Rumahweb Blog
banner artikel - 5 Plugin Backup WordPress Terbaik Yang Dapat Anda Gunakan

5 Plugin Backup WordPress Terbaik yang dapat Anda Gunakan

Sama seperti file di laptop atau HP, berbagai data di website juga penting untuk dijaga dan diamankan. Jangan sampai data tersebut hilang, karena Anda tidak melakukan backup data secara berkala. Berikut rekomendasi 5 plugin backup WordPress terbaik dari Rumahweb!

Backup merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh pemilik website. Fungsinya adalah untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, seperti kehilangan data, terkena virus, di-hack, atau masalah lainnya.

Plugin backup WordPress adalah salah satu tool yang dapat memudahkan Anda melakukan langkah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi error pada website WordPress, yang membuat data-datanya terhapus.

Sama seperti berbagai plugin WordPress lainnya, plugin backup WordPress tersedia dalam versi berbayar (Pro) dan gratis. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Fitur Plugins Backup WordPress

Sebelum menentukan plugin backup yang akan digunakan, ada beberapa fitur yang dapat diperhatikan, di antaranya:

1. Manual Backup Options

Fitur ini digunakan untuk mem-backup data secara manual. Namun Anda tak perlu khawatir karena proses backup manual ini tidaklah sulit. Cukup klik beberapa tahapan hingga proses backup berjalan.

2. Automated Backups

Sejumlah plugin menyediakan fitur backup secara otomatis. Hal ini tentu memudahkan, khususnya bagi Anda yang sering lupa melakukan backup berkala. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa atau lupa melakukan backup secara manual.

3. Incremental Backups

Fitur plugin backup selanjutnya adalah incremental backups. Fitur ini menjalankan proses backup secara otomatis, jika ada perubahan pada bagian website maupun file. Dengan demikian, beban server akan lebih ringan karena tidak perlu melakukan backup secara penuh setiap saat.

4. Disaster Recovery

Fitur plugin backup WordPress satu ini menangani permasalahan saat proses backup berlangsung. Misalnya, ketika anda melakukan upgrade tapi gagal, maka fitur ini akan secara mengembalikan ke versi sebelumnya.

5. Downloadable Backups

Fitur ini menawarkan file yang tersimpan di server backup agar bisa disimpan di dalam folder offline atau komputer lokal.

Banyaknya plugin backup yang tersedia dapat membuat Anda sedikit bingung dalam memilih plugin terbaik. Untuk itu, berikut kami rangkum 5 rekomendasi plugin backup WordPress yang bisa digunakan.

Baca juga: Daily Backup: Pengertian dan Cara Download Backup Datanya

5 Plugin Backup WordPress Terbaik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, terdapat dua versi plugin backup WordPres yang dapat dipilih, yakni versi gratis dan berbayar. Berikut Rumahweb ulas 5 plugin backup WordPress pilihan, baik gratis maupun berbayar untuk Anda!

1. BackUp WordPress

Plugin BackUp WordPress

Backup WordPress menjadi salah satu plugin backup WordPress tak berbayar alias gratis. Keunggulan dari plugin ini adalah penggunaannya yang mudah, karena tidak membutuhkan setting konfigurasi apapun setelah aktivasi.

Jenis plugin satu ini juga termasuk ringan, karena hanya membutuhkan sedikit memori ketika melakukan proses backup. Jadi, kinerja situs website tidak akan terganggu meski proses backup sedang berlangsung.

Salah satu fitur favorit dari plugin backup satu ini adalah kemampuannya membuat jadwal backup secara otomatis, dan juga mengecualikan data yang tidak ingin di-backup. Selain itu, plugin satu ini mampu digunakan pada Windows maupun Linux.

2. UpdraftPlus

Plugin UpdraftPlus

Plugin backup WordPress terbaik lainnya adalah UpdraftPlus. Plugin ini terbilang paling populer di antara plugin lain. UpdraftPlus sering digunakan oleh para developer WordPress untuk melakukan proses backup.

Plugin backup WordPress ini memiliki dua versi, yakni gratis dan berbayar. Meski ada versi berbayar, namun versi gratis dari UpdraftPlus juga sudah memiliki fitur yang menarik. Salah satunya adalah melakukan backup lalu menyimpannya ke dalam server cloud, bahkan mendownloadnya ke dalam folder offline atau komputer lokal.

Selain itu Anda juga bisa menyesuaikan penyimpanan file backup ke dalam beberapa file storage, seperti Google Drive, Dropbox, dan lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengupload file ini menggunakan service cloud atau layanan FTP.

3. BlogVault

Plugin BlogVault

BlogVault adalah plugin backup WordPress yang tak kalah populer. Fitur unggulan dari plugin backup WordPress satu ini adalah proses backup dilakukan di BlogVault server sehingga tidak membebani server web hosting.

Oleh karena itu, BlogVault juga lebih populer sebagai solusi Software as a Service (SaaS) dibanding layanan plugin WordPress.

Fitur unggulan lain dari BlogVault adalah proses backup otomatis bisa dilakukan setiap hari dan Anda juga dapat membuat backup unlimited on-demand secara manual. Artinya proses backup hanya memperbarui file yang dimodifikasi saja, sehingga bisa menghemat server load.

Selain untuk proses backup, BlogVault juga bisa melakukan recover website dengan mudah. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika terjadi error atau muncul masalah. Menariknya, plugin backup WordPress satu ini bisa menyimpan file backup hingga 90 hari ke belakang. 

4. Backup Buddy

Plugin Backup Buddy

Backup Buddy juga menjadi salah satu plugin backup WordPress yang populer. Dirilis sejak 2010, plugin ini sudah digunakan oleh 1,5 juta lebih pengguna WordPress.

Backup Buddy juga termasuk mudah digunakan. Anda hanya perlu mengklik beberapa tahapan dan proses backup akan berjalan secara otomatis. Proses ini dilakukan secara penuh ,sehingga database atau file langsung ter-backup secara keseluruhan.

Fitur lain yang ditawarkan oleh plugin backup WordPress ini adalah penjadwalan backup rutin, sehingga Anda tidak perlu memrosesnya secara manual. Restore WordPress juga bisa dilakukan dengan mudah, karena Backup Buddy bisa mengarahkan file backup ke lokasi lain.

Tak hanya itu, plugin backup WordPress satu ini juga menawarkan optimasi database. Saat anda menggunakan fitur premium, Anda akan mendapatkan setidaknya 1 GB penyimpanan gratis di Stash Live Storage yang memungkinkan Anda untuk melakukan backup secara berkala, ketika ada perubahan data atau modifikasi pada file website.

5. Jetpack Backups

Plugin Jetpack Backups

Jetpack Backups (dahulunya VaultPress) adalah jenis plugin real time yang menyimpan secara otomatis setiap perubahan pada website. Plugin backup satu ini terbilang praktis karena cara kerjanya real time, sehingga bisa memulihkan data atau file hanya dengan satu klik klik.

Fitur menarik dari plugin backup berbayar satu ini adalah ruang penyimpanan yang tak terbatas. Selain itu, Jetpack Backups juga menyediakan aplikasi mobile untuk semakin memudahkan pengguna dalam mengakses plugin ini.

Dengan demikian, Anda akan semakin mudah mengembalikan website seperti semula jika terjadi crash, error, atau gangguan lainnya.

Itulah penjelasan mengenai plugin backup WordPress terbaik versi Rumahweb. Anda bisa memilih plugin sesuai dengan kebutuhan. Baik plugin berbayar atau gratis, yang terpenting adalah data dan file WordPress Anda bisa disimpan dengan aman.

Sedangkan untuk hosting yang aman, selalu percayakan kepada Rumahweb yang paket hostingnya telah dilengkapi dengan fitur Imunify 360. Fitur ini dapat melindungi data anda di hosting, dari serangan malware atau virus.

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Cloud Hosting Terbaik Rumahweb

Hairum Fellayati

Scrolling, Writing and Editing