Rumahweb Blog
menjelaskan apa itu proxy adalah dan cara kerjanya

Apa itu Proxy dan Cara Kerjanya

Pada saat kita berselancar di dunia maya menggunakan browser favorit kita, yang sebenarnya terjadi adalah browser kita meminta (request) pada web server untuk mengirimkan website agar dapat tampil di komputer kita. Misalkan kita memasukkan alamat google.com pada browser, maka komputer kita mengirimkan permintaan ke web server google agar mengirimkan serangkaian data ke komputer kita dan ditampilkan oleh browser kita sebagai halaman website. Ini akan sangat berbeda, apabila kita menggunakan proxy.

Pada saat komputer kita mengirimkan permintaan tadi, komputer kita juga akan mengirimkan alamat IP-nya agar web server mengetahui kemanakah data website tadi akan dikirimkan. Dengan demikian web server akan mengenali dan juga mencatat alamat IP kita yang sebenarnya.

Pengertian Proxy

Pengertian dari proxy adalah sebuah sistem dimana request atau permintaan dari browser untuk menampilkan sebuah website tidak disampaikan secara langsung ke web server tujuan melainkan melalui sebuah proxy server yang menjadi perantara.

Karena melalui perantara, maka alamat IP yang tercatat pada web server adalah alamat IP server tersebut, bukan alamat IP kita. Namun tentu saja proxy server tetap mengetahui alamat IP kita. Hal ini wajar saja karena server harus tahu kemanakah data yang didapatkan dari web server tadi dikirimkan, ke alamat IP Anda tentunya.

Itu juga alasan mengapa proxy dalam bahasa Indonesia disebut sebagai “pewali” karena cara kerjanya yang “mewakili”.

Bagaimana Cara Kerja Proxy

Sebagai sebuah sistem yang berada di tengah antara pengakses website dan web server, proxy merelay permintaan dari pengakses ke web server dan kemudian merelay kembali data yang dikirimkan web server ke pengakses untuk kemudian oleh browser dirender menjadi sebuah tampilan website.

Ilustrasi Cara Kerja Proxy

Detail tentang bagaimana cara kerja proxy adalah sebagai berikut:

  1. Saat Anda memasukkan nama domain di browser, browser akan mengirimkan permintaan ke proxy.
  2. Proxy yang menerima permintaan browser Anda kemudian akan mengirimkan kembali request atau permintaan ke web server tujuan.
  3. Web server akan merespon permintaan dan mengirimkan rangkaian data halaman website yang diminta ke proxy tersebut.
  4. Setelah menerima rangkaian data halaman website yang diminta, proxy kemudian akan mengirimkannya kembali (relay) ke browser Anda.
  5. Browser Anda akan menampilkan rangkaian data sebagai halaman website.

Keuntungan Menggunakan Proxy

Proxy memiliki 2 fungsi dasar yaitu menjadi perantara dan juga melakukan caching sehingga menghadirkan keuntungan sebagai berikut

1. Privasi dengan Menyembunyikan Alamat IP

Alamat IP komputer Anda tidak akan terdeteksi langsung oleh web server. Hal ini membuat privasi Anda lebih terjaga. Misal nih, Anda mengunjungi website yang sedikit “aneh-aneh” 🙂 maka web server tidak akan tahu sebenarnya siapakah yang mengakses konten “aneh-aneh” tadi karena web server hanya akan tahu websitenya diakses oleh alamat IP yang dimiliki oleh proxy.

2. Akses Lebih Cepat dengan Cache

Salah satu fitur proxy adalah mampu melakukan web caching. Fungsi cache website disini adalah menyimpan data dari website-website yang pernah diakses. Misalkan proxy server tersebut pernah digunakan untuk mengakses halaman website Rumahweb dimana di dalamnya terdapat gambar, logo, file css, dll, maka ketika ada pengakses lain mengakses website Rumahweb kembali, maka file-file gambar, logo, css, dll yang dikirimkan adalah file yang tersimpan pada proxy server, bukan file yang terdapat di web server Rumahweb. Dengan demikian aksesnya akan lebih cepat.

3. Mengatasi Blokir Website

Kita menjadi dapat mengakses website-website yang diblokir oleh jaringan lokal kita. Misal di kantor memblokir website yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, atau bahkan di negara kita memblokir website yang tidak sesuai undang-undang dan konten asusila, maka dengan menggunakan proxy kita bisa mengakses website-website yang diblokir tersebut.

4. Mengakses Konten Khusus

Pada layanan streaming film seperti Netflix, terdapat beberapa konten berupa film yang hanya tersedia jika diakses di negara tertentu. Dengan menggunakan proxy server yang berlokasi pada negara tersebut, kita tetap dapat mengakses konten khusus tersebut.

Kerugian Menggunakan Proxy

Meskipun memiliki keuntungan, seperti halnya dua sisi koin, menggunakan proxy juga dapat memberikan kerugian sebagai berikut:

1. Aktivitas Tercatat oleh Proxy Server

Meskipun web server yang diakses melalui proxy server tidak mengetahui alamat IP Anda yang sebenarnya, namun sebagai sistem yang me-relay request / permintaan Anda tentu saja mengetahui alamat IP Anda dan juga aktivitas apa saja yang Anda lakukan yang melaluinya.

Oleh karena itu, pastikan pemilik atau provider pewali tersebut dapat menjaga kerahasiaan apabila Anda memang harus menggunakannya

2. Akses Lebih Lambat

Menggunakan proxy saat mengakses website dapat menjadikan akses justru lebih lambat. Hal ini bisa jadi disebabkan karena bandwidth dari proxy server tersebut terbatas, banyak yang mengakses, atau lokasinya jauh dari lokasi web server yang dituju.

Misalkan Anda mengakses website Rumahweb yang lokasinya di Indonesia dengan menggunakan pewali yang berada di Amerika, maka proses pengiriman datanya akan berputar dari Indonesia, menuju Amerika, untuk kemudian kembali ke Indonesia lagi.

Alasan Mengapa Menggunakan Proxy

Alasan mengapa mengakses website menggunakan proxy, selain soal privasi dan kecepatan, biasanya juga karena keterbatasan akses. Beberapa website memberlakukan blokir atau membatasi akses dari alamat IP negara tertentu sehingga kita harus menggunakan proxy dengan alamat IP yang berada di lokasi negara yang tidak diblokir untuk dapat mengakses website tersebut.

Selain blokir yang dilakukan oleh pemilik website, ada juga blokir yang dilakukan di sisi pengakses atau klien. Misalkan di beberapa kantor, diberlakukan blokir terhadap akses ke website-website yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. pemblokiran ini juga bisa terjadi dalam skala yang lebih besar misalkan di Indonesia memberlakukan blokir terhadap konten-konten yang tidak sesuai dengan undang-undang dan kesusilaan.

Nah, menggunakan proxy bisa jadi solusi untuk mem-bypass blokir website yang dilakukan.

Jenis-jenis Proxy

Dalam bidang networking, khususnya internet, kita mengenal beberapa jenis proxy yang tentu saja sesuai dengan fungsinya:

1. Reverse Proxy

Apa itu Reverse Proxy?

Reverse proxy adalah jenis pewali yang biasanya berada di depan / front end dari sebuah jaringan server yang mengarahkan permintaan atau request dari pengakses ke server backend yang sesuai.

Reverse proxy biasanya terletak pada jaringan yang sama dengan server back-end atau server asli dimana konten website itu sebenarnya disimpan. Berada pada jaringan yang sama memastikan tidak ada gangguan komunikasi antara reverse proxy server dengan back end servernya.

Karena menjadi front end, maka port yang digunakan adalah port 80 (HTTP) dan port 443 (HTTPS).

Fungsi Reverse Proxy

Beberapa diantara fungsi Reverse Proxy adalah:

  1. Mempercepat akses website yang berada pada server-server back end dengan kemampuan caching untuk konten-konten yang statis
  2. Menjadi web application firewall dengan cara memfilter request-request dengan pola-pola yang telah dikenali sebagai serangan terhadap keamanan website
  3. Menjadi load balancer dengan cara membagi request ke beberapa backend server. Dengan load balancer, akses website dapat lebih stabil, bahkan lebih cepat terutama untuk website-website dengan tingkat kunjungan yang tinggi.

Layanan Reverse Proxy

Cloudflare adalah salah satu layanan content delivery network (CDN) yang menggunakan cara kerja reverse proxy server namun lokasinya justru tidak dekat dengan server back-end akan tetapi justru dekat dengan lokasi klien / pengakses. Tujuannya agar pengiriman konten website ke pengakses menjadi lebih cepat karena lokasinya lebih dekat.

2. Web Proxy

Pengertian Web Proxy

Web Proxy adalah proxy yang digunakan untuk menjadi perantara akses web baik itu HTTP maupun HTTPS. Jenis ini umumnya digunakan oleh ISP atau jaringan – jaringan perkantoran, sekolah, dan lain-lain. Selain untuk mempercepat akses website bagi pengakses, biasanya web proxy juga digunakan untuk membatasi akses ke website-website tertentu. Misalkan bagi perkantoran, biasanya akan melarang akses ke website hiburan, atau bagi sekolah akan melarang akses ke website yang tidak sesuai untuk pendidikan.

Transparent Proxy

Web proxy bisa setting manual pada browser, namun beberapa administrator jaringan “memaksa” untuk semua klien / pengakses dibawah jaringannya untuk harus melewatinya dengan cara membelokkan semua akses dan menggunakan router akan dilewatkan dahulu ke web proxy.

3. Proxy Site

Apa itu Proxy Site

Proxy site adalah website yang menyediakan akses proxy bagi pengakses tanpa harus merubah setting browser. Caranya, pengakses hanya cukup mengakses website penyedia layanan dan mengetikkan alamat website yang dituju pada website tersebut.

4. Proxy Video Player

Apa itu Proxy Video Player

Proxy video player adalah proxy berbasis web yang khusus digunakan untuk memainkan video dari website-website penyedia konten video seperti Youtube, Vimeo, dll. Proxy video player biasanya digunakan untuk menembus restriksi atau larangan bagi video-video tertentu untuk dimainkan di negara tertentu. Dengan menggunakan cara ini, alamat IP pengakses menjadi tidak terdeteksi di negara dimana video tersebut tidak dapat ditayangkan.

Cara Setting

Berikut adalah cara setting proxy untuk Google Chrome dan Firefox

1. Cara Setting Proxy di Google Chrome

Untuk melakukan setting di Google chrome, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini : 

  1. Klik menu ‘Customize and control Google Chrome’ dengan icon ( ፧ ), lalu silahkan pilih menu settings.
  2. Klik menu Advance, lalu pilih menu System. Lalu klik ‘open your computer’s proxy settings
    Cara Setting Proxy di Google Chrome 1
  3. Silahkan aktifkan dengan cara mengubah status “use a proxy server” menjadi On. Lalu Anda bisa mengisikan alamat pewali yang Anda gunakan beserta portnya.
    Cara Setting Proxy di Google Chrome 2
  4. Setelah itu silahkan klik tombol Save untuk menyimpan. 
  5. Untuk memastikan bahwa proxy Anda sudah berjalan, tes bisa dilakukan melalui alamat website proxy checker

2. Cara Setting Proxy di Firefox

Berikut langkah-langkah setting Proxy server pada browser Firefox : 

  1. Silahkan klik Menu Firefox, lalu pilih Pengaturan
  2. Lalu scroll hingga menemukan menu Setelan Jaringan. Silahkan klik tombol Setelan.

  3. Pilih ‘konfigurasi proxy manual’, lalu silahkan isikan IP dan port proxy yang Anda gunakan. Anda juga bisa mencentang opsi proxy untuk ‘FTP dan HTTPS’.
  4. Setelah itu, silahkan klik tombol Oke untuk menyimpan.
  5. Untuk memastikan setting proxy Anda berjalan, bisa dilakukan melalui alamat website proxy checker

Sedangkan untuk akses melalui HP, berikut adalah cara setting proxy di Google Chrome Android.

Cara Memilih Proxy Gratis

Meskipun banyak menyediakan layanan ini secara gratis, Anda tetap harus berhati-hati karena proxy memiliki kemampuan untuk mencatat aktivitas berselancar Anda. Selain itu pemilihan lokasi proxy juga akan menjadi penentu kecepatan akses website. Berikut adalah cara memilih proxy gratis:

1. Reputasi Penyedia Proxy yang Dapat Dipercaya

Sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan sebuah penyedia layanan proxy gratis, carilah review pengguna lain terlebih dahulu. Cek lebih dalam pada kolom-kolom komentar, baik itu di social media maupun di Google.

2. Pilih Lokasi Proxy Terdekat

Semakin dekat lokasi proxy dengan lokasi Anda, biasanya akan membuat akses website menjadi lebih cepat. Demikian juga dengan proxy yang dekat dengan lokasi web server yang sebenarnya. Akses akan menjadi lambat apabila proxy server berada di tempat yang jauh dari Anda maupun dari web server tujuan.

3. Perhatikan Persetujuan Pengguna

Perhatikan pasal-pasal yang terdapat dalam pernyataan persetujuan pengguna yang biasanya ditampilkan pada website penyedia. Beberapa penyedia proxy memang menyebutkan bahwa mereka mengumpulkan data Anda, namun ada juga yang menyebutkan tidak mencatat penggunaan.

4. Pencatatan Data

Jika privasi menjadi prioritas Anda dalam melakukan browsing, sudah selayaknya Anda menimbang pencatatan data yang dilakukan oleh proxy server. Pilihlah proxy server yang menyatakan tidak mencatat data atau melakukan logging.

Kesimpulan

Proxy dapat membantu kita untuk mempercepat akses dengan kemampuan caching, menjaga privasi kita dalam menjelajahi dunia maya, juga membantu kita mengatasi batasan-batasan akses. Meski demikian proxy juga dapat mendatangkan resiko privasi karena proxy server akan mencatat seluruh aktivitas kita selama berselancar. Oleh karena itu jika memang Anda akan menggunakannya dengan alasan privasi, pilihlah proxy server yang memiliki aturan penggunaan yang transparan sehingga privasi Anda tetap terjaga.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 4 / 5. Vote count: 6

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

RumahWeb