Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu input adalah - Pengertian dan Contoh Lengkapnya

Apa Itu Input? Pengertian dan Contoh Lengkapnya

Pasti Anda sudah familier dengan penggunaan berbagai perangkat pintar dalam kehidupan sehari-hari. Input adalah salah satu alur kerja yang diperlukan agar perangkat dapat melakukan hal yang diperintahkan.

Perangkat cerdas membutuhkan suatu perintah dari input untuk dapat memproses hasil, berupa output yang diinginkan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga memerlukan input/masukan, berupa feedback. Entah yang menghasilkan hal baik, buruk, maupun yang tujuannya memang untuk berinteraksi saja.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai input yang berkaitan dengan komputer dan perangkat cerdas lainnya. Dalam hal ini, kita lebih mengenal dengan istilah I/O.

Input dalam perangkat dapat berupa program ataupun device yang nantinya akan menghasilkan tampilan yang diinginkan. Misalnya, ketika Anda ingin menjalankan program edit foto, perangkat pasti membutuhkan perintah dari input, seperti klik Open atau Edit yang nantinya dapat dilihat hasilnya.

Input antara program dan perangkat cerdas memiliki keterkaitan dan saling berinteraksi, untuk menghasilkan output yang diinginkan. Lalu, apakah tanpa input perangkat cerdas dapat berjalan dengan baik? jawabannya tidak! Input adalah perintah atau masukan yang dibutuhkan agar perangkat dapat bekerja dan menghasilkan output yang diinginkan.

Apa itu Input?

Input adalah perintah atau masukan yang bertugas menghubungkan sistem informasi, seperti komputer, dan dunia luar.

Contoh sederhana dari input adalah, ketika Anda ingin memasukan username dan password kemudian dilanjutkan dengan klik tombol login di komputer. Anda membutuhkan hardware tambahan seperti mouse dan keyboard, agar Anda bisa mengetikkan username dan password beserta klik tombol loginnya melalui mouse.

Perangkat cerdas membutuhkan input untuk dapat bekerja, karena input adalah bagian terpenting ketika ingin melakukan sesuatu, baik menghasilkan gambar, suara, atau hasil lainnya.

Pada arsitektur komputer dari CPU dan memori utama, CPU bertugas untuk membaca atau menulis langsung menggunakan instruksi individual, dan dianggap sebagai otak komputer. Setiap transfer informasi ke atau dari CPU/, misalnya dengan membaca data dari disk drive, akan dianggap sebagai I/O. 

CPU dan sirkuit pendukungnya dapat menyediakan I/O yang dipetakan oleh memori, seperti dalam penerapan driver perangkat atau sekedar dapat menyediakan akses ke saluran I/O.

Algoritma I/O adalah salah satu algoritma yang dirancang untuk menghubungkan antar hardware dan bekerja secara efisien saat bertukar data dengan perangkat penyimpanan sekunder, seperti disk.

BACA JUGA: Apa Itu Interface? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Jenis dan Contoh Input

Input adalah sebuah perintah komputer yang dapat dibagi menjadi dua jenis, baik pada perangkat keras maupun program komputer. Kedua jenis ini sama-sama dapat Anda jumpai pada perangkat cerdas seperti komputer dan smartphone. Dua jenis input adalah sebagai berikut:

Input Device

Input device adalah perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk memasukkan data atau informasi ke dalam komputer dan menyampaikan informasi ke dalam sistem.

1. Mouse

Mouse adalah perangkat keras yang umumnya terdiri atas dua tombol dan sebuah bola atau laser di bawahnya untuk menggerakan kursor (pointer) pada layar komputer.

Fungsi mouse yaitu untuk menggerakan kursor agar Anda dapat menjalankan input dalam komputernya, seperti mengeksekusi sebuah program, dan menghasilkan output.

2. Keyboard

Keyboard adalah alat bantu ketik elektronik yang multifungsi, karena dapat menginputkan suatu perintah dasar dalam bentuk huruf, angka, maupun karakter tertentu.

Hardware ini juga bisa menggantikan sebagian besar peran mouse, karena umumnya memiliki beberapa tombol alternatif yang berhubungan langsung dengan sistem komputer, misalnya tombol Windows.

3. Joystick

Joystick adalah input device yang biasa digunakan ketika pengguna ingin memainkan game/permainan di perangkat. Salah satu permainan yang paling gemar dimainkan di komputer atau laptop adalah PES yang membutuhkan Joystick sebagai input ke game.

Joystick adalah perangkat elektronik yang unik, karena memiliki beragam tombol yang akan mengirimkan input untuk mengontrol program tertentu, seperti karakter digital dalam suatu permainan.

BACA JUGA: Bahasa Pemrograman: Definisi, Fungsi, Macam, dan Contohnya

Input Program

Input program adalah bagian dari sebuah program komputer yang bertanggung jawab untuk menerima input dari pengguna atau sistem lain. Selain itu, input program dapat berupa apa saja, termasuk teks, angka, gambar, atau data lain yang dibutuhkan oleh program untuk melakukan tugas yang diinginkan.

1. Username dan Password

Username dan password pada program input berfungsi untuk menginputkan data berupa nama, nomor, atau karakter unik lainnya yang kemudian akan disimpan dalam Disk.

Hampir di semua device baik itu komputer dan smartphone, telah dilengkapi dengan username dan password untuk bisa menggunakannya.

2. NotePad

NotePad merupakan program pencatatan yang dapat difungsikan sebagai jurnal atau sekadar menyusun kode-kode website. Sama seperti username dan password, NotePad memerlukan bantuan keyboard agar dapat menginput data.

3. Button

Button, atau biasa dikenal sebagai tombol, merupakan input berbasis aplikasi yang akan dilanjutkan ke bagian proses dan menghasilkan output berupa pesan selamat datang atau lainnya.

Tombol atau Button ini juga bisa Anda jumpai sebagai perangkat keras, contohnya pada tombol power komputer atau smartphone.

Demikian artikel tentang apa itu input beserta contoh lengkapnya dari Rumahweb. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Fredric Lesomar