Rumahweb Blog
banner artikel - apa itu Plugin adalah

Plugin: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Contohnya

Plugin adalah salah satu komponen penting pada website yang perlu ada untuk meningkatkan fungsionalitas website, serta meningkatkan daya saing website di mesin pencari seperti Google. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lengkap tentang apa itu plugin.

Apakah Anda seorang pengguna WordPress, atau website builder lainnya? CMS dan website builder adalah platform pembuatan website instan yang dapat membantu banyak orang untuk memiliki website tanpa latar belakang IT.

WordPress banyak dipilih karena menyajikan beragam pilihan template hingga fitur yang lengkap. Plugin adalah salah satu contoh fitur unggulan yang banyak dimanfaatkan di WordPress.

Apa itu Plugin

Plugin adalah sekumpulan kode tambahan yang disematkan pada aplikasi atau website, supaya dapat menjalankan fitur tertentu. Dengan menambahkan plugin, website yang tadinya sederhana bisa memiliki fungsi dan fitur lebih canggih.

Di WordPress, ada lebih dari 55.000 plugin yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan. Satu hal yang perlu diperhatikan, meskipun plugin adalah salah satu fitur yang dapat membantu Anda meningkatkan tampilan dan performa website, pastikan Anda hanya menggunakan plugin yang dibutuhkan saja.

Hal ini karena semakin banyak plugin yang ditambahkan di website, semakin besar pula kebutuhan RAM dan CPU yang digunakan. Jangan sampai terlalu banyak menggunakan plugin dan membuat website Anda menjadi lambat ketika diakses.

Tips lain yang perlu diperhatikan saat memilih plugin adalah mengecek deskripsi dan reviewnya. Ketika memilih plugin yang dibutuhkan, jangan lupa untuk membaca secara lengkap deskripsi yang dibubuhkan, dan luangkan waktu untuk mencari reviewnya.

Review positif menandakan bahwa plugin tersebut adalah plugin terpercaya dan dapat berjalan dengan baik.

Fungsi Plugin

Setelah mengetahui pengertian apa itu plugin, selanjutnya Anda perlu mengetahui dengan fungsi atau manfaatnya. Fungsi utama plugin adalah memberi kemudahan dan fitur tambahan sesuai yang kebutuhan.

Plugin adalah fitur yang memiliki peran krusial pada website, khususnya yang dibuat menggunakan WordPress. Selain fungsi utama plugin di atas, beberapa fungsi lain dari plugin adalah sebagai berikut: 

  1. Membuat website yang profesional. 
  2. Mendapatkan fitur website lebih dari standar. 
  3. Plugin SEO dapat membantu mengoptimalkan website di pencarian Google. 
  4. Plugin keamanan, dapat membuat website lebih aman dari serangan. 
  5. Plugin cache dapat membuat website lebih ringan dan cepat, dll.   

Cara Kerja Plugin

WordPress adalah CMS yang bersifat open-source, sehingga dapat memudahkan pengguna untuk memodifikasi fungsionalitas di dalamnya, untuk mendapatkan hasil website yang sesuai ekspektasi.

WordPress Plugin API menawarkan seperangkat hook dan filter kuat yang memungkinkan pengguna untuk dapat memodifikasi fungsi standar dari yang sudah ada dengan fitur atau fungsi baru sebagai tambahan. 

Plugin yang Anda install di WordPress akan secara otomatis akan terdaftar di dalam database. Dengan memanfaatkan sistem taxonomi tipe konten dan custom field di database, = plugin dapat menjalankan fungsi dan fiturnya.

Pengguna WordPress dapat dengan mudah menambahkan plugin di dalamnya, dan menonaktifkannya ketika sudah tidak diperlukan lagi. Menyenangkan, bukan?

Contoh Penggunaan Plugin pada WordPress

Dari 55.000 plugin yang tersedia, WordPress plugin dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori. Berikut kami rangkum contoh plugin pada beberapa kategori.

1. Plugin SEO

Tentu semua pemilik website ingin website tampil di halaman pertama pencarian Google. Dengan bantuan plugin SEO, Anda dapat melakukan optimasi website dengan lebih mudah.

SEO plugin adalah plugin yang digunakan untuk mengoptimalkan website di mata mesin pencari, seperti Google atau Bing. Plugin jenis ini akan menganalisa kualitas SEO artikel Anda sebelum di-publish.

Beberapa contoh SEO plugin adalah sebagai berikut:

2. Plugin Security

Sesuai dengan namanya, plugin ini memiliki peran untuk mengamankan website Anda dari berbagai serangan. Cara kerja security plugin adalah dengan memantau website dari kerentanan malware, mengelola kontrol akses, backup, perlindungan dari serangan spam, perlindungan pencurian data, email, firewall, dan lainnya.

Baca juga: Plugin Keamanan WordPress Terbaik [Update Tahun 2022]

3. Plugin Backup

Sama seperti data di komputer atau laptop yang diamankan dengan backup secara berkala. Begitupun pula dengan website, yang perlu dibackup untuk mengantisipasi kerusakan karena salah hapus, malware, atau hal yang lain. 

Plugin backup dari WordPress dapat membantu Anda melakukan backup website secara otomatis. Ada berbagai plugin versi gratis dan juga berbayar dengan kelebihan masing-masing yang dapat Anda pertimbangkan.

Simak penjelasan lengkap tentang berbagai plugin backup WordPress pada artikel berikut: 5 Plugin Backup WordPress Terbaik yang dapat Anda Gunakan

4. Plugin Form

Form plugin adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin membangun form yang lebih rumit dan spesifik. Dengan fitur drag-and-drop builder dan berbagai pilihan add-on yang lengkap, Anda dapat membuat form pembayaran, registrasi event, survei, maupun kuis.

Selain menggunakan form yang sudah ada sebelumnya, Anda juga dapat membuat form custom sesuai keinginan. Simak rekomendasi plugin form terbaik yang bisa Anda gunakan pada artikel berikut: 5 Plugin Form WordPress Terbaik

5. Plugin WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu media komunikasi yang banyak digunakan, baik untuk pribadi, pekerjaan, maupun penjualan. Mulai dari berkirim pesan teks, pesan suara, hingga video call bisa dilakukan dengan mudah menggunakan WhatsApp. 

Aplikasi ini juga sudah mulai dikembangkan untuk menunjang komunikasi antara penjual dan pembeli dengan menggunakan fitur WhatsApp Business.

Dengan WhatsApp plugin, Anda juga dapat menghubungkan fitur chat website ke WhatsApp dengan sangat mudah. Berikut 5 plugin Whatsapp terbaik pilihan Rumahweb yang bisa Anda gunakan.

Dengan memanfaatkan plugin WhatsApp, komunikasi Anda dengan pelanggan akan terjalin dengan lebih mudah dan efisien. Komunikasi yang baik tentu akan membuat pelanggan merasa nyaman, dan meningkatkan penjualan.  

6. Plugin Slider

Adanya slider pada website dapat membuat tampilannya menjadi lebih menarik dan interaktif. WordPress selalu menjadi daya tarik sebagai platform untuk membuat website karena banyaknya kemudahan yang diberikan. 

Baca juga: 5 Plugin Slider WordPress Gratis Yang bisa Anda Gunakan 

Cara Install Plugin WordPress

Ada setidaknya 3 cara yang dapat Anda lakukan, untuk install plugin di WordPress. Anda dapat melakukan instalasi secara manual melalui cPanel atau control panel hosting yang Anda gunakan, melalui menu Softaculous Auto Installer atau WP Toolkits, atau melalui Dashboard WordPress Anda.

Panduan lengkap tentang cara install plugin di WordPress bisa Anda pelajari melalui artikel berikut ini : Cara install Plugin WordPress

Plugin Premium Gratis dari Rumahweb

Plugin Premium adalah jenis plugin yang tidak tersedia secara gratis di direktori resmi WordPress.org. Untuk bisa menggunakan plugin premium, Anda harus membeli ke penyedia atau developer pluginnya.

Namun di Rumahweb, Anda bisa menggunakan beberapa plugin Premium secara gratis. Berikut adalah daftar nama plugin yang bisa Anda klaim, jika Anda telah menggunakan layanan shared hosting Rumahweb dengan paket Small keatas:

  • Wp Rocket
  • CrocoBlock
  • WPForms Elite
  • QuadLayers Whatsapp Chat
  • Oxygen
  • Elementor Pro

Selengkapnya tentang plugin gratis dari Rumahweb bisa Anda baca melalui artikel: Daftar theme dan plugin Premium Gratis

Kesimpulan

Membuat website kini semakin mudah dilakukan dengan bantuan CMS atau website builder, serta berbagai plugin menarik.

Plugin adalah perangkat tambahan yang bisa disematkan pada website untuk meningkatkan tampilan dan performa yang optimal. Dengan menggunakan plugin, website sederhana bisa berubah menjadi lebih profesional dan interaktif.

Rumahweb menyediakan banyak pilihan paket hosting murah hingga plugin WordPress Premium gratis yang bisa Anda klaim dan sayang untuk dilewatkan. Tertarik untuk membuat website sekarang?

Demikian artikel kami tentang apa itu plugin hingga contoh plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat website yang menarik. Semoga bermanfaat.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Anggit Puguh

banner pop up - Pindah Hosting ke Rumahweb