Rumahweb Blog
Banner - Apa itu WAN (Wide Area Network) adalah

Apa itu WAN (Wide Area Network) dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu WAN? WAN adalah kepanjangan dari Wide Area Network, yakni jaringan yang dapat dipakai untuk menerjemahkan salah satu jaringan dengan cakupan wilayah yang sangat besar.

WAN disebut juga sebagai jaringan komputer yang luas. Namun, harga yang harus dibayar dari luasnya cakupan wilayah WAN, yakni besarnya biaya untuk WAN dengan jangkauan yang luas.

Jika Anda ingin memasang jaringan di beberapa tempat, seperti pendidikan, perkantoran, bisnis, dan sebagainya, WAN adalah jawaban yang Anda cari. WAN memiliki keuntungan berupa saling terintegrasi, sehingga memudahkan Anda untuk mengakses internet dan bertukar informasi.

Bahkan, Anda juga masih bisa meluaskan cakupan jangkauannya, tidak hanya satu negara, bahkan hingga satu benua.

Ingin tahu lebih detail tentang apa itu WAN, fungsi, hingga cara kerjanya? Simak informasi lengkap pada artikel yang sudah Rumahweb Indonesia rangkum berikut ini!

Apa itu WAN?

Wide Area Network atau WAN adalah kumpulan jaringan lokal (LAN) yang tersebar secara geografis. Model jaringan ini menggunakan beragam alat komunikasi yang mengawinkan banyak media, seperti kabel, telepon, dan gelombang radio.

Dibutuhkan kabel telepon, kabel serat optik (fiber optic), atau bisa juga menggunakan satelit, untuk membangun jaringan WAN. Meskipun tujuan keberadaan WAN adalah untuk membantu orang-orang agar saling terhubung, tetapi dibutuhkan biaya besar untuk mengembangkan jaringan WAN.

Dari cakupan dan biayanya, jaringan WAN jelas tidak untuk semua orang, karena bisa jadi kebutuhannya tidak sebesar perusahaan yang mempunyai banyak kantor, ataupun bisnis profesional yang satu sama lain harus saling terhubung dalam satu jaringan yang sama.

Setiap kantor biasanya memiliki jaringan lokal (LAN) sendiri, yang kemudian saling terhubung melalui WAN. Dengan demikian, masing-masing kantor dapat saling terhubung dan terintegrasi dengan menggunakan VPN, leased line, dan IP tunnels bila perusahaan tersebar di beberapa kota.

Jadi, semua komputer atau perangkat yang terhubung menggunakan jaringan WAN akan lebih mudah dalam berkomunikasi atau melakukan transmisi data.

BACA JUGA: Apa itu Router? Definisi, Fungsi hingga Cara Kerjanya

Perangkat Jaringan WAN

Setelah mempelajari tentang apa itu WAN, selanjutnya kami sudah merangkum beberapa perangkat jaringan yang diperlukan agar dapat memanfaatkannya dengan baik, karena syarat memiliki jaringan WAN adalah tersedianya beberapa perangkat khusus untuk membangun jaringannya. Apa saja?

1. Router

Perangkat pertama dalam jaringan WAN adalah router, yang fungsinya untuk mendukung jaringan selama melakukan tugasnya, yakni fleksibilitas, konektivitas, dan lain-lain. Router juga berfungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing.

2. Modem

Modem merupakan kepanjangan dari modulator demodulator, yang memiliki fungsi mengirim data pada alur telepon dengan modulasi dan demodulasi sinyal. Pada perangkat elektronik, modem berperan menghubungkan laptop, komputer, ponsel pintar maupun perangkat lainnya ke internet.

3. Antena

Antena memudahkan alat komunikasi untuk menangkap sinyal, yang selanjutnya ditransformasikan menjadi tulisan, gambar, maupun suara.

Meskipun bukan bagian utama dari jaringan WAN, tetapi antena bermanfaat untuk menyebarkan sinyal. Selain itu, antena juga memiliki jangkauan yang cukup luas dan membuat sinyal lebih stabil.

Fungsi WAN

Setelah mempelajari tentang apa itu WAN dan perangkat jaringannya, pada bagian ini akan dijelaskan fungsi-fungsinya. Walaupun model WAN adalah jaringan yang eksklusif, tetapi ada beberapa fungsi yang tidak tersedia pada jaringan LAN, MAN, PAN, serta jaringan lainnya.

Fungsi utama jaringan WAN adalah menghubungkan antar komputer. Namun, selain fungsi tersebut, ada fungsi lain dari jaringan WAN, seperti mengintegrasikan LAN & MAN, mempermudah komunikasi, dan sebagainya. Berikut ini adalah rangkuman fungsi-fungsi jaringan WAN:

1. Memudahkan Komunikasi

Manfaat utama dari penggunaan jaringan WAN adalah memudahkan integrasi antar perangkat, mengingat ada banyak komputer yang terhubung dalam satu jaringan.

Biasanya WAN sangat bermanfaat bagi perusahaan yang mempunyai beberapa kantor di wilayah berbeda. Pemakaian WAN untuk cakupan wilayah sangat besar dapat memudahkan komunikasi serta transmisi data dengan mudah dan cepat.

2. Mengintegrasikan LAN & MAN

WAN adalah jembatan integrasi dari jaringan yang cakupannya lebih kecil, yakni jaringan LAN dan MAN, sehingga perusahaan bisa lebih mudah memperoleh informasi dan segala pembaruan.

3. Meminimalisasi Biaya Operasional

Memang benar bahwa WAN adalah jaringan yang membutuhkan biaya besar pada awal masa pembangunan. Namun, untuk ukuran perusahaan yang terpisah negara maupun benua, biaya jaringan ini masih bisa dibilang terjangkau.

4. Membantu Operasional Perusahaan Lebih Baik

Beberapa negara mempunyai perbedaan terkait jaringan WAN. Sebagai contoh, harus memakai kabel serat optik bawah laut, dan lain-lain. Hal ini mengindikasikan bahwa WAN adalah jaringan yang dalam pembangunannya harus menyesuaikan dengan aturan yang berlaku di negara setempat. 

Namun, setelah semua prosedur dipatuhi, sebagai gantinya, operasional perusahaan akan banyak terbantu. Baik bagi perusahaan nasional maupun multinasional, operasional perusahaan bisa berlangsung dengan lebih baik.

BACA JUGA: Apa itu Bridge? Arti, Fungsi, hingga Contohnya

Cara Kerja WAN

WAN adalah jaringan yang memakai dua komponen teknologi komunikasi, yakni kabel transmisi dan komponen switching. Fungsi kabel transmisi adalah untuk memindahkan bit dari satu komputer ke komputer lain.

Komponen switching merupakan komponen dari sebuah komputer khusus, yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antar kabel transmisi.

Di bawah ini kami akan jelaskan cara kerja WAN melalui sebuah contoh kasus agar lebih mudah dipahami.

  1. Perusahaan memilih dan menempatkan 1 komputer server untuk memenuhi kebutuhan akses database.
  2. Komputer server akan mengirimkan informasi database serta paket data ke seluruh jaringan yang sudah dibangun sesuai dengan topologi.
  3. Setelah topologi jaringan dibangun, komputer klien atau user dapat mengakses semua informasi dari komputer server, meskipun berada di luar pulau, antar negara, dan bahkan benua.

Kelebihan dan Kekurangan WAN

Seperti model jaringan lainnya, WAN adalah model jaringan yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, yang dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda.

Kelebihan WAN

Berikut ini merupakan kelebihan-kelebihan menggunakan jaringan WAN:

  1. Dapat dipakai untuk transmisi file, data, dan resource dengan jaringan workstation.
  2. Mendapatkan informasi secara real time.
  3. Cakupan wilayah sangat luas.
  4. Bisa diakses dari jarak jauh.
  5. Dapat membangun infrastruktur perusahaan terpusat, sehingga Anda tak perlu membuat server pada setiap cabang kantor perusahaan.
  6. Ada proses enkripsi sebelum data dikirimkan, sehingga keamanan transmisi data akan jauh lebih baik, terutama untuk data sensitif. 
  7. WAN adalah jaringan dengan kebutuhan bandwidth yang sangat besar.
  8. Selama terkoneksi dengan internet, Anda dapat mengirim pesan dan file dengan ukuran yang cukup besar dan cepat.

Kekurangan WAN

Berbagai kelebihan di atas bukan berarti WAN adalah model jaringan tanpa cela. Adanya kekurangan justru penting, sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memakai jaringan WAN. Berikut ini beberapa kekurangan dari jaringan WAN:

  1. Dibutuhkan biaya sangat besar untuk membangun jaringan, fasilitas, hingga perawatan (maintenance).
  2. WAN adalah jaringan dengan konfigurasi pengaturan yang sangat rumit. 
  3. Anda harus menggunakan firewall jika Anda tidak ingin terganggu karena masalah jaringan.
  4. Memiliki potensi serangan hacker serta kejahatan siber lainnya. 

Pemaparan kelebihan dan kekurangan di atas merupakan informasi yang penting untuk diketahui, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jaringan satu ini.

WAN adalah jaringan yang sangat besar, sehingga Anda perlu memastikan dan mematangkan keputusan terlebih dahulu. Jika memang mempunyai kebutuhan yang mengharuskan untuk memakai jaringan tersebut, Anda juga harus menyiapkan biaya besar hingga tim teknis yang mumpuni.

BACA JUGA: Apa itu Web Hosting dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Kesimpulan

Wide Area Network, atau WAN adalah kumpulan jaringan lokal (LAN) yang tersebar secara geografis, yang pemasangannya membutuhkan beberapa perangkat, seperti router, modem, antena, dan lain sebagainya.

Fungsi utama jaringan WAN adalah menghubungkan antar komputer, mengintegrasikan LAN & MAN, mempermudah komunikasi, meminimalisasi biaya operasional, serta membantu operasional perusahaan berjalan lebih baik.

WAN adalah model jaringan yang tepat untuk digunakan pada beberapa tempat dengan cakupan wilayah yang sangat besar, dengan beberapa kelebihan, seperti informasi yang bisa Anda peroleh secara real time, memiliki cakupan wilayah yang sangat luas, dan bisa diakses dari jarak jauh.

Meskipun demikian, WAN juga memiliki beberapa kekurangan, seperti biaya pemasangan yang besar, memiliki jaringan dengan konfigurasi pengaturan yang sangat rumit, dan juga memiliki potensi terancam hacker.

Demikian artikel dari Rumahweb tentang apa itu WAN, fungsi, cara kerja, hingga kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

VPS Alibaba

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.