Rumahweb Blog
banner artikel - Mengenal Apa Itu Output adalah

Apa Itu Output? Pengertian, Jenis Beserta Contohnya

Input dan output adalah dua komponen penting agar sebuah perangkat dapat digunakan. Output adalah hasil dari input yang dimasukkan pengguna. Sinyal output yang muncul akan berkaitan dengan data yang diminta sebelumnya. 

Setelah sebelumnya kami membahas apa itu input, pada artikel ini Rumahweb Indonesia akan membahas secara lengkap terkait apa itu output beserta contohnya. Sebelumnya, pastikan Anda telah memahami apa itu input terlebih dahulu!

Output adalah komponen penting, karena berkaitan dengan perintah yang Anda berikan. Output berguna untuk menampilkan hasil dari nilai tertentu. Selain itu, Output yang tidak sesuai bisa terjadi jika ada kegagalan proses.

Penasaran dengan apa itu output hingga contoh-contohnya? Simak penjelasan selengkapnya dari Rumahweb Indonesia berikut ini!

Pengertian Output

Input dan output adalah bagian penting dari sebuah perangkat. Tanpa keduanya, perangkat tentu tidak dapat digunakan. Output adalah hasil dari suatu proses yang diminta melalui proses input, baik berupa gambar, suara, atau hasil lainnya.

Tanpa output yang berfungsi, Anda tidak mungkin mengetahui apakah perintah yang diminta dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Promo Hosting Murah Rumahweb

Sama seperti input, output adalah komponen yang dapat dibagi menjadi dua kategori umum, yakni output device dan program. Output device dapat berupa gambar, suara, atau hasil lain, tergantung dari program yang dieksekusi.

Output program merujuk pada tampilan yang muncul setelah Anda memberi input, misalnya hasil pencarian setelah Anda mengetikkan suatu keyword di menu search.

Jenis dan Contoh Output

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, output dapat dibagi menjadi dua jenis atau kategori, sebagai berikut:

Output Device

Output device adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari proses yang dilakukan komputer. Selain itu, Output device memungkinkan komputer menyampaikan informasi kepada pengguna atau sistem lain, dalam bentuk yang dapat diterima oleh pengguna atau perangkat tersebut.

1. Monitor

Monitor berfungsi menampilkan hasil yang dapat disaksikan, baik untuk program aplikasi atau sebagai televisi.

Ada berbagai jenis monitor yang tersedia, misalnya monitor cembung, LCD, atau LED. Seperti namanya, monitor hanya berfungsi untuk menampilkan gambar dari proses input.

2. Printer

Printer adalah bagian dari perangkat output yang dapat menampilkan hasil sesuai input user. Tidak seperti monitor yang menampilkan gambar untuk dilihat, output printer akan menampilkan hasil cetak yang dapat dapat disentuh (hard-copy).

3. Speaker

Speaker adalah output device yang mampu menghasilkan suara setelah sebelumnya diolah oleh program tertentu. Ada beberapa output device lain dengan fungsi serupa speaker, seperti headset, earphone, dan lain-lain.

BACA JUGA : Apa itu Hardware? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Output Program

Jika output device adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil input, output program adalah program komputer yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan atau menampilkan hasil dari sebuah proses yang dilakukan.

Output program membutuhkan perangkat keras, seperti monitor, untuk menampilkan hasilnya. Hasil yang ditampilkan oleh output program pun sangat beragam, mulai dari teks, angka, gambar, atau data lain, sesuai yang diminta pengguna.

1. Web Pencarian

Web pencarian adalah salah satu produk output digital yang dapat menampilkan hasil sesuai input. Anda membutuhkan output device, seperti monitor, untuk melihat hasil dari web pencarian yang dimasukkan.

Output web pencarian dapat berupa teks, gambar, video, dan lagu, sesuai permintaan yang dikirimkan. Contoh dari web pencarian yang populer misalnya, Google Search, Bing Search, atau Yandex Search.

2. Permainan/Game

Contoh output pada game sangat beragam. Misalnya, pada permainan mobil balap. Ketika Anda klik tombol panah kanan di keyboard atau joystick, maka mobil tersebut akan berbelok ke kanan, sesuai dengan input yang diterima. 

BACA JUGA : Browser Games Terbaik yang Bisa Anda Mainkan Sekarang

3. Error website

Error website adalah contoh hasil output program berupa pesan ketika ada kesalahan program yang dijalankan. Contoh error di website yang paling sering dijumpai adalah ketika terdapat kesalahan syntax, yang memunculkan output pesan error.

Selengkapnya tentang troubleshooting kegagalan akses website bisa Anda pelajari pada artikel berikut.

Itulah pembahasan kali ini tentang apa itu output hingga contoh lengkapnya dari Rumahweb. Kesimpulannya, input dan output adalah dua komponen yang saling berkaitan dan memiliki peran penting dalam sebuah perangkat. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Dedicated Server

Fredric Lesomar