanya dapat digunakan secara online pada perangkat Windows dan Mac, platform online video editor ini juga dapat diunduh dan digunakan pada ponsel iOS serta Android.

Menariknya, WeVideo menawarkan stock library yang terintegrasi langsung di editor, sehingga akan memudahkan penggunanya dalam mencari animasi visual dan menggunakannya pada video.

Sama seperti kebanyakan online video editor lainnya, WeVideo akan menambahkan watermark pada video yang hanya dapat dihilangkan dengan membayar biaya berlangganan mulai dari $9.99 per bulannya.

8. Magisto

Magisto - Aplikasi edit video online

Platform online video editor ini memiliki fitur dan fasilitas yang hampir sama dengan WeVideo. Anda cukup memilih template yang sudah tersedia, mengunggah foto dan video yang ingin digunakan, dan Magisto akan membuat video secara otomatis.

Tidak hanya memiliki kesamaan pada fitur dan fasilitas yang disediakan, Magisto juga mengharuskan pelanggan membayar biaya berlangganan namun dengan harga yang lebih murah yaitu mulai dari $4.99 per bulan, untuk dapat menghilangkan watermark di akhir video.

9. Kizoa

Kizoa

Kizoa dikenal dapat memberikan berbagai efek khusus serta animasi dalam video yang dibuat. Selain itu, Kizoa juga menawarkan beberapa fitur yang jarang ada pada platform online video editor lainnya seperti ratio video dan instant playback.

Selain itu, Kizoa menawarkan biaya berlangganan dengan harga mulai dari $29.99 yang hanya dibayarkan satu kali saja. Hal ini berarti Anda tidak perlu menyiapkan dana untuk memperpanjang akun premium per bulan atau per tahunnya.

Sedangkan jika Anda menggunakan Kizoa secara gratis, Anda tetap bisa membuat video dengan durasi hingga 2 menit dan resolusi maksimal 720p. Namun, Kizoa akan tetap menambahkan watermark pada video yang hanya dapat dihilangkan dengan membayar biaya berlangganan.

10. Lumen5

Lumen5

Online video editor satu ini memiliki fitur stok media standard, template, musik, serta kapasitas export 5 video per bulannya secara gratis. Selain itu Lumen5 juga memiliki fitur menarik, yaitu membuat video dari artikel.

Meskipun dapat meng-export hingga 3 video setiap bulannya, namun Lumen5 hanya menyediakan resolusi maksimal 720p, serta watermark di akhir video yang hanya dapat dihilangkan dengan membayar biaya berlangganan.

Sedikit lebih mahal dibanding online video editing lainnya, Lumen5 menawarkan biaya berlangganan mulai dari $11. Namun, Anda juga akan mendapatkan akses ke stok media premium yang dapat digunakan dalam membuat video.

Berikut tadi 10 rekomendasi website online video editor sebagai referensi Anda dalam membuat video tanpa perlu menginstal software pada komputer atau laptop. Meskipun dapat digunakan secara gratis, biasanya online video editing akan tetap memunculkan watermark pada video yang hanya dapat dihilangkan dengan membayar biaya berlangganan.

Oleh karena itu pastikan Anda menyesuaikan dengan fitur yang dibutuhkan dan budget yang sudah ditentukan sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu online video editor di atas.

Demikian 10 website online video editor rekomendasi dari Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Agnes Sony Tianinda