Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu Hardware Adalah

Apa itu Hardware? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Apa itu hardware? Dalam bahasa Indonesia, hardware adalah perangkat keras. Menurut KBBI Edisi V, perangkat keras merupakan peralatan fisik yang sifatnya tangible atau berwujud, seperti mouse, keyboard, atau monitor.

Jika pada artikel sebelumnya Rumahweb membahas tentang apa itu software, kali ini kami akan mengulas tentang apa itu hardware.

Secara sederhana, hardware adalah perangkat keras berupa komponen fisik nyata yang membentuk sebuah sistem komputer, yang berfungsi untuk menunjang  kinerja dari komputer itu sendiri. 

Banyak informasi lain yang bisa Anda ketahui tentang hardware secara lebih luas. Seperti apa itu hardware, macam-macamnya dan fungsinya, hingga contohnya. Simak ulasan berikut!

Apa itu Hardware?

Hardware adalah perangkat dari logam yang mendukung sistem komputer. Contohnya seperti motherboard, webcam, Central Processing Unit (CPU), mouse, monitor, dan masih banyak lagi. 

Hardware adalah komponen yang sangat penting, karena tanpanya, software tidak dapat dioperasikan untuk bisa menghasilkan sesuatu yang berguna.

Kecepatan sistem komputer juga bergantung pada hardware yang digunakan. Meskipun demikian, tetap dibutuhkan kerja sama antara hardware dan software agar komputer dapat berfungsi dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk membeli komputer atau laptop, disarankan untuk menentukan kebutuhan kerjanya terlebih dahulu. Hal ini karena komputer yang digunakan untuk urusan administrasi kantor, tentu berbeda dengan kebutuhan komputer untuk video editor atau gamers.

BACA JUGA: Apa Itu Firmware? Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Fungsi Hardware

Hardware adalah perangkat dengan fungsi yang berbeda-beda pada setiap susunannya. Ada empat fungsi hardware yang penting diketahui: input, output, tempat penyimpanan, dan tempat memproses.

1. Memberi Input

Sebagai komponen fisik, hardware berfungsi untuk memberi input. Dimulai dari hardware, memasukkan input berupa action atau perintah. Selanjutnya data akan diproses pada tahap berikutnya.

Contoh hardware untuk memberi input di antaranya seperti mouse, keyboard, dan scanner.

2. Mengeluarkan Output 

Fungsi selanjutnya dari hardware adalah sebagai output yang menjadi timbal balik bagi pengguna. Output ini bisa berupa suara, display, atau lainnya. Contohnya seperti monitor, speaker, dan printer.

3. Menyimpan Data

Hardware adalah komponen komputer yang juga berfungsi untuk menyimpan data, baik sementara atau permanen. Contohnya seperti SSD, hardisk, dan RAM.

Lantas, bagaimana dengan penyimpanan online, seperti cloud hosting? Jawabannya, jenis penyimpanan tersebut tetap memakai hardware penyimpanan data, seperti SSD dan HDD.

4. Memproses Data

Fungsi terakhir dari hardware adalah sebagai media pemrosesan data. Setelah input dimasukkan, berikutnya data tersebut akan diproses. Contoh hardware ini adalah Graphics Processing Units (GPU) dan Central Processing Unit (CPU).

Macam-macam Hardware

Hardware dapat dibagi menjadi tiga jenis, berdasarkan fungsinya, yakni: input hardware, processing device/hardware, dan output hardware

1. Input Hardware

Input hardware adalah perangkat komputer yang gunanya memasukkan data. Setelah input masuk, barulah terdapat bahan untuk tahapan selanjutnya. Contoh input hardware adalah seperti keyboard, mouse, dan microphone.

2. Processing Device/Hardware

Process device atau hardware adalah tempat data diolah dalam komputer. Hardware sering disebut sebagai “otak” komputer. Data yang diperoleh dari input hardware, akan diproses di processing device atau hardware . Contoh processing device/hardware adalah RAM, CPU, dan sebagainya.

3. Output Hardware

Terakhir, output hardware, atau perangkat keras keluaran. Fungsi output hardware adalah untuk mengeluarkan output sebagai feedback kepada user komputer.

Contoh output hardware adalah perangkat yang mampu menampilkan gambar atau video, mengeluarkan suara, dan sebagainya. Misalnya, layar monitor dan speaker.

BACA JUGA: Apa Itu Input? Pengertian dan Contoh Lengkapnya

Contoh Hardware

Berdasarkan contohnya, hardware dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni berdasarkan letak dan kegunaannya. Berikut beberapa contoh hardware yang umum dipakai pada komputer atau laptop:

Berdasarkan Letak

Beberapa hardware penting berdasarkan letak adalah sebagai berikut:

1. Internal Hardware

Internal hardware adalah berbagai komponen fisik yang ada dalam komputer, seperti:

  • Motherboard 
  • RAM (Computer Memory) 
  • Graphics Card (GPU) 
  • Central Processing Unit (CPU)
  • Sound Processing Card 
  • Internal Hard Drives, seperti HDD dan SSD.
  • Cooling Fans dan Heat Sinks
  • Power Supply Unit 
  • Disk Drives, seperti CD, DVD, Blu-ray, floppy drive, dan sebagainya
  • Network dan Modem Unit

2. External Hardware

JIka internal hardware adalah komponen yang berada di dalam komputer, external hardware merupakan komponen yang berada di luar komputer, sebagai berikut:

  • Keyboard 
  • Monitor
  • Mouse 
  • Printer 
  • Speaker 
  • Scanner 
  • USB Flash Drive
  • Microphone 
  • Joysticks, gamepad, atau perangkat gaming controller lainnya
  • Headset, headphone, dsb.
  • Penyimpanan eksternal

Berdasarkan Kegunaan

Berikutnya adalah contoh hardware berdasarkan kegunaan, sebagai berikut:

1. Motherboard

Sebagai penyatu semua bagian, motherboard merupakan hardware yang dapat dikatakan berperan layaknya “tulang punggung” atau “ibu”. Motherboard merupakan papan sirkuit dengan sejumlah soket dan slot yang dipakai untuk menghubungkan berbagai hardware lainnya.

Komputer dapat berfungsi apabila CPU (Central Processing Unit), hard drive, RAM (Random Access Memory), dan video card yang tersambung ke motherboard bekerja sama dengan baik. 

2. Central Processing Unit (CPU)

Tak jarang orang hanya melihat komponen yang terpampang nyata di depan mata. Padahal, banyak perangkat yang bekerja di “belakang layar” dan menjadi penentu dari berbagai tindakan di komputer, salah satunya adalah CPU.

Sebagai otak komputer, chip kecil ini memiliki kekuatan besar yang berperan untuk memproses perintah masuk dan keluar. 

Sebagai contoh, ketika Anda membuka dokumen di Microsoft Word, halaman pengolah kata tersebut akan muncul di layar dalam waktu singkat.

3. Graphic Card (GPU)

Awalnya, GPU hanya digunakan untuk rendering 3D. Lambat laun unit tersebut berkembang dan menjadi lebih serba guna. Secara tujuan, sebenarnya GPU hampir mirip dengan CPU. Hanya saja, GPU dikhususkan untuk grafis, sementara CPU memproses setiap tugas. 

4. Penyimpanan Utama (Primary Storage)

Komponen penyimpan data di komputer berupa cache CPU dan RAM. Memori cache merupakan penyimpanan data sementara yang didedikasikan untuk CPU, sedangkan RAM (Random Access Memory) digunakan untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan untuk menjalankan program. 

5. Secondary Storage

Sama seperti konsep penyimpanan online seperti cloud server, secondary storage sangat dibutuhkan untuk melakukan backup dari data utama, untuk meminimalisasi risiko downtime atau kehilangan data.

Hard disk drive (HDD) terdiri atas piringan serta lengan logam yang dilapisi secara magnetis dan ditempatkan pada casing kedap udara. Perangkat ini dirancang untuk membaca dan menulis data.

Di sisi lain, solid state drive (SSD) menggunakan sistem yang cukup berbeda. Selain itu, penyimpanannya juga dirancang sebagaimana memori RAM atau stik USB.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Output Beserta Contoh Lengkapnya

Kesimpulan

Jadi, apa itu hardware? Singkatnya, hardware adalah perangkat dan piranti dari logam yang mendukung sistem komputer, seperti motherboard, webcam, Central Processing Unit (CPU), mouse, monitor, dan sebagainya.

Ada empat fungsi hardware yang penting diketahui, yakni input, output, tempat penyimpanan, dan tempat memroses. Berdasarkan fungsinya, hardware dapat dibagi menjadi tiga bagian besar, yakni input hardware, processing device/hardware, dan output hardware.

Kemudian berdasarkan contohnya, hardware adalah komponen yang dapat dibagi menjadi dua bagian, berdasarkan letak dan kegunaannya. Berdasarkan letak, hardware dapat dibagi menjadi internal dan external hardware. Sedangkan berdasarkan kegunaan, beberapa contohnya seperti motherboard dan Central Processing Unit (CPU).

Demikian artikel dari Rumahweb tentang apa itu hardware, fungsi, jenis, hingga contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 1

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Domain & Hosting Gratis di Rumahweb

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.