Rumahweb Blog
banner artikel - Plugin dan Themes WordPress Premium Gratis di Rumahweb

Plugin dan Themes WordPress Premium Gratis di Rumahweb

WordPress menjadi salah satu content management systems yang paling banyak digunakan karena kemudahan penggunaan serta banyaknya pilihan plugin dan theme, baik gratis maupun premium. Dengan menggunakan plugin dan theme premium, kelola website berbasis WordPress akan jauh lebih mudah. Karenanya, Rumahweb akan mendukung usaha Anda untuk membuat website terbaik dengan menyediakan plugin dan themes WordPress premium secara gratis.

Melalui artikel ini, kami akan membagikan daftar plugin dan themes premium dari WordPress, serta tips mendapatkan plugins dan themes WordPress premium gratis di Rumahweb! Simak ulasan berikut!

Daftar Plugin WordPress Premium

WordPress menyediakan berbagai plugin yang dapat membantu Anda dalam mengelola website dengan lebih mudah. Berikut kami rangkum beberapa plugin premium populer dari WordPress yang patut dicoba!

Visual Website Builder

1. Elementor Pro 

Plugin yang dirilis tahun 2016 ini merupakan plugin yang populer dan banyak digunakan oleh pembuat website pemula. Penggunaannya yang mudah membuat plugin ini banyak diinstall. Tercatat sudah lebih dari lima juta pengguna aktif yang menggunakan plugin ini. 

Anda tidak perlu memiliki keahlian programming HTML atau PHP untuk mendesain website. Dengan menggunakan Elementor, Anda cukup melakukan drag and drop dengan beberapa tombol menu elemen website yang sudah disediakan untuk menambahkan teks, gambar, video, dan sebagainya. 

Selain itu, Anda juga dapat melakukan kustomisasi header dan footer, serta melakukan arsip website. Elementor juga menyediakan lebih dari 300 template dan lebih dari 90 desain website yang bisa Anda gunakan.

Plugin Elementor Pro cocok digunakan untuk membuat jenis website berikut:

  • Landing Pages : halaman khusus yang bisa digunakan untuk mengajak pengunjung melakukan aksi tertentu, seperti berlangganan, melakukan transaksi, dan lainnya.
  • Notifikasi Pop-Up : Elementor juga bisa digunakan untuk membuat sebuah notifikasi pop-up iklan atau informasi ketika pengunjung mengakses website.
  • Custom Post Types : Anda bebas berkreasi untuk mempercantik tampilan website.

Dengan biaya berlangganan $49 per tahun untuk satu website, Anda bisa menikmati kemudahan membuat website menggunakan plugin ini!

2. Oxygen

Visual website builder ketiga yang bisa Anda gunakan adalah Oxygen. Plugin premium ini dapat digunakan bagi pemula hingga expert dalam bidang pembuatan website. Dengan menggunakan plugin premium ini, Anda bisa mengedit HTML atau CSS secara langsung.

Biaya yang dipatok pun cukup terjangkau, dan sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Jika plugin lain dibayarkan dengan periode tahunan, namun dengan Oxygen, Anda cukup membayar sekali seumur hidup dengan harga $99.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan Oxygen di antaranya:

  • Tampilan dashboard lengkap yang disediakan oleh Oxygen mampu membantu Anda berkreasi membuat website dengan bebas dan maksimal. Selain itu, perubahan yang telah dilakukan pada website dapat dilihat secara langsung tanpa melakukan refresh.
  • Dilengkapi dengan elemen dasar HTML dan properti CSS yang lengkap, mencakup section, heading, text, text box, image, column, icon, dan masih banyak lagi.
  • Kemampuan membuat desain dan template pada halaman tertentu, membuat plugin ini bukan sekadar plugin website builder statis saja.
  • Responsif terhadap bahasa pemrograman tanpa perlu me-refresh halaman tersebut, cukup dengan menuliskan kode fungsi khusus (CSS, HTML, PHP, dan JavaScript), Anda akan langsung melihat perubahan yang dilakukan.
  • Kemampuan ekspor dan impor desain antarsitus.

Optimalisasi Performa Website

Plugin selanjutnya adalah daftar plugin yang berfungsi untuk membangun dan mengelola konten pada website. Plugin ini bisa digunakan untuk meningkatkan performa website Anda agar dapat diakses lebih cepat dan akan memudahkan website Anda muncul pada pencarian Google.

1. WP Rocket

WP Rocket hadir sebagai plugin cache WordPress premium, atau berbayar, yang akan mempercepat akses website. Hingga kini, tercatat ada lebih dari satu juta akun yang mengaktifkan WP Rocket pada website mereka..

Plugin ini juga memiliki keunggulan sebagai berikut :

  • Terintegrasi Cloudflare. Bagi Anda yang menggunakan layanan CDN Server, Anda tetap bisa menikmati plugin ini untuk mempercepat akses website dan mitigasi Ddos untuk keamanan internet.
  • Mengelola database adalah keunggulan kedua yang dimiliki oleh plugin ini. WP Rocket menawarkan beberapa fitur yang bisa digunakan untuk membersihkan database yang sudah tidak digunakan secara otomatis, untuk mengurangi beban resources website Anda.
  • Tampilan dashboard user-friendly yang akan mempermudah pengelolaan. Anda bisa memilih untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur yang ada di dalamnya dengan mudah.
  • Mengkompres GZIP, dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan bandwidth, agar website Anda tetap cepat untuk diakses.

WP Rocket menawarkan 3 paket yang bisa dipilih.

  • Single : $49 per tahun untuk 1 website.
  • Plus : $99 per tahun untuk 3 website.
  • Infinite : $249 per tahun untuk unlimited website.
Baca selengkapnya mengenai WP Rocket pada artikel berikut.

2. Rank Math

Selain plugin premium WP Rocket yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa website sehingga muncul dalam pencarian di Google, Anda juga bisa menggunakan Rank Math untuk mengoptimalkan konten website. 

Rank Math adalah plugin premium yang dikembangkan oleh WordPress sebagai plugin yang bisa mengoptimalkan kerja Search Engine Optimization (SEO). Rank Math dapat digunakan baik oleh pemula maupun developer senior.

Plugin Rank Math memberikan beberapa keunggulan yang bisa Anda nikmati, di antaranya :

  • Memiliki tampilan dashboard user friendly, dengan tata letak yang jelas dan mudah dimengerti, sehingga Anda dapat mengelola plugin ini dengan mudah dan cepat.
  • Terintegrasi dengan Google, yang membuat keyword konten website Anda lebih mudah dikenali oleh Google. Rank Math akan melacak keyword yang tepat untuk website Anda dan memperlihatkan posisi keyword tersebut di search engine Google.
  • Mampu memonitor kesalahan 404, yang merupakan fitur gratis yang disediakan oleh plugin ini. Adanya fitur ini akan membantu Anda memahami bagian tertentu pada tampilan website yang bermasalah.
  • Dokumentasi lengkap, sehingga Anda Tidak perlu khawatir jika kebingungan dalam penggunaannya. Rank Math sudah menyediakan beragam tutorial yang bisa Anda akses dengan mudah.

Rank Math menyediakan dua jenis paket yang bisa dipilih, yakni Pro dengan harga $59 per tahun yang cocok untuk kebutuhan pribadi, dan Bisnis dengan harga $199 per tahun untuk skala bisnis. 

Daftar Themes WordPress Premium

1. GeneratePress

GeneratePress merupakan salah satu theme WordPress premium yang unggul pada sisi kecepatan dan fungsi. Sebenarnya, theme ini tersedia dalam versi gratis, namun akan lebih optimal jika menggunakan versi premiumnya. 

GeneratePress terbukti memiliki banyak pengguna, karena sejak enam tahun setelah dirilis, tercatat theme ini sudah memiliki lebih dari 3 juta pengguna, dan tercatat ada lebih dari 300.000 pengguna yang aktif menggunakan GeneratePress.

Beberapa manfaat ditawarkan theme premium ini untuk website Anda:

  • Memiliki premium module yang unggul, terdiri atas site library, typography, colors, elements, spacing, copyright, backgrounds, export/import, dan masih banyak lagi.
  • Ringan dan responsif, GeneratePress memberikan performa maksimal untuk kecepatan loading website dan size tema yang kecil. Selain itu GeneratePress dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan website.
  • Support available, sehingga Anda tidak perlu khawatir kesulitan menggunakan theme ini, karena selain dokumentasi yang lengkap, GeneratePress menyediakan forum resmi untuk diskusi dan menampilkan FAQ seputar produk.

Dipatok dengan harga $59 – $249 per tahun, Anda bisa menikmati keunggulan GeneratePress dengan jumlah unlimited website.

2. StudioPress

Themes WordPress premium selanjutnya adalah StudioPress. StudioPress merupakan theme premium all-in-one dari WordPress yang mencakup tema, plugin, hingga hosting website. Tercatat, sudah ada lebih dari 500.000 website yang aktif menggunakan tema ini.

StudioPress didukung oleh salah satu framework populer, Genesis Framework, serta Altitude Pro yang menawarkan beberapa fitur unggulan berikut:

  • Kecepatan load, yang menjadi faktor utama dalam pertimbangan membuat website. Tema ini menjanjikan load website yang lebih cepat dan optimal.
  • Memiliki 20 desain HTML5 yang dioptimalkan untuk seluler, yang juga membuat tema ini dikenal mobile friendly.
  • Mengamankan website dari serangan hacker, hacker bisa saja menyusup melalui tema.. Namun Anda tidak perlu khawatir karena tema ini memiliki plugin otomatis yang akan mencegah serangan peretasan dari tema website.
  • Fungsi SEO tingkat lanjut, misalnya seperti kontrol skema lanjutan, pembuatan peta situs XML,dan pembuatan robots.txt. 

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati tema ini adalah sekitar $24 hingga $33 per bulannya. Namun jangan khawatir, Anda bisa mendapat kesempatan menikmati StudioPress sebagai theme WordPress premium gratis dengan tips yang dibahas setelah ini.

3. Astra Theme

Astra adalah jenis tema yang dikembangkan oleh salah satu pengembang dari WordPress, yakni Brainstorm Force. Theme premium ini sudah diinstal lebih dari satu juta pengguna aktif WordPress.

Astra adalah tema yang memiliki banyak kegunaan. Tema ini hadir dengan berbagai elemen yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website toko online, blogging, portfolio berbasis WordPress, website bisnis, dan masih banyak lagi

Astra merupakan salah satu tema yang berfokus pada kecepatan, SEO, dan desain. Berikut beberapa keunggulan lain yang ditawarkan Astra:

  • Terintegrasi dengan Woocommerce, yang akan memudahkan Anda untuk membuat atau mengembangkan website e-commerce.
  • Interface yang user friendly. Anda tidak membutuhkan kode pemrograman khusus untuk menggunakan tema ini, karena tema ini cenderung mudah digunakan dan dikembangkan.
  • SEO Friendly,  yang akan membantu mengoptimalkan SEO agar mudah muncul di mesin pencarian Google. Markup skema juga ditawarkan pada tema ini untuk membuat website lebih mudah diakses.
  • Responsif. Tema ini diklaim sebagai “fastest theme” karena ukurannya yang kurang dari 50 KB, dan mampu menggantikan JQuery dengan JS untuk proses rendering lebih cepat.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk theme WordPres premium satu ini adalah mulai dari  $59 per tahun, atau $249 seumur hidup.

3. Divi Themes

Selain Elementor, Rumahweb juga menyediakan theme Divi yang bisa Anda gunakan untuk membuat website secara instan. Divi memiliki tampilan user friendly, tata letak baris dan kolom (header, body, footer) berisi modul dan yang disusun dengan jelas.

Tak hanya digunakan untuk memodifikasi konten website, Divi juga memungkinkan Anda untuk mengubah desain website tanpa harus mengubah tema yang sudah digunakan sebelumnya. 

Selain tampilannya yang user friendly atau mudah digunakan, berikut kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan theme Divi:

  • Banyak Modul

Anda dapat membuat website lebih responsif dan menarik karena Divi menyediakan banyak modul, mulai dari contact form, teks, gambar, slider, tombol call-to-action dan masih banyak lagi.

Total,  Divi memberikan lebih dari 46 modul yang bisa digunakan. 

  • Ada Animasi

Animasi dalam sebuah website terkadang diperlukan agar website lebih menarik dan memberikan pengalaman pengunjung yang berkunjung ke website Anda. 

Dengan Divi, Anda bisa menambahkan animasi seperti bounce, zoom, fade in, dan sebagainya  pada setiap baris, kolom, ataupun halaman website Anda. 

  • Membantu Review dengan Mobile Design

Tampilan website di ponsel juga perlu disesuaikan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Setelah website selesai dibuat dengan tampilan desktop, selanjutnya Anda bisa beralih ke mode mobile untuk mereview tampilan website.

Hal ini tentu sangat dibutuhkan untuk memastikan apakah website Anda aman diakses dengan beberapa perangkat. 

Untuk menggunakan theme Divi, Anda perlu mempersiapkan biaya sebesar $89 per tahun atau $249 untuk seumur hidup tanpa batasan jumlah website.

Cara Mendapatkan Plugin dan Themes WordPress Premium di Rumahweb

Plugin dan themes premium dapat memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi website yang dibuat atau dikelola dengan WordPress. Selain itu, plugin dan themes premium dapat memberikan pengalaman kunjungan yang lebih baik.

Meskipun demikian, plugin dan theme premium ini tidak dapat digunakan secara gratis. Anda harus membayarkan biaya berlangganan dengan harga yang variatif. Alternatifnya, Anda dapat mendaftar free trial yang biasanya ditawarkan.

Jika Anda memiliki layanan hosting di Rumahweb, maka Anda berkesempatan mencicipi berbagai plugin dan theme WordPress premium gratis, dengan nilai berlangganan hingga 10 juta rupiah!

Caranya, cukup berlangganan shared hosting mulai dari paket Small keatas, atau paket Cloud Hosting dan WordPress Hosting 3 Cloudlet keatas untuk bisa request plugin dan themes WordPress premium gratis ini!

Setelah layanan domain dan hosting aktif, Anda bisa melakukan instalasi WordPress melalui control panel hosting Anda terlebih dahulu, setelah itu bisa merequest ke email teknis[at]rumahweb.com untuk meng-klaim plugin dan themes premium WordPress Gratis Anda. Mudah bukan?

Daftarkan domain dan hosting Anda di Rumahweb Anda sekarang juga untuk klaim plugin dan themes WordPress premium gratis!

Bermanfaatkah Artikel Ini?

Klik bintang 5 untuk rating!

Rating rata-rata 0 / 5. Vote count: 0

Belum ada vote hingga saat ini!

Kami mohon maaf artikel ini kurang berguna untuk Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beri tahu kami bagaimana kami dapat meningkatkan artikel ini?

Hosting Murah

Bernadetta Azalia

suka motret