Rumahweb Blog
Banner - Apa itu Jaringan Komputer Adalah Definisi, Jenis, dan Topologinya

Apa itu Jaringan Komputer? Definisi, Jenis, dan Topologinya

Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer adalah perangkat-perangkat komputer yang saling terhubung sehingga pengguna dapat berinteraksi.

Bagi Anda yang pernah ke warnet, pasti sudah familier dengan konsep komputer Admin sebagai pusat yang dapat mengatur beberapa komputer Client. Admin dapat membatasi waktu akses internet, mengatur kecepatan pengunduhan, membatasi akses ke halaman atau situs web tertentu, dan lain sebagainya.

Pendek kata, jaringan komputer adalah penyebab yang menjadikan pengaturan terpusat seperti itu bisa terjadi. 

Jika Anda ingin memahami lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan jaringan komputer, jenis, dan topologinya, simak ulasan lengkap di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Jaringan Komputer?

Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terkoneksi dan digunakan untuk berbagi data. 

Sebuah sistem yang bisa bekerja dengan baik merupakan hasil dari jaringan yang dibangun dengan gabungan konfigurasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Untuk membuat sebuah jaringan, switch dan router menggunakan berbagai protokol serta algoritma untuk bertukar informasi dan membawa data ke titik akhir, atau biasa disebut host, yang direncanakan.

Setiap host pada jaringan mempunyai pengenal unik, biasanya alamat IP atau alamat Media Access Control, yang dipakai untuk menunjukkan sumber atau tujuan transmisi. Titik akhir atau host dapat mencakup server, PC, telepon, dan berbagai jenis perangkat keras jaringan.

Perangkat jaringan berkomunikasi melalui medium transmisi kabel atau wireless. Suatu jaringan perangkat juga mungkin diciptakan dengan memakai gabungan teknologi kabel serta wireless

Jika jaringan memakai kabel, Anda mungkin memerlukan optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga. Sementara itu, jalur jaringan wireless termasuk dalam kategori jaringan yang memakai koneksi data tanpa kabel untuk menyambungkan titik akhir/host. Titik akhir ini termasuk radio siaran, microwave, radio seluler, serta satelit.

Jaringan dapat dikelola secara privat atau publik. Jaringan privat biasanya mengharuskan pengguna untuk memasukkan kredensial jika ingin mengakses jaringan yang biasanya diberikan secara manual oleh administrator jaringan.

Selain diberikan secara manual, akses ini juga dapat diperoleh secara langsung oleh user lewat kata sandi atau dengan kredensial lainnya.

Hal ini sedikit berbeda dengan jaringan publik, seperti internet, yang tidak dibatasi aksesnya. 

BACA JUGA: Memahami Arti CC dan BCC Pada Email Serta Cara Menggunakan

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan jaringan komputer, berikutnya Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis jaringan komputer. Ada beragam jenis dan kegunaan dari jaringan komputer yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan.

Beberapa jenis jaringan komputer adalah sebagai berikut:

1. PAN (Personal Area Network) 

Personal Area Network, atau lazim disebut PAN, memiliki cakupan wilayah yang kecil sehingga tidak dibutuhkan sumber daya yang besar. Contoh penggunaan PAN misalnya jaringan di rumah dan kantor. Pengguna banyak memakai PAN untuk mengakses internet atau menggunakan printer.

2. LAN (Local Area Network) 

Secara pengertian, jaringan komputer adalah komputer-komputer yang saling tersambung dan dipakai untuk berbagi data. Salah satu jenis jaringan komputer adalah LAN, yang jangkauannya relatif kecil.

Sama seperti PAN, LAN banyak digunakan pada area kantor, rumah, atau sekolah. 

Anda juga pasti sering mendengar istilah WLAN yang merupakan kepanjangan dari Wireless Local Area Network. WLAN adalah teknologi yang disediakan oleh LAN, berupa jaringan wireless dengan memakai WiFi.

3. CAN (Campus Area Network) 

Bisa dibilang, jaringan CAN ini hampir mirip dengan MAN, yang memiliki lingkup lebih besar dibandingkan LAN. Bedanya, CAN biasa digunakan hanya pada lingkup kampus atau akademisi.

Pihak kampus kerap memakai CAN untuk kebutuhan praktik lab, email, pembaruan kelas, dan sebagainya. 

4. MAN (Metropolitan Area Network) 

Metropolitan Area Network atau MAN dalam jaringan komputer adalah jaringan yang menghubungkan antar perangkat pada lingkup kota. MAN adalah jenis jaringan yang lebih besar ketimbang LAN.

5. WAN (Wide Area Network) 

WAN merupakan kumpulan LAN yang secara geografis telah tersebar. Dalam praktiknya, jaringan WAN umumnya memakai teknologi seperti ATM, X.25, dan Frame Relay apabila menginginkan jarak konektivitas yang lebih jauh. 

Selengkapnya tentang WAN bisa dibaca melalui artikel berikut.

6. Internet 

Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang dihasilkan oleh manusia. Secara ruang lingkup atau area, internet dapat menampung hampir seluruh pelosok dunia.

Siapa saja dapat mengakses berbagai sumber informasi melalui berbagai perangkat, seperti komputer atau PC, TV, smartphone, tablet, laptop, dan masih banyak lagi. 

7. VPN (Virtual Private Network) 

VPN adalah salah satu solusi koneksi internet yang lebih aman, karena dapat membuat jalur yang aman untuk melakukan transmisi data. Sekarang ada banyak platform penyedia VPN, baik secara gratis maupun premium.

Topologi Jaringan Komputer

Sebuah topologi pada jaringan komputer adalah istilah yang mengacu pada tata letak perangkat terhubung. Dapat dikatakan bahwa topologi jaringan komputer adalah bentuk atau struktur virtual jaringan.

Kendati demikian, bentuk atau struktur ini tak selalu sama dengan tata letak fisik sesungguhnya dari perangkat di jaringan. Beberapa topologi jaringan komputer adalah sebagai berikut:

1. Bus

Tulang punggung dari topologi bus adalah kabel, yang berperan sebagai media komunikasi.

Proses komunikasi antar perangkat di jaringan yang sama dilakukan dengan mengirim pesan siaran melalui kabel yang terhubung ke dua perangkat tersebut. Namun, hanya penerima yang dituju saja yang betul-betul menerima serta memproses pesan tersebut.

2. Ring (Cincin)

Topologi ring juga kerap disebut dengan topologi cincin. Topologi ini terbentuk saat semua perangkat yang terhubung membentuk pola lingkaran seperti cincin. Setiap server pada topologi ring akan menerima informasi, yang kemudian dilewatkan dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain.

3. Star (Bintang)

Topologi star adalah topologi yang menghubungkan beberapa komputer menggunakan pusat server, berupa hub atau switch, dengan semua perangkat komputer berputar di sekitar hub pusat. Pada saat yang sama, hub pusat tersebut dapat berkomunikasi dengan hub lain. 

4. Tree (Pohon)

Topologi tree merupakan hasil gabungan dari topologi bus dan topologi star. Topologi satu ini mendapatkan julukannya berkat bentuk atau struktur jaringan yang menyerupai anatomi akar pohon.

Hasil penggabungan antara topologi bus dan topologi star ini mampu mendukung perluasan jaringan secara lebih baik ketimbang topologi bus atau topologi star saja.

5. Mesh

Jenis topologi terakhir dalam perangkat jaringan adalah topologi mesh, yang merupakan jaringan yang terhubung satu dengan yang lain di antara beberapa node.

Biasanya topologi mesh dipakai dalam kebutuhan redundancy, seperti di kampus. Topologi mesh kerap dipakai dalam kondisi dimana tidak ada hubungan komunikasi yang terputus secara absolut antar dalam jaringan komputer.

Jaringan mesh dapat mengambil salah satu dari beberapa jalur yang mungkin dari sumber ke tujuan. Beberapa WAN, terutama internet, memakai routing mesh.

Perangkat dalam Jaringan Komputer

Kini, sudah ada beragam perangkat jaringan komputer yang dikembangkan untuk membantu dan mengoptimalkan kinerja sistem jaringan. Beberapa perangkat dalam jaringan komputer adalah sebagai berikut:

1. Server 

Tujuan dibuatnya server adalah untuk melayani komputer client, sehingga server mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dari client. Server berfungsi untuk mengelola jaringan komputer dan sebagai media untuk menyimpan informasi.

Karena fungsinya yang vital ini, penting bagi Anda untuk memilih server dengan kualitas terbaik. Layanan VPS KVM Rumahweb dapat menjadi jawaban tepat bagi Anda yang sedang mencari server berkualitas dengan harga murah.

VPS Rumahweb telah menggunakan storage SSD, serta didukung oleh multiple backbone dan DDOS Protection, sehingga mampu menghadirkan kecepatan dan reliabilitas tak tertandingi. 

Dengan harga mulai dari Rp50.000/bulan, Anda sudah bisa mendapatkan layanan VPS dengan pilihan deployment di dua  availability zone yang terpisah.

2. NIC (Network Interface Card) 

MIC, atau biasa disebut LAN Card Expansion Board dibutuhkan agar komputer dapat terhubung dengan jaringan. Ada empat jenis ethernet, yakni ethernet (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

3. Kabel Jaringan 

Kabel merupakan media untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lain. Terdapat beberapa jenis kabel yang digunakan untuk pembuatan saluran jaringan, di antaranya seperti kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair

4. Hub dan Switch 

Switch dibutuhkan untuk menghubungkan beberapa komputer. Jika dilihat langsung, secara fisik, switch mirip dengan hub. Namun secara logika, switch mirip dengan bridge. Ada dua tipe switch, yani unmanaged switch untuk tipe termurah, dan managed switch untuk tipe termahal.

BACA JUGA : Perbedaan Switch dan Hub yang Perlu Anda Ketahui

5. Router 

Fungsi dari router adalah untuk menghubungkan jaringan LAN (Local Area Network) ke dalam suatu jaringan WAN (Wide Area Network), dan mengontrol lalu lintas dari data di dalamnya.

Router dapat menentukan jalur jaringan terbaik karena mempunyai tabel routing untuk melakukan pencatatan kepada semua alamat dalam jaringan. 

6. Bridge 

Untuk meneruskan lalu lintas antar segmen jaringan berdasarkan informasi pada sebuah data link, dibutuhkan sebuah piranti bernama bridge. Perangkat ini juga dapat digunakan untuk membagi jaringan besar menjadi beberapa jaringan kecil. 

7. Modem 

Dilansir dari laman Technopedia, modem (modulator demodulator) merupakan perangkat untuk menyambungkan perangkat komputer, laptop, atau smartphone, dengan penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP).

8. Repeater 

Untuk memperkuat serta memperbarui jaringan dan sinyal yang masuk, dibutuhkan perangkat bernama repeater. Integritas sinyal jaringan banyak dipertahankan oleh repeater. Meski demikian, repeater memiliki kekurangan berupa ketidakmampuan melakukan filter traffic pada jaringan. 

9. Wireless Card 

Jika Anda ingin terhubung dalam jaringan nirkabel, wajib hukumnya untuk memiliki perangkat berupa wireless card. Mayoritas komputer keluaran terbaru telah memakai perangkat yang mendukung wireless card.

Namun, Anda tak perlu khawatir jika komputer Anda belum memiliki perangkat ini, karena wireless card  juga dapat ditambahkan sendiri.

BACA JUGA: Kabel Cross: Pengertian, Urutan, dan Cara Membuatnya

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah konsep telah banyak dipakai oleh berbagai perusahaan besar, karena memang terdapat beragam manfaat dalam penggunaannya. Beberapa manfaat paling penting dalam jaringan komputer adalah sebagai berikut:

1. Berbagi Sumber Daya

Manfaat jaringan komputer yang pertama adalah untuk menyebar beban pekerjaan sekaligus ke beberapa komputer secara merata. Melalui skema ini, pengguna jaringan komputer telah terbantu dalam beberapa hal:

  • Data Sharing

Dengan data sharing, beberapa perangkat dapat saling berbagi data, seperti aplikasi, dokumen, video, dan lain-lain. Anda tidak perlu menyalin secara manual memakai flash drive atau hard drive.

  • Hardware Sharing

JIka suatu perangkat telah terhubung ke dalam jaringan komputer, semua pengguna dalam jaringan tersebut dapat mengakses perangkat tersebut. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan printer yang terhubung ke dalam jaringan yang sama di warnet atau kantor/

  • Data Backup

Melalui internet, jaringan komputer dapat mencadangkan data antar perangkat, sehingga data aman dari kerusakan atau hal-hal di luar dugaan.

2. Memudahkan Komunikasi Jarak Jauh

Dahulu, internet dan fasilitas komunikasi jarak jauh dapat dikatakan sebagai hal mewah yang hanya dapat dirasakan oleh kelompok tertentu. Namun kini, jaringan komputer dapat dinikmati oleh hampir semua orang di berbagai belahan dunia.

Bagaimana tidak, jaringan berskala global ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan siapa saja dan dari mana saja. Keberadaan jaringan komputer adalah jalan yang telah mengubah cara manusia dalam berkomunikasi.

3. Memungkinkan Akses Data Secara Remote

Sebelum jaringan komputer tersedia, orang-orang harus membawa perangkat penyimpanan fisik, seperti flash drive atau hard disk demi bisa mengakses atau memindahkan data.

Berkat perkembangan jaringan komputer, kini Anda tidak perlu lagi membawa perangkat penyimpanan fisik. Selama perangkat terhubung dengan internet, maka Anda dapat mengakses data dari mana saja.

Kemajuan ini menjadi jalan yang memudahkan perusahaan untuk mempekerjakan karyawan secara remote.

Metode penyimpanan data, seperti cloud hosting atau remote desktop, membuat karyawan bisa mengakses berbagai file penting dari mana saja,baik dari rumah maupun tempat lain yang jauh dari kantor.

4. Meningkatkan Keamanan dan Manajemen Data

Pada film-film lama, lazim ditemui pencurian data dengan menggunakan flash drive atau hard disk untuk meng-copy file.

Semenjak adanya jaringan komputer, pencurian manual semacam itu tidak lagi terjadi. Artinya, jaringan komputer adalah kemajuan yang dapat diandalkan untuk mengamankan data dari kerusakan dan pencurian.

Untuk meningkatkan efisiensi sebuah jaringan komputer dalam mengamankan dan mengatur data, Anda dapat menggunakan sistem manajemen database, seperti SQL, MongoDB, dan MySQL.

Sistem pencadangan otomatis untuk menyimpan data pada sebuah jaringan server akan membantu Anda mengurangi risiko kehilangan data-data penting.

5. Memfasilitasi Jalur Baru untuk Konten Hiburan

Sebelum era internet, orang-orang dalam dunia showbiz dikenal dengan sebutan selebritis. Pasca internet masuk, muncul “selebriti” baru di berbagai platform, yang dikenal dengan influencer, key opinion leader(KOL), dan lainnya.

Istilah selebriti baru ini juga dapat dibagi berdasarkan platform yang mereka gunakan, misalnya, istilah selebtweet untuk selebritis Twitter, selebgram untuk selebritis Instagram, selebtok untuk selebritis TikTok, dan masih banyak lagi.

Selain munculnya selebritis di platform baru, segmentasi komunitas juga menjamur. Ada komunitas penggemar game online atau komunitas Polyglot Indonesia untuk orang-orang dengan kemampuan bahasa asing lebih dari satu.

Selain itu, ada juga komunitas yang cukup unik, seperti komunitas Agus Agus Bersaudara Indonesia (AABI) di mana seluruh anggotanya mempunyai unsur nama Agus.

Jaringan komputer adalah kemajuan yang berperan besar dalam menyebabkan terjadinya hal-hal tersebut.

BACA JUGA: Apa itu ROM? Definisi, Fungsi, dan Perbedaannya dengan RAM

Kesimpulan

Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terkoneksi dan dipakai untuk berbagi data.

Beberapa jenis jaringan komputer di antaranya seperti, PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), CAN (Campus Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet, dan VPN (Virtual Private Network).

Dalam jaringan komputer, dikenal juga beberapa topologi, seperti: bus, ring (cincin), star (bintang), tree (pohon), dan mesh. Selain itu, jaringan komputer juga memiliki beberapa perangkat seperti server, NIC (Network Interface Card), kabel jaringan, hub dan switch, router, bridge, modem, repeater, dan wireless card.

Beberapa manfaat jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya, memudahkan komunikasi jarak jauh, memungkinkan akses data secara remote, meningkatkan keamanan dan manajemen data, serta memfasilitasi jalur baru untuk konten hiburan.

Jaringan komputer adalah penyebab munculnya berbagai perkembangan yang memudahkan pekerjaan hingga akses hiburan masyarakat. Demikian artikel kami tentang apa yang dimaksud dengan jaringan komputer, jenis, dan topologinya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.