Rumahweb Blog
Banner - Apa Itu PC (Personal Computer) adalah serta Komponennya

Apa Itu PC (Personal Computer) serta Komponennya

Personal computer atau lebih dikenal dengan PC adalah istilah yang sudah akrab didengar, terutama pada masa moderen ini. Adanya PC tentu sangat memudahkan segala pekerjaan manusia, mulai dari mendapatkan informasi hingga pengelolaan informasi atau data. 

Namun, apa sajakah komponen pendukung yang ada didalamnya, sehingga PC menjadi salah satu perangkat sangat dibutuhkan di masa sekarang? Berikut Rumahweb bahas selengkapnya tentang apa itu PC melalui artikel ini!

Apa Itu PC?

PC adalah singkatan dari Personal computer, yaitu istilah yang merujuk pada sebuah perangkat elektronik untuk mengolah data dan menghasilkan informasi sesuai perintah penggunanya.

Sesuai dengan namanya, PC adalah perangkat yang umumnya digunakan oleh individu atau perorangan. PC adalah perangkat elektronik yang dapat dijumpai di rumah sebagai kebutuhan pribadi, sekolah ataupun kantor, bahkan pusat perbelanjaan, sehingga spesifikasi yang diberikan pun beragam, sesuai dengan kebutuhan.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, PC sangat membantu penggunanya untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan mudah dan praktis. 

Apa saja Fungsi PC?

Selain memudahkan pekerjaan pengguna, PC juga menawarkan beberapa fungsi lain di antaranya:  

1. Data Input (Memasukan Data)

PC berfungsi untuk menerima data atau informasi dari luar, baik dari perangkat lain ataupun informasi yang didapatkan dari internet. Informasi didapatkan karena ada aktivitas user melalui hardware yang digunakan.

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

2. Mengolah Data

Fungsi kedua dari PC adalah untuk melakukan pengolahan data atau informasi yang diproses oleh komputer, sehingga mampu menghasilkan artikel, gambar, video, grafik, dan lainnya.

3. Penyimpanan Data

Dengan adanya PC, pengguna dapat menyimpan data atau informasi sesuai kebutuhan pada memori internal maupun eksternal. PC juga dapat membantu pengguna untuk menemukan kembali data yang dibutuhkan dengan mudah.

4. Data Output (Keluaran Data)

PC akan membantu pengguna untuk “menikmati” hasil pengolahan data yang dilakukan sebelumnya. Data output yang dimaksud seperti file audio, hardcopy informasi, dan lain sebagainya. 

Komponen penyusun PC

Setelah memahami pengertian dan kegunaan PC secara umum, mari kita bahas komponen pendukung kinerja PC sehingga bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan penggunanya. Beberapa komponen tersebut antara lain: 

1. Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau perangkat keras pada PC adalah salah satu komponen utama yang dibutuhkan dalam penyusunan PC. Perangkat keras yang dimaksud adalah perangkat PC yang dapat dilihat secara fisik, diraba, dan dirasakan.

Hardware terdiri atas 5 bagian pendukung, yakni: 

Input Device (Perangkat Masukan)

Input device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan data maupun informasi dalam bentuk artikel, video, audio, gambar, dan lainnya ke komputer.

Contoh: power supply, mouse, keyboard, scanner, dan lainnya.

Process Device (Perangkat Proses)

Process device adalah komponen perangkat keras pada komputer yang menjalankan proses mengolah data masukan.

Contoh: motherboard, VGA, Hardisk, CPU & RAM, dan lainnya. 

Output Device (Perangkat keluaran)

Perangkat keras ketiga pada PC adalah output device yang memiliki fungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data oleh komputer untuk diberikan kepada pengguna.

Contoh: printer, proyektor, monitor, dan lain-lain.

Storage Device (Perangkat Penyimpanan)

Seperti namanya, fungsi komponen keempat pada PC adalah sebagai perangkat yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi dari komputer.

Contoh: hard disk, flash disk, dan optical disk.

Peripheral device (Perangkat Tambahan)

Komponen hardware yang terakhir ini merupakan perangkat yang pada umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

Contoh: modem.

2. Software (Perangkat Lunak)

Komponen kedua yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja PC adalah software, atau yang biasa dikenal dengan perangkat lunak. Berbeda dengan hardware, software tidak dapat dilihat dan diraba secara fisik.

Software merupakan sebuah sistem yang bekerja didalam perangkat keras dengan memproses segala perintah atau instruksi yang diberikan pada komputer, sehingga fisiknya tidak dapat diraba oleh indra manusia.

Perangkat lunak terdiri atas beberapa elemen pendukung: 

Operating System (Sistem Operasi)

Operating system, atau biasa dikenal OS, berfungsi untuk mengendalikan atau mengorganisir seluruh komponen yang ada di dalam komputer, mulai dari cara komputer menentukan untuk menyimpan file, menjaga keamanan, hingga berkomunikasi dengan periferal.

Contoh: Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.

Programming Language (Bahasa Pemrograman)

Bahasa pemrograman merupakan software yang memungkinkan user untuk memberikan perintah dengan bahasa yang dimengerti oleh komputer.

Contohnya seperti, JavaScript, Python, PHP, dan bahasa lainnya. 

Program Aplikasi 

Software aplikasi adalah suatu program yang penggunaannya ditujukan untuk bidang tertentu, karena ditulis menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Contoh: Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Powerpoint, dan masih banyak lagi.

Utility (Software Pembantu)

Utility adalah program yang digunakan sebagai perangkat tambahan untuk membantu sistem operasi pada komputer.

Contoh: Mozilla Firefox, Google Chrome, berbagai aplikasi antivirus, dan lain-lain.

3. Brainware

Pengguna atau user yang menggunakan PC untuk mengolah dan memberi instruksi pada komputer disebut sebagai brainware. Pada komponen ini, user atau manusia juga mengambil bagian dalam merancang dan mengelola sistem pada komputer agar dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Lebih lengkap tentang brainware bisa dibaca melalui artikel: Cari Tahu Apa Itu Brainware Beserta Contohnya

Dapat disimpulkan bahwa PC adalah perangkat yang memang bisa memudahkan penggunanya menyelesaikan pekerjaan, bahkan pemilihannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sekian penjelasan dari Rumahweb tentang apa itu PC hingga komponennya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4.4 / 5. Vote count: 7

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Bernadetta Azalia

Halo, saya Berta! Saya OrangRumah yang memiliki hobi fotografi dan menulis. Semoga artikel di Rumahweb yang saya tulis bisa membantu Anda lebih mudah memahami beberapa hal tentang teknologi : )