Rumahweb Blog
banner artikel - Apa itu LAN Adalah

Apa itu LAN? Definisi, Karakteristik, dan Komponen Dasarnya

LAN adalah istilah yang sering didengar oleh banyak orang, namun tidak semua orang memahami arti sebenarnya. Jadi, apa itu LAN? Sederhananya, LAN adalah jaringan yang dirancang untuk wilayah terbatas atau cukup kecil. LAN biasanya digunakan untuk jaringan internet di kafe, kompleks perkantoran, rumah, hingga sekolah.

Secara golongan, LAN adalah jaringan internet yang juga tergabung bersama WAN dan MAN. WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang dapat dipakai untuk menerjemahkan salah satu jaringan dengan cakupan wilayah yang sangat besar, sedangkan MAN (Metropolitan Area Network) adalh jaringan komputer yang lebih canggih dan memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan LAN.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa LAN adalah jaringan internet dengan jangkauan yang lebih kecil dari jaringan WAN dan MAN.

Untuk mengetahui secara lengkap tentang apa itu LAN, komponen, fungsi, cara kerja, hingga kelebihan dan kekurangan LAN, simak ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Apa itu LAN?

LAN adalah kepanjangan dari Local Area Network, yakni sebuah jaringan komputer yang memiliki wilayah cakupan lokal, jadi hanya pengguna di area LAN saja yang bisa memakai jaringan ini.

Melalui perangkat jaringan sederhana, LAN dapat menghubungkan perangkat ke jaringan internet. Biasanya, LAN digunakan sebagai jaringan internet di perusahaan, komputer-komputer sekolah, hingga warung internet (warnet). Umumnya LAN menggunakan kabel UTP, Hub, Switch, ataupun Router.

LAN adalah jaringan yang sering digunakan oleh suatu gedung untuk berbagi resource. LAN dapat berdiri sendiri tanpa terhubung ke jaringan luar atau internet. Jaringan LAN yang telah telah terhubung dengan beberapa jaringan LAN yang lain akan membentuk jaringan baru, bernama Metropolitan Area Network (MAN).

Secara koneksi, LAN adalah jaringan dengan high-speed antara 2 sampai 100 Mbps. Jaraknya juga dibatasi, tidak sampai beberapa kilometer. Jadi dengan kata lain, LAN adalah jaringan yang wilayah cakupannya sangat terbatas dan kecil.

BACA JUGA: Kabel Cross: Pengertian, Urutan, dan Cara Membuatnya

Karakteristik LAN

Setelah mengetahui apa itu LAN, selanjutnya kami akan membahas tetang karakteristiknya. Setiap jenis jaringan memiliki karakteristiknya masing-masing, baik MAN, WAN, maupun LAN. Beberapa karakteristik LAN adalah sebagai berikut:

  1. Tidak memakai jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
  2. Digunakan untuk kepentingan pribadi.
  3. Administrasi jaringan LAN dilakukan lewat administrasi lokal.
  4. Agar sistem berjalan normal, LAN memiliki satu komputer yang berfungsi sebagai server.
  5. Cakupan wilayahnya sempit, seperti area kampus, rumah, kantor, atau sekolah.
  6. Kecepatan perpindahan data yang tinggi, karena ruang lingkup geografis yang sempit.
  7. LAN adalah jaringan yang tidak membutuhkan akses internet, karena dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya jalur telekomunikasi.

Fungsi LAN

LAN bekerja dengan menghubungkan beberapa perangkat atau komputer ke dalam satu jaringan, yang akan memudahkan proses pekerjaan & berbagi resource. Beberapa fungsi lainnya dari LAN adalah sebagai berikut:

1. Memindahkan File antar Komputer

Fungsi pertama dari jaringan LAN adalah memindahkan file antar komputer. Anda dapat memindahkan berbagai file atau data ke perangkat lain dengan mudah, melalui metode sharing pada komputer.

2. Mengirim Pesan

Tak hanya berbagi file, Anda juga dapat berkirim pesan secara gratis dan tanpa koneksi internet menggunakan LAN chatting. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat memakai aplikasi bawaan Windows, seperti winchat.exe, atau perangkat lunak LAN chatting lainnya.

3. Remote Komputer

LAN juga dapat digunakan sebagai remote komputer yang berada di jaringan LAN, bahkan tanpa menggunakan koneksi internet. Sistem operasi Microsoft telah menyediakan fitur Remote Desktop Manager atau Connection yang dapat Anda manfaatkan.

4. Sharing Printer

LAN adalah jaringan yang juga dapat dimanfaatkan untuk berbagi printer, tanpa harus memindahkan komputer maupun printer, karena koneksi dilakukan melalui jaringan LAN.

5. Menghubungkan Dua Komputer atau Lebih

Fungsi terakhir dari jaringan LAN adalah menghubungkan perangkat. Anda dapat menghubungkan dua komputer atau lebih, baik menggunakan media perantara maupun secara langsung, misalnya dengan menggunakan kabel UTP.

Komponen Dasar Jaringan LAN

Agar dapat menghubungkan beberapa komputer, tentu dibutuhkan beberapa komponen dasar yang telah diatur sedemikian rupa. Beberapa komponen dasar LAN adalah sebagai berikut:

1. Workstation

Komponen dasar pertama pada LAN adalah Workstation, yang merupakan node/host pada suatu sistem komputer.

2. Server

Server pada LAN adalah yakni perangkat keras yang digunakan untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung dengan suatu jaringan komputer.

Komponen dasar ketiga pada LAN adalah link, yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan, seperti server fisik dan workstation.

4. Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card (NIC) merupakan rangkaian elektronika yang dirancang secara khusus untuk menangani network protocol.

5. Network Software

Komponen dasar terakhir pada LAN adalah Network Software, yang berfungsi untuk mengoperasikan jaringan LAN supaya dapat bekerja dengan baik.

BACA JUGA: Apa itu Bridge? Arti, Fungsi, hingga Contohnya

Kelebihan LAN

Setiap jenis jaringan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. LAN adalah jaringan yang mempunyai beberapa kelebihan, seperti berikut:

1. Efisien

LAN dapat memudahkan proses berbagi resource dengan pengguna lain. Karena kemudahan inilah, dapat dikatakan bahwa LAN adalah jaringan yang dapat membantu Anda bekerja dengan lebih efisien.

2. Sederhana

Untuk membuat jaringan LAN, Anda tidak memerlukan operator telekomunikasi. Hal ini menjadi bukti bahwa LAN adalah jaringan yang sederhana dalam proses pembuatannya.

3. Hemat Biaya

Karena wilayah jangkauan yang relatif kecil, biaya pemasangan jaringan LAN juga relatif lebih murah. Anda tidak perlu membeli serat optik, satelit, hingga perangkat-perangkat mahal lainnya.

4. Terpusatnya Data Jaringan

LAN adalah jaringan dengan data yang terpusat. Hal ini membuat pengguna lebih mudah dalam mengakses file yang ada di komputer lain. Selain itu, jika terjadi kesalahan, konsep ini dapat membantu Anda membackup data pengguna.

Kekurangan Jaringan LAN

Di balik kelebihan tentu ada pula kekurangan, yang justru penting sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jaringan LAN. Berikut ini beberapa kekurangan jaringan LAN yang perlu Anda ketahui:

1. Kurang Aman

Meskipun membuat proses berbagi data menjadi lebih mudah, jika pengguna tidak dapat menjaga rahasia password dengan baik, akan sangat mudah bagi orang asing untuk menyusup ke dalam jaringan secara tidak sah. 

2. Terbatasnya Area Jaringan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, LAN adalah jaringan dengan area cakupan lokal, sehingga luas wilayah koneksi jaringannya sangat terbatas.

3. Terpusatnya Data Jaringan

Data jaringan yang terpusat adalah salah satu kelebihan sekaligus kekurangan dari AI. Mengapa demikian? Jika ada masalah pada server pusat, seluruh jaringan komputer dapat terpengaruh. Lebih parahnya, komunikasi antar komputer juga tidak dapat dilakukan.

4. Adanya Potensi Biaya Mahal

Meskipun biasanya biaya pemasangannya relatif murah, tidak menutup kemungkinan Anda perlu mengeluarkan biaya yang mahal, karena instalasi jaringan LAN harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan.

BACA JUGA: Kabel Straight: Pengertian, Urutan, dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Local Area Network atau LAN adalah jaringan yang dirancang untuk yang wilayah terbatas. LAN memiliki beberapa karakteristik, seperti cenderung dipakai untuk kepentingan pribadi, administrasi jaringan lokal, dan sebagainya.

Beberapa fungsi LAN di antaranya, memindahkan file antar komputer, sharing printer, menghubungkan dua komputer atau lebih, dan masih banyak lagi. 

Beberapa kelebihan LAN adalah sederhana, efisien, hemat biaya, dan terpusatnya data jaringan, sedangkan kekurangannya adalah terbatasnya area jaringan, kurang aman, adanya potensi biaya mahal, dan terpusatnya data jaringan.

Jadi, LAN adalah salah satu jenis jaringan internet yang cocok digunakan di rumah atau area perkantoran. Demikian artikel dari Rumahweb tentang definisi apa itu LAN, karakteristik, dan komponen dasarnya. Semoga bermanfaat!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Pindah Hosting ke Rumahweb Gratis

Ahmad Mufid

Hai, saya Mufid. Bekerja di Rumahweb sebagai Freelance Content Writer. Saya suka membaca dan menulis. Semoga bisa membantu Anda memahami hal-hal teknis dengan lebih mudah melalui tulisan-tulisan yang saya bagikan.