Rumahweb Blog
banner Cara Setting Proxy di Google Chrome Android

Cara Setting Proxy di Google Chrome Android

Selain menggunakan VPN, Anda bisa menggunakan proxy untuk membuka sebuah situs yang diblokir oleh Kominfo atau jaringan internet yang Anda gunakan. Tidak hanya pada desktop, proxy juga bisa digunakan pada mobile phone melalui aplikasi Google Chrome. Lalu, bagaimana cara setting proxy di Google Chrome Android?

Apa itu Proxy?

Sebelum mengetahui cara setting-nya, terlebih dahulu Anda harus memahami apa itu proxy. Proxy adalah sebuah sistem dimana request dari browser untuk menampilkan website tidak diproses secara langsung ke web server tujuan, melainkan melalui sebuah perantara yang biasa dikenal dengan nama proxy server.

Dengan menggunakan proxy, maka IP public yang digunakan akan tersembunyi karena yang ditampilkan adalah IP dari server proxy. Ada banyak anggapan bahwa proxy sama dengan VPN, namun sebenarnya dua hal ini berbeda. Perbedaan antara keduanya adalah mode encryption, dimana koneksi VPN akan terenkripsi sedangkan proxy tidak terenkripsi. 

Informasi lebih detail tentang apa itu proxy bisa Anda baca pada artikel berikut : Apa itu proxy

Cara Mendapatkan Proxy

Layanan proxy bisa dibeli melalui penyedia proxy berbayar, atau bisa mencari layanan proxy gratis melalui website Proxy Lists. Anda bisa mengunjungi halaman website-nya, lalu mengambil salah satu IP proxy yang telah disediakan seperti gambar berikut :

Proxy List gratis

Cara Setting Proxy di Android

Pada tutorial kali ini, kami melakukan test setting proxy pada Android versi 9 dan koneksi internet menggunakan Wi-Fi. Berikut langkah-langkahnya : 

  1. Silakan buka menu “Setting” pada perangkat android
  2. Klik menu “Network and Internet”
  3. Klik SID Wi-Fi yang Anda gunakan, lalu klik menu “Edit” seperti gambar berikut :
    Cara setting proxy di network android
  4. Silakan ubah setelan proxy dari “None” menjadi “Manual” seperti berikut :
    Cara setting proxy di network android image 2
  5. Silakan isi  proxy yang telah Anda dapatkan sebelumnya, ke setelan proxy Android Anda. Jangan lupa klik tombol “Save” untuk menyimpan.

  6. Setelah itu, silakan buka browser Google chrome di Android Anda, lalu bisa mengakses ke google.com untuk test koneksi Anda.

Terlihat bahwa pencarian di Google.com telah terdeteksi dengan negara France, artinya setting proxy anda telah berhasil. Sampai tahap ini, setting proxy di Android telah selesai. 

Demikian artikel kami tentang cara setting Proxy di Android, semoga bermanfaat.

Berikan Komentar

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 5 / 5. Vote count: 2

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Lutfi Hanif

Tukang Komputer